Satu Indonesia Hutang Maaf Pada Saipul Jamil! Bukan Pedofilia Begini Kebenaran yang Terjadi Pada Mantan Suami Dewi Perssik Menurut Pakar Psikologi Forensik: 'Tidak Bisa Dikategorikan..'

Senin, 16 Mei 2022 | 11:00
(Instagram @saipuljamilreal)

Saipul Jamil

GridHITS.id - Pedangdut Saipul Jamil mulai kembali memamerkan eksistensinya di dunia hiburan Tanah Air.

Memang, mantan suami Dewi Perssik itu tak bisa lagi tampak di layar kaca televisi.

Hal tersebut lantaran ia disebut sebagai pedofilia dan diboikot tampil ke depan publik.

Pemboikotan tersebut bermula usai Bang Ipul bebas dari bui yang menahannya selama 5 tahun.

Bak kembali terjerat dalam bui, ia langsung terkena kontroversi saat tampakan hidung ke depan publik.

Banyak pihak yang menyebutkan, hal tersebut tak adil bagi korban asusila yang dilakukan oleh mantan suami Dewi Perssik tersebut.

Usai terjadi, tiba-tiba seorang pakar Psikologi Forensik membatah label 'pedofilia' yang tersemat di Saipul Jamil.

Reza Idragiri Amriel, Pakar Psifor tersebut menyebutkan Saipul Jamil bukanlah seorang pedofilia.

Melainkan ada gejala gangguang seksual lain yang menimpa mantan juri ajang pencarian bakat tersebut.

Baca Juga: Dituding Dewi Perssik Tak Pernah Sekalipun Berhubungan, Saipul Jamil Naik Darah hingga Beberkan Bukti Soal Urusan Ranjang dengan Sang Mantan Istri: 'Kalau Enggak Disentuh, Anak Siapa?'

"Karena korban SJ, saat kejadian, berumur di bawah delapan belas tahun. Artinya, mengacu UU Perlindungan Anak, si korban memang masih berusia anak-anak."

"Tapi karena si korban sudah melewati usia pubertas, maka SJ tidak bisa dikategori sebagai pedofilia," papar Reza dikutip dari Sosok.ID.

Pedofilia, kata Reza, merupakan sebutan khusus bagi orang yang punya ketertarikan seksual utamanya atau semata-mata pada anak-anak berusia prapubertas.

"Sebutan yang lebih tepat bagi SJ adalah ephebophilia. Tapi itu pun perlu dicek apakah SJ memang punya berahi yang eksklusif tertuju pada anak-anak pascapubertas," ujar Reza.

"Ephebophilia sendiri bukan kelainan, sebagaimana pedofilia. Ketertarikan seksual orang dewasa pada orang-orang berumur pascapubertas dan pradewasa sesungguhnya biasa saja," tambah Reza.

Toh kata Reza, mereka yang berada antara usia pascapubertas dan pradewasa pada umumnya juga sudah punya minat seksual.

"Walau begitu, jangan diartikan bahwa saya mendukung seks dengan mereka yang berada pada rentang usia tersebut."

"Seks terbenarkan hanya dalam relasi perkawinan, titik," katanya.

"Kembali ke SJ. Berulang kali dia dikabarkan dekat dengan wanita dewasa."

Baca Juga: Hingga Kini Belum Miliki Momongan Padahal Sudah 3 Kali Menikah, Dewi Perssik Bongkar Masalah Ranjangnya dengan Mantan Suami Saipul Jamil dan Aldi Taher yang Ternyata Menyedihkan, Begini Faktanya!

"Berarti kontak seksual SJ dengan korbannya sepertinya juga tak bisa disebut sebagai ephebophilia," katanya.

Karena Saipul Jamil dan korbannya berjenis kelamin sama, menurut Reza, maka ia bisa jadi seorang homoseksual.

"Lebih spesifik lagi, homoseksual fakultatif. Yaitu, mungkin karena tak ada partner yang sah, maka 'tak ada rotan akar pun jadi'," katanya.

Dengan koreksi sedemikian rupa, kata Reza, maka mereka yang memusuhinya karena Saipul Jamil adalah pelaku kejahatan pedofilia, tampaknya keliru paham.

"Semestinya mereka membenci SJ karena SJ adalah pelaku kejahatan seksual terhadap anak atau tanpa embel-embel pedofilia, dan perbuatan jahatnya itu berupa homoseksual fakultatif," kata Reza.

Diberikan cap negatif pada publik Indonesia, Saipul Jamil mengaku dirinya tak terima.

Menurutnya, setelah ia bebas ada beberapa kontrak stasiun TV yang telah menunggunya, namun kasus ini membuatnya kehilangan hal tersebut.

Saipul Jamil menegaskan bahwa bila ia ingin dikatai, ia akan terima tapi jangan dengan karirnya.

"Saya dikatai, dicemari, yang menyebabkan lapangan pekerjaan saya hilang, ini sudah merugikan mata pencaharian saya, secara materi, secara imej, makanya sekarang saya serahkan kepada hukum," katanya.

Baca Juga: Bak Siram Bensin ke Kobaran Api! Tak Sudi Dituding Mandul hingga Nekat Bongkar Borok Saipul Jamil, Mantan Dewi Perssik Ini Meradang: 'Jaga Mulutmu!'

Artikel ini telah tayang di GridHITS.id berjudul "Terlanjur Diboikot Televisi Gegara Disebut Pedofilia, Pakar Psikologi Forensik Ungkap Kebenaran yang Terjadi pada Saipul Jamil, Ternyata Alami Hal Ini, Satu Indonesia Hutang Maaf?"

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : GridHits.ID

Baca Lainnya