Jawaban Ayo Cek Pemahaman Bab 2 Buku IPA kelas X Kurikulum Merdeka Soal Peranan Virus dalam Kehidupan Sehari-hari

Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:28
Pixabay

Jawaban Ayo Cek Pemahaman Bab 2 Buku IPA kelas X materi soal peranan virus dalam kehidupan

GridHITS.id - Inilah jawaban Ayo Cek Pemahaman Bab 2 Buku IPA kelas X kurikulum merdeka.

Ya, Anda bisa mendapatkan jawaban Ayo Cek Pemahaman Bab 2 Buku IPA kelas X di sini jika ingin mengerjakannya.

Jawaban Ayo Cek Pemahaman Bab 2 Buku IPA Kelas X diambil langsung dari buku kurikulum merdeka.

Seperti diketahui, beberapa dari kita tentu mengerjalan materi di buku IPA yang satu ini.

Artikel ini membahas soal materi virus di bab 2 buku IPA kelas X.

Mulai dari pernyataan yang benar soal virus, hingga peranan virus dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun terkesan negatif, nyatanya virus bisa membawa dampak baik untuk kesehatan manusia.

Nah, melalui aktivitas yang satu ini, kita bisa mengenal lebih jauh soal virus.

Coba cek:

1. Pilihlah pernyataan yang benar tentang virus

Jawaban:

Baca Juga: Cara Mencegah Penyebaran Virus, Jawaban Soal Aktivitas 2.4 Materi Buku Ipa Kelas X Kurikulum Merdeka

- Virus hanya dapat bereproduksi dalam sel inang.

- Virus bukan merupakan sebuah sel.

- Virus tersusun atas materi genetik dan kapsid.

2. Gambar fase dengan nama fase yang benar pada siklus litik

Buku IPA Kelas X Kurikulum Merdeka

Jawaban soal nomor 2

3. Peranan virus

- Tungro adalah penyakit yang menyerang tanaman padi yang disebabkan oleh virus tungro.

Jawaban: Benar

- Virus NCD menyebabkan penyakit tetelo pada ayam dan itik.

Jawaban: Benar

- Cikungunya adalah penyakit demam yang disebabkan oleh virus dengue.

Jawaban: Salah

Baca Juga: Jawaban Soal Activity 3 Bagian Reading Bab Fairy Tale Buku Bahasa Inggris Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka

- Virus dapat menghasilkan insulin dengan merekayasa materi genetiknya.

Jawaban: Salah

Alasan: Cikungunya disebabkan oleh Chikungunya virus. Virus tidak dapat menghasilkan insulin tetapi dapat membantu pembentukan insulin pada bakteri dimana virus berperan sebagai pembawa gen insulin yang diinjeksikan pada bakteri.

4. Perhatikan poster berikut:

Buku IPA Kelas X Kurikulum Merdeka

Poster nomor 4

a. Pernyataan

- Mengatur jarak maksimal 2 meter dapat mengurangi penyebaran virus corona.

Jawaban: Salah

- Menggunakan gelas yang sama secara bergiliran tidak dianjurkan.

Jawaban: Benar

- Tinggal dalam ruangan ber-AC dapat mengurangi penyebaran virus corona.

Jawaban: Salah

Baca Juga: Jawaban Soal Evaluasi Sejarah Indonesia Buku IPS Kelas X Kurikulum Merdeka, Pilihan Ganda dan Esai

b. Pernyataan

Peneliti bermaksud membandingkan efektivitas masker, pelindung wajah (face shield) dan kaca penyekat.

Jawaban: Benar

- Peneliti tersebut meneliti perbandingan sebaran droplet (percikan) apabila seseorang menggunakan pelindung dan tidak menggunakan sama sekali.

Jawaban: Benar

- Data penelitian tersebut dapat digunakan untuk menentukan pelindung yang tepat untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Jawaban: Benar

Nah itu diajawaban Ayo Cek Pemahaman Bab 2 Buku IPA kelas X kurikulum merdeka yang bisa Anda kerjakan, selamat mencoba!

Baca Juga: Apakah Itu Virus dan Bagaimana Cara Membedakan Jenisnya? Jawaban Aktivitas 2.1 dan Ayo Berlatih Buku IPA SMA Kelas X

Editor : Rachel Anastasia

Sumber : SIBI Kurikulum Merdeka

Baca Lainnya