Find Us On Social Media :

Sariawan Jadi Gejala Awal Kanker Lidah? Simak Penjelasannya Disini!

Sariawan yang tidak kunjung sembuh di lidah bisa menjadi gejala kanker lidah.

GridHEALTH.id - Kanker lidah adalah jenis kanker mulut, atau kanker mulut, yang biasanya berkembang di sel skuamosa di permukaan lidah. Ini dapat menyebabkan tumor atau lesi. Gejala kanker lidah yang paling terlihat adalah luka pada lidah yang tidak kunjung sembuh dan lidah terasa nyeri.Kanker dapat berkembang di dua area lidah yang berbeda. Kanker lidah berkembang di bagian depan lidah, sedangkan kanker di bagian belakang lidah dikenal sebagai kanker orofaringeal.Gejala kanker mulut dapat berupa bercak merah atau putih pada lidah dan sariawan atau sariawan yang tidak kunjung sembuh.Banyak dari tanda-tanda awal kanker mulut mungkin sulit dibedakan dari penyakit lain. Beberapa orang mungkin tidak melihat gejala apapun ketika kanker pertama kali berkembang.Faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko terkena kanker lidah, seperti minum alkohol secara berlebihan atau merokok.Jenis kanker lidah yang paling umum adalah karsinoma sel skuamosa. Sel skuamosa adalah sel tipis dan rata yang ada di permukaan kulit dan lidah. Mereka juga berada di lapisan saluran pencernaan dan pernapasan dan lapisan mulut, tenggorokan, tiroid, dan laring.

Gejala kanker lidah mungkin termasuk sakit rahang, sakit tenggorokan, nyeri saat menelan, merasa seolah-olah ada sesuatu yang tersangkut di tenggorokan dan lidah atau rahang kaku.

MUncul juga msalah menelan atau mengunyah makanan, bercak merah atau putih yang terbentuk pada lapisan mulut atau lidah.

Gejala lain sariawan yang tidak kunjung sembuh, mati rasa di mulut, keluar darah dari lidah tanpa sebab dan benjolan di lidah yang tidak kunjung hilangGejala kanker lidah mirip dengan kanker mulut lainnya, dan mungkin juga tidak terlihat pada tahap awal penyakit.Memiliki gejala-gejala ini tidak selalu berarti bahwa seseorang menderita kanker lidah. Kondisi lain yang mempengaruhi mulut atau tenggorokan dapat menghasilkan gejala yang sama.Dokter mengklasifikasikan sebagian besar jenis kanker ke dalam tahapan sesuai dengan ukuran tumor dan apakah telah bermetastasis, atau menyebar, ke kelenjar getah bening atau bagian lain dari tubuh.

Baca Juga: Sariawan Tidak Sembuh dalam 2 Minggu, Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Lidah

Baca Juga: Healthy Move, 5 Pose Yoga Terbaik untuk Pinggul Lebih Fleksibel

Para ahli tidak sepenuhnya memahami mengapa beberapa orang terkena kanker lidah. Mereka berteori bahwa penyebab yang mendasarinya mungkin karena perubahan DNA lidah, yang dapat menyebabkan pertumbuhan kanker.

Namun, banyak penelitian masih diperlukan untuk memastikan apa yang secara spesifik dapat menyebabkan penyakit ini.Merokok berat dan asupan alkohol yang tinggi adalah dua faktor risiko paling signifikan yang dapat dimodifikasi untuk mengembangkan kanker lidah. Banyak kasus terjadi pada pria yang lebih tua dengan riwayat salah satu atau kedua perilaku ini.Bukti menunjukkan bahwa perokok yang juga banyak minum adalah 15 kali lebih mungkin untuk mengembangkan kanker mulut daripada orang lain.Namun, dalam beberapa tahun terakhir, lebih banyak orang muda dan wanita mulai mengembangkan kanker lidah.

Para ahli percaya bahwa ini mungkin, setidaknya sebagian, berhubungan dengan peningkatan kasus karsinoma sel skuamosa orofaringeal terkait HPV.

Baca Juga: Psoriasis, Penyakit Kulit yang Sering Mengganggu, Usir dengan 6 Pengobatan Rumahan Ini

Baca Juga: Ini 7 Penyakit yang Akan Muncul Kalau Kita Kekurangan Kalsium

Jika seorang dokter mencurigai bahwa seseorang mungkin menderita kanker lidah, mereka kemungkinan akan memesan biopsi.