Find Us On Social Media :

6 Obat Sariawan Alami Bisa Dibuat di Rumah, Madu Hingga Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai sifat anti-inflamasi sehingga bisa dijadikan sebagai obat sariawan alami.

GridHEALTH.idSariawan seringkali dianggap sebagai kondisi yang sepele, karena hanya lesi atau luka kecil dan dangkal di bagian dalam mulut.

Ciri khas luka sariawan biasanya terlihat kemerahan dan terkadang ada juga yang terdapat lapisan putih di atasnya.

Dialami oleh segala kelompok usia, beberapa hari setelah sariawan terbentuk, akan menimbulkan sensasi nyeri saat bicara, mengunyah, atau bahkan menelan.

Melansir American Family Physician, sariawan bukan merupakan kondisi yang menular dan tidak diturunkan oleh anggota keluarga.

Seseorang bisa mengalami sariawan jika saat makan tidak sengaja mengigit lidah maupun lapisan dalam pipi, menggosok gigi terlalu kencang, atau malah karena kekurangan vitamin B12 dan zat besi.

Pengobatan alami sariawan

Sariawan baik yang ada di lidah, pipi bagian dalam, gusi, atau di dekat bibir biasanya akan membaik dengan sendirinya, maksimal selama dua minggu.

Tapi, untuk mempercepat proses penyembuhannya, bisa juga menggunakan obat sariawan alami dari bahan-bahan yang ada di dapur.

Berikut ini adalah beberapa bahan untuk obat sariawan alami beserta cara membuatnya, yang bisa dilakukan di rumah.

1. Madu

Madu adalah obat sariawan alami yang sudah sering digunakan. Melansir Netmeds (29/10/2020), bahan alami ini mempunyai sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang bekerja dengan baik untuk mengatasi luka di mulut.

Baca Juga: Perlu Tahu, Memiliki Gejala Sama, Ada Perbedaan Herpes di Mulut dan Sariawan yang Tidak Boleh Disepelekan Keberadaanya!