Pantas Sudah Jarang Terlihat di Televisi, Komedian Srimulat yang Dulu Kaya Raya ini Dikabarkan Bangkrut dan Sakit-sakitan hingga Satu Per Satu Aset Mewahnya Dijual untuk Makan

Jumat, 26 Agustus 2022 | 11:30
pixabay

Ya Tuhan Nangis Kejer Lihat 5 Zodiak Ini Bakal Bangkrut di Akhir Bulan Agustus

GridHITS.id - Nasib seseorang tak ada yang tahu.

Kadang kita berada dalam kondisi kelapangan dan kemewahan.

Namun, keadaan itu bisa berubah seketika hingga kita dilanda kesempitan.

Demikian juga sebaliknya, ada yang dulu hidup susah, namun kita bahagia karena kaya raya.

Ini juga dialami olehpelawak terkenal ini.

Ia dulu sering membintangi film dan sinetron bahkan iklan.

Tak usah heran, saat itu pundi-pundi kekayaannya sangat banyak.

Ia pun membeli banyak aset mahal seperti rumah dan mobil.

Sayang, penyakit yang menggerogotinya membuat karirnya hancur lebur.

Ia pun jatuh miskin hingga semua asetnya terpaksa dilego.

Pelawak itu bernama Kadir yang populer di era 90-an.

Baca Juga: Teddy Pardiyana Tersenyum Bahagia! Rumah Tangga Sang Komedian Kembali Hancur Lebur, Peramal Kondang Ini Bongkar Tujuan Ayah Sambung Putri Delina Sempat Ganggu Keluarga Sule: 'di Luar Nalar'

BIODATA KADIR

Dilansir GridHITS.id dari Wikipedia,pelawak yang bergabung dengan grup srimulat ini aslinya bernama H. Mubarak.

Salah satu ciri khasnya adalah logatnya yang sangat madura, padahal ia sendiri bukan orang madura melainkan besar dan lahir Bondowoso.

Menurut Wikipedia,Kadir lahir pada 3 September 1951.

Ia sendiriterlahir dari ibu keturunan Jawa dan ayah keturunan Arab. Kadir yang yatim sejak umur 11 tahun, setamat SMP memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya dan menjadi tukang tarik layar pada tahun 1967, pada saat itu umurnya 16 tahun.

Meski awalnyabergabung dengan grup lawak Srimulat, Kadir akhirnya membuat grup lawak baru.

Bersama dengan Basuki, Timbul, Nurbuat dan Rohana iamembentuk Grup Merdeka, sayang kongsi itu pecah dan bersama Basuki dan Timbul, Kadir membentuk Grup Lawak Batik (yang merupakan akronim dari Basuki, Timbul dan Kadir), meski grup ini juga akhirnya bubar setelah bertahan 3 tahun.

KADIR JATUH BANGKRUT

Lama tidak tampil di TV, kinipelawak senior Kadirkabarnya jatuhbangkrutusai divonis idapsakit keras.

Hal ini diketahui dari podcast Deddy Corbuzier, Rabu (29/6/2022).

Dalam acara tersebut, Kadir ditemani oleh teman lamanya, Doyok.

Baca Juga:Kondisinya Sempat Lemah dan Memburuk karena Infeksi, Kiwil Kini Ngaku Kewalahan Imbas Sepi Job sampai Ngaku Kesulitan Mengingat

Dua pelawak era 80an tersebut menceritakan bagaimana kehidupannya sekarang usai jarang tampil di televisi.

Dikisahkan Kadir, dirinya mengalami pasang surut kehidupan, terlebih usai divonis mengalami penyumbatan jantung.

“Saya tuh udah jual rumah 3 kali, pada tahun 2001 saya kena serangan jantung, penyumbatan pembuluh darah, begitu masuk rumah sakit ini harus pasang ring,” kata Kadir.

Tak berhenti sampai di situ, harta Kadir yang selama ini ia kumpulkan lama-lama habis untuk biaya pengobatan karena 5 tahun tidak bekerja.

“Waktu itu saya lagi syuting, baru 12 episode saya mundur, saya 5 tahun gak kerja, semuanya habis lama-lama, sampai-sampai mobil kreditan mau ditarik,” imbuh Kadir.

Akibatnya,ia menjual benda berharga seperti mobil dan rumah.

Melihat kondisi ekonomi yang tak kunjung membaik, akhirnya Kadir memilih untuk melakukan operasi pemasangan ring di jantungnya.

Meski sempat menolak, Kadir akhirnya harus putar otak agar tetap dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Kadir pun harus menjual tanah yang merupakan investasinya yang berada di daerah Tambun untuk biaya operasi pemasangan ring tersebut.

"Terakhir tahun 2005-2006, tanah di Tambun saya jual, saya langsung ke Harapan Pelita, pasang ring," kata Kadir.

Tak sampai di situ, mobil mewah yang sempat ia miliki, harus ia jual dan menggantikannya dengan city car sederhana.

Baca Juga:Kepalang Bahagia Dinikahi Pengusaha Tajir hingga Kerap Pamer Hidup Mewah di Media Sosial, Bukannya Disanjung Mantan Istri Kiwil Ini Malah Habis Kena Hujat Warganet: 'Kena Pasal Loh!'

"Itu mobil saya, mulai dari yang gede-gede, itu saya juali semua, saya tinggal beli mobil kotak kecil, Suzuki Karimun," kata Kadir bercerita.

Kondisi fisik sudah mulai sehat, Kadir memulai kembali mengukir namanya di industri hiburan Tanah Air, bersama rekannya, Doyok.

Meskipun hingga saat ini, Kadir mengakui dirinya masih aktif perform di dunia hiburan, namun pundi-pundi rupiah yang ia dapatkan sudah tidak lagi sama. "Alhamdulillah, karena masih sehat, masih perform ya, Alhamdulillah," ujar Kadir kala ditanya Deddy Corbuzier.

Baca Juga:Dokter yang Bantu Kelahiran Anak Pertama Nathalie Holscher sampai Syok, Penampakan Putra Bungsu Komedian Sule Ini Bikin Heboh Satu Ruangan Gegara Mirip dengan Sosok Ini, Siapa?

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judulNasib Pelawak Terkenal Biasa Mewah, Ganti Mobil Kecil Bikin Kaget Tukang Bensin, Kadir: Saya DowndanGridPOP.ID dengan judul :HILANG Bak Ditelan Bumi, Pelawak Senior Ini Bagikan Kisah Pilu Usai Tak Laku di TV, Ternyata Sudah Bangkrut Usai Divonis Sakit Keras!danParapuan.co dengan judul,"Namanya Trending, Pelawak Kadir Bagikan Kisah Pilu Usai Jarang Tampil di TV"

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya