Find Us On Social Media :

Bank Soal PPPK 2022, Berikut Latihan Soal P3K Khusus Guru Ekonomi, Ketahui Cuma Kategori Ini yang Langsung Diangkat ASN Tanpa Tes

Persiapan seleksi ASN PPPK

Gridhot.ID - Pemerintah akan kembali membuka seleksi PPPK Guru tahun 2022 ini.

Dalam seleksi PPPK Guru 2022, ada tiga kelompok prioritas dan pelamar umum.

Pelamar prioritas I yaitu Tenaga Honorer eks Kategori II (THK-II), guru non-Aparatur Sipil Negara (ASN), lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta, yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK Jabatan Fungsional Guru Tahun 2021, tetapi belum mendapat formasi.

Sedangkan pelamar prioritas II yaitu THK-II.

Pelamar prioritas III adalah guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan masa kerja minimal 3 tahun.

Sementara lulusan PPG yang terdaftar di database kelulusan PPG Kemendikbudristek serta pelamar yang terdaftar di Dapodik bisa melamar melalui kategori pelamar umum.

Seleksi kompetensi bagi pelamar prioritas I menggunakan hasil seleksi tahun 2021.

Sementara pelamar prioritas II dan III dilakukan dengan menilai kesesuaian kualifikasi akademik, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang (background check).

Sedangkan untuk pelamar umum, seleksi kompetensi masih sama dengan seleksi tahun 2021, yakni dengan CAT-UNBK untuk menilai kesesuaian kompetensi teknis, manajerial, sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Mengutip Kompas.com, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) mengatakan, bahwa yang menjadi prioritas pada pengadaan PPPK Guru 2022 adalah guru non ASN yang telah lolos passing grade.

"Yang akan menjadi prioritas pada pengadaan guru PPPK tahun 2022 adalah guru non Aparatur Sipil Negara (ASN) atau honorer yang telah lolos passing grade atau memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK Jabatan Fungsional guru tahun 2021," kata Nadiem dalam keterangan tertulis, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: Bank Soal PPPK 2022, Peluang Guru Jadi ASN Terbuka Lebar, Berikut Latihan Soal Kompetensi Teknis untuk PGSD Dilengkapi Kunci Jawaban