Jadi Bukti Tanda Cintanya Kepada Sang Anak Meski Telah Tiada, Ridwan Kamil Beberkan Rancangan Desain Makam Eril di Samping Masjid yang Diberi Nama Al-Mumtadz

Minggu, 12 Juni 2022 | 12:30
Instagram/ @lensaridwankamil

Proses kedatangan hingga pemakaman Eril di Cimaung diatur oleh Atalia Praratya. Istri Ridwan Kamil siapkan skema kedatangan pelayat sampai parkir di makam Eril

GridHITS.id - Jenazah Eril telah tiba di Indonesia.

Setelah sempat membuat satu Indonesia resah, jasad putra sulung Ridwan Kamil itu akhirnya ditemukan.

Setelah dua pekan, Eril kembali ke pelukan keluarga meski tak lagi bernyawa.

Ridwan Kamil mendesain sendiri area makam untuk putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, diCimaung, Kabupaten Bandung.

Jenazah Eril pun dipulangkan ke Tanah Air, Sabtu (11/6).

Desain makam yang dirancang Ridwan Kamil tersebut diunggah dalam akun instagram pribadinya.

Makam tersebut terletak di samping masjid yang tengah dibangun, yakni Masjid Al Mumtadz.

"Dear Eril, Saatnya kamu pulang ke negeri untaian doa. Ke negeri para Wali yang salah satunya adalah leluhurmu. Dear Eril, Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa," katanya.

Ia mengatakan lokasi makam tersebut pun berada di samping sungai kecil dengan pemandangan sawah dan gunung.

Baca Juga: Baru Terungkap Sekarang? Tak Cuma Pergoki Perselingkuhan Sang Ibu, Aurel dan Azriel Bahkan Sampai Rela Tak Tidur Demi Batalkan Rencama Dugem Krisdayanti

Lokasi ini merupakan kampung ibunda Eril, Atalia Praratya.

Tangkapan layar Instagram @ridwankamil
Tangkapan layar Instagram @ridwankamil

Kolase sketsa desain makam Eril yang didesain oleh Ridwan Kamil

"Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah. Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai. Dear Eril, Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu," tuturnya.

"Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu. Masjid Al Mumtadz. Yang artinya terbaik. Terbaik adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu. Eril, today is Saturday. It is a good day to go home," kata Ridwan Kamil.

Sebelumnya diberitakan,jenazah Emmeril Kahn Mumtadz rencananya dimakamkan di lahan keluarga di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Ridwan Kamil bersama jenazah putranya ini akan diterbangkan dari Swiss, Sabtu (11/6).

"Rencananya almarhum akan dimakamkan di pemakaman keluarga, itu di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung," kata Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Jabar, Wahyu Mijaya, di Gedung Pakuan, Jumat (10/6).

Andaipun memiliki waktu untuk disemayamkan, katanya, maka Eril akan disemayamkan di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Ia mengatakan rencana kepulangan Ridwan Kamil dan juga almarhum adalah pada Sabtu (11/6). Kemudian tiba di sini di Bandung, Minggu (12/6). Pihaknya belum dapat menginformasikan lebih lanjut terkait dengan jadwal penerbangan, baik itu jadwal penerbangan dan ketibaannya di Tanah Air.

"Karena kami juga masih mencoba mengkonfirmasi, tetapi insya Allah itu akan direncanakan kepulangan di hari Sabtu dan tiba Minggu," katanya.

Kemudian, setelah tiba di Indonesia, katanya, pihaknya belum bisa memastikan juga apakah akan disemayamkan dulu atau langsung ke pemakaman karena pihaknya akan melihat waktu tibanya dulu.

Baca Juga: Penyakit Ganas Merenggut Semua Ingatannya, Artis Kondang Ini Alami Nasib yang Nelangsa Usai Ditinggal Sang Istri Saat Tengah Berada di Antara Hidup dan Mati

"Kalau misal waktu tibanya memungkinkan untuk langsung atau memang juga disemayamkan di sini. Jadi kita lihat perkembangannya di hari besok," katanya.

Ia mengatakan pengajian akan tetap dilakukan setiap hari di Gedung Pakuan, yakni setelah waktu salat ashar dengan sebelum maghrib.

Di sisi lain, ia mengatakan telah mempersiapkan kepulangan almarhum di bandara, berkoordinasi dengan Kemendagri kemudian dengan pihak bandara.

"Kemudian kesiapan dari bandara menuju ke sini atau langsung ke sana (pemakaman), kemudian bagaimana kesiapan kalau misal disemayamkan di sini (Gedung Pakuan).

Kemudian juga di lokasi pemakaman itu juga kami siapkan," katanya.

Ia mengatakan yang pergi ke Swiss untuk menjemputEril adalah Ridwan Kamil dan asistennya.

Sedangkan Atalia Praratya, berada di Bandung dengan kondisi yang juga baik dan sehat.

"Prosesi pemakaman pada prinsipnya dari keluarga itu tidak ingin menghalangi orang yang bersimpati dan berdoa. Tetapi yang harus diperhatikan adalah lingkungan di sana itu kapasitasnya tidak mencukupi kalau misalnya dalam jumlah besar," katanya.

Jika ada pengaturan-pengaturan saat pemakaman, ia memohon maaf dari awal karena pihaknya ingin keluarga nyaman, masyarakat diCimaung juga nyaman, keluarga yang hadir juga nyaman.

Baca Juga: Catat! Bagi Warga yang Ingin Ikut Menyalatkan dan Mendoakan Emmeril Kahn Mumtadz di Rumah Duka, Ini Waktu yang Diperbolehkan

"Setelah dilakukan pemakaman kami akan lakukan juga doa bersama. Tetap dilakukan di Gedung Pakuan jadi tidak selesai pemakaman kemudian tidak ada doa bersama, tetapi setidaknya dalam satu minggu selanjutnya akan dilakukan doa bersama.

Kami tidak membatasi masayarakat yang ingin berdoa, tetapi sekali lagi kapasitas ruang bisa sama-sama dipahami," katanya.

Jenazah Eril sendiri, katanya, sudah diurus sesuai syariat Islam di Swiss, yakni sudah dimandikan, dikafani, dan tahapan-tahapan selanjutnya.

Baca Juga: Jadi Bukti Kecantikannya yang Paripurna Hasil Karya Dokter? Potret Jadul Krisdayanti Buat Netizen Melongo Hingga Disamakan dengan Sosok Ini

Artikel ini telah tayang di TribunJabar dengan judulRidwan Kamil Mendesain Sendiri Makam Eril, di Dekat Sungai dan Masjid

Editor : Rachel Anastasia

Sumber : TribunJabar

Baca Lainnya