Find Us On Social Media :

Tanpa Suntikan Booster, Vaksinasi Tidak Efektif Menghadapi Omicron, Studi

Suntikan booster membuat vaksinasi efektif menghadapi varian omicron,

GridHEALTH.id - Divaksinasi lengkap mungkin tidak menawarkan perlindungan yang bertahan lama tanpa tambahan suntikan booster terhadap varian omicron, menurut sebuah penelitian baru-baru ini.

Hasilnya, yang diterbitkan pada hari Jumat (17/06/2022) di New England Journal of Medicine, memberikan beberapa pemahaman tentang lamanya kekebalan dari berbagai jenis kekebalan virus corona dan padangan tentang masa depan pandemi.Studi menyebutkan, kekebalan apa pun terhadap varian yang sangat menular, baik dari infeksi atau vaksinasi, tampaknya menawarkan perlindungan yang signifikan dan tahan lama terhadap ancaman penyakit serius, rawat inap, dan kematian, para peneliti menemukan.

"Covid-19 pada dasarnya akan tetap bersama kita selamanya. Itu tidak benar-benar akan hilang. Tetapi pertanyaannya adalah, bagaimana kita dapat hidup dengannya," kata Laith Jamal Abu-Raddad, seorang ahli epidemiologi penyakit menular di Weill Cornell Medicine-Qatar dan rekan penulis studi tersebut. "Dan hasil awal yang kami dapatkan sebenarnya sangat menggembirakan."Studi ini adalah yang terbaru dari beberapa pemeriksaan data di seluruh negeri dari Qatar, negara kecil di Timur Tengah dengan hanya di bawah 3 juta orang.Populasi Qatar jauh lebih muda daripada kebanyakan negara maju, hanya 9% penduduknya yang berusia lebih dari 50 tahun, dibandingkan dengan sekitar 35% di AS.

Ini juga lebih beragam, mengingat 89% penduduknya adalah ekspatriat dari 150 negara lain. Negara ini juga memiliki program pengujian virus corona yang kuat, penyerapan vaksin Covid-19 yang tinggi, dan basis data kesehatan masyarakat terpusat yang memberi para peneliti data yang bersih dan jelas untuk menganalisis efek vaksin dari waktu ke waktu.Untuk studi terbaru ini, para peneliti melihat data saat subvarian omicron yang dikenal sebagai BA.1 dan BA.2 menembus populasi negara itu dari akhir Desember hingga akhir Februari 2022.Mereka menemukan bahwa orang yang telah menerima kedua suntikan vaksin Comirnaty dari Pfizer dan BioNTech atau suntikan Spikevax dari Moderna ketika pertama kali tersedia tetapi kemudian tidak mendapat suntikan booster pada dasarnya tidak memiliki perlindungan terhadap infeksi ringan hingga sedang kasus Covid-19.

Baca Juga: Gejala Omicron Hilang Lebih Cepat dari Delta Pada Orang yang Telah Divaksinasi Covid-19, Studi

Baca Juga: BPA Ada Dimana-mana, Ini Rekomendasi Cara Mengurangi Penggunaannya

Enam bulan setelah suntikan terakhir mereka, mereka sama rentannya terhadap tes positif dan gejala penyakit seperti orang lain, tetapi masih menunjukkan ketahanan yang kuat terhadap penyakit parah.Infeksi sebelumnya sekitar 46% efektif dalam mencegah infeksi simtomatik. Divaksinasi penuh dan dikuatkan sekitar 52% efektif.

Dan memiliki kekebalan alami dari infeksi sebelumnya serta kekebalan dari vaksin dan booster adalah yang paling efektif, mengurangi risiko Covid-19 sebesar 77%.Angka-angka itu menunjukkan penurunan tajam dari hari-hari awal vaksin ketika uji klinis menunjukkan bahwa vaksin itu 94% hingga 95% efektif dalam mencegah penyakit ringan sekalipun.

Tetapi ketika virus corona mengakumulasi mutasi, vaksin menjadi kurang efektif dalam mengenali virus dan memblokir infeksi."Penghindaran kekebalan jauh lebih tinggi dengan omicron, kata Abu-Raddad. Menurutnya karena Omicron pada dasarnya adalah virus baru.

Berjalannya waktu sejak dorongan terakhir kekebalan baik dari infeksi atau suntikan juga mengikis daya tahan tubuh terhadap jenis infeksi yang menimbulkan gejala nyata dan garis merah muda kedua pada tes rumah."Namun," kata Raddad, dan saya pikir ini benar-benar bagian yang penting, kekebalan terhadap Covid-19 yang parah benar-benar sangat terjaga."Kedengarannya seperti infeksi masa lalu sama bergunanya dengan vaksin untuk melawan omicron, tetapi dokter memiliki preferensi yang jelas, dapatkan suntikan, bukan virusnya.

Baca Juga: Jangan Takut, Makan Daging Kambing Tidak Menyebabkan Darah Tinggi

Baca Juga: Daun Pepaya, Ternyata Punya Segudang Manfaat Untuk Melawan Kanker