5 Obat Batuk Pilek Anak Alami Paling Ampuh, Dijamin Anti Rewel!

Minggu, 29 Mei 2022 | 13:30
Freepik/mdjaff

Ilustrasi obat batuk pilek anak alami paling ampuh

GridHITS.id - Inilah berbagai obat batuk pilek anak alami paling ampuh yang bisa Anda coba di rumah.

Ya, tentu kita tahu batuk sudah menjadi 'bagian' sakit ringan pada anak.

Terutama untuk anak-anak yang rentan sekali dengan penyakit tersebut.

Belum lagi perubahan cuaca yang terlalu ekstrim juga bisa menyebabkan batuk pada Si Kecil.

Selain itu, batuk juga bisa disebabkan oleh beberapa makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Maka dari itu penting untuk kita mengantisipasi batuk.

Akan tetapi, meski sudah diantisipasi batuk masih bisa dengan mudahnya menghampiri keluarga.

Terkadang juga Si Kecil akan rewel jika merasakan sakit sedikit di tubuhnya.

Namun Anda tak perlu khawatir, sebab ada beberapa obat alami yang bisa dicoba, seperti:

Baca Juga: Obat Batuk Pilek Anak Alami Paling Ampuh, Gak Perlu Beli Lagi!

Obat batuk pilek anak alami paling ampuh dan mudah untuk didapatkan.

1. Jahe dan kencurObat batuk herbal untuk anak yang pertama ini mudah dibuat.Bahan-bahannya hampir selalu ada di setiap dapur rumah.Pertama, siapkan jahe dan kencur, masing-msing ukuran sekitar 1 cm.Lalu, memarkan kedua bahan tersebut dan kemudian tinggal direbus menggunakan air 1 gelas.Setelah itu, tunggu sampai air yang tersisa tinggal setengahnya, tambahkan juga perasan 1 buah jeruk nipis dan juga 1 sendok makan madu.Aduk hingga rata dan angkat, saring air rebusan tersebut dan tunggu hingga terasa hangat.Ramuan ini dapat digunakan sebagai obat batuk herbal alami untuk buah hati.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Batuk Pilek Anak Alami Paling Ampuh di Apotik

Jika dirasa ramuan ini seperti jamu, Anda juga dapat menambahkan sedikit gula pasir agar rasanya lebih enak.2. Jeruk nipisJeruk nipis memang terkenal sebagai obat herbal yang digunakan untuk mengatasi batuk, tidak hanya digunakan untuk orangtua saja tetapi juga baik untuk anak-anak.Caranya cukup mudah, gunakan 3 sendok makan perasan jeruk nipis campur dengan 3 sendok makan madu dan juga air matang sebanyak 5 sendok makan.Bahan-bahan tersebut dapat diolah dengan tim, kira-kira yaitu sekitar 30 menit hingga menyatu.Nah penyajiannya, untuk umur 1 tahun dapat menggunakan takaran setengah sendok teh, sehari 2 kali.Sedangkan untuk anak berumur 2 tahun dapat menggunakan takaran 1 sendok teh dan diminum sehari 2 kali.3. KencurUntuk mengobati batuk anak, Anda juga dapat memanfaatkan kencur sebagai obat herbal.

Baca Juga: 100 Persen Mujarab, ini Obat Batuk Pilek Anak Alami Paling Ampuh

Obat ini juga dapat digunakan untuk anak yang berusia 2 tahun, obat batuk herbal untuk anak 2 tahun ini aman.Caranya yaitu dengan menyiapkan 5 gram kencur yang telah dicuci bersih.Parut kencur tersebut dan kemudian tambahkan 2 sendok makan air putih yang sudah dimasak, aduk sampai rata.Kemudian saring ramuan tersebut, tambahkan pula dengan madu sebanyak 1 sendok makan.Obat ini dapat diberikan kepada Si Kecil sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.4. KunyitMemiliki kandungan minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi (anti-peradangan).Selain sebagai penurun panas, campuran ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.Umumnya yang digunakan adalah rimpangnya; warnanya oranye.

Baca Juga: 5 Obat Batuk Alami Untuk Anak, Coba Sekarang dan Rasakan Manfaatnya!

Caranya:Cuci bersih 10 gram umbi kunyit. Parut dan tambahkan 1/2 gelas air panas, aduk rata.Setelah dingin, peras, ambil sarinya. Tambahkan dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis.Campur dengan 2 sdm madu bunga kapuk, aduk rata.Bagi menjadi 3 bagian campuran madu dan kunyit ini, kemudian berikan 3 kali sehari.5. Temulawak (Curcuma xanthorhiza Roxb)Penampilan temulawak menyerupai temu putih, hanya warna bunga dan rimpangnya berbeda.Bunga temulawak berwarna putih kuning atau kuning muda, sedangkan temu putih berwarna putih dengan tepi merah.Rimpang temulawak berwarna jingga kecokelatan, sedangkan rimpang bagian dalam temu putih berwarna kuning muda.

Baca Juga: Lebih Mujarab dan Aman, ini Obat Alami Sesak Nafas Disertai Batuk

Temulawak memiliki zat aktif germacrene, xanthorrhizol, alpha betha curcumena, dan lain-lain.Manfaatnya sebagai antiinflamasi (antiperandangan), antibiotik, serta meningkatkan produksi dan sekresi empedu.Temulawak sejak dahulu banyak digunakan sebagai obat penurun panas, merangsang nafsu makan, mengobati sakit kuning, diare, mag, perut kembung dan pegal-pegal.Caranya :Cuci bersih 10 gram rimpang temulawak. Parut dan tambahkan 1/2 gelas air panas, aduk rata. Setelah dingin, peras, ambil sarinya.Campur dengan 2 sdm madu bunga kapuk, aduk rata. Bagi menjadi 3 campuran madu dan temulawak, kemudian berikan 3 kali sehari.

Nah itu dia berbagai obat batuk pilek anak alami paling ampuh yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Obat Herbal Batuk Kering Tenggorokan Gatal, Dijamin Lega Seketika!

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta dengan judul 7 Obat Tradisional Atasi Batuk Pilek pada Anak, Ampuh Tanpa Obat Kimia!

Editor : Rachel Anastasia

Baca Lainnya