Sebelum Bikin Laporan Masalah Masuk Facebook, Ikuti Langkah Ini!

Minggu, 15 Mei 2022 | 17:00
Pixabay/Firmbee

Ilustrasi laporan masalah masuk Facebook

GridHITS.id - Jangan buru-buru membuat laporan masalah masuk facebook jika akun Anda tak bisa dibuka.

Ya, beberapa dari kita tentu sudah tak asing lagi dengan media sosial yang satu ini.

Facebook sendiri sudah terkenal sejak dulu, bersamaan dengan Twitter.

Pengguna Facebook pun beragam, baik itu generasi orangtua kita hingga milenial.

Sehingga tak heran platform yang satu itu menjadi media sosial yang cukup digandrungi.

Bahkan tak sedikit orang yang berkenalan dari Facebook lalu bisa menjalin hubungan di dunia nyata.

Sebab media sosial yang satu ini bisa menghubungkan kita dengan banyak orang dari belahan dunia manapun.

Lalu bagaimana jika kita tak bisa masuk ke akun?

Ternyata ada beberapa cara yang bisa Anda coba sebelum membuat laporan.

Baca Juga: Cara mengembalikan Akun Facebook yang Lupa Semuanya, Semudah Ini!

Lakukan beberapa langkah ini dulu sebelum membuat laporan masalah masuk facebook.1. Restart SmartphoneHal sederhana pertama yang bisa anda lakukan, cobalah untuk restart smartphone. Dengan cara ini tentu sangat dimungkinkan aplikasi dapat normal kembali.

Catatannya, ketika masalah terjadi hanya karena RAM penuh atau lag saja.Namun jika nantinya masih bermasalah, cobalah metode berikutnya.2. Periksa Konektivitas SmartphoneCoba cek juga bagian konektivitas, apakah data internet di hp android anda bisa digunakan atau tidak.

Tes dengan membuka aplikasi lain seperti YouTube, Play Store, atau yang lainnya. Jika lancar – lancar saja, maka dapat dipastikan hanya Facebook yang bermasalah.Namun jika tidak lancar atau loading terus – menerus, maka pastikan paket data anda masih tersedia.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Mudah Download Video Facebook Story

Dan juga anda manfaatkan fitur mode pesawat terbang untuk mencari jaringan baru.3. Gunakan VPN Apabila di Take Down PemerintahSaat ini memang sedang ramai terkait media sosial yang diblokir oleh pemerintah untuk sementara waktu.

Pengguna tidak bisa mengirim atau melihat video dan foto yang ada, hanya text yang bisa dilihat.Sebenarnya cara ini tidaklah efekfif, karena bagaimanapun media sosial telah menjadi kebutuhan penting untuk masyarakat Indonesia, khususnya untuk bisnis online atau UKM kecil – kecilan.Solusi yang bisa dilakukan ialah, gunakan VPN yang fungsinya meredirect IP ponsel kita ke luar negeri, tergantung dari server VPN itu sendiri, bisa Singapura, India, Belanda, Amerika, atau yang lainnya.

Ada banyak Aplikasi VPN yang bisa anda gunakan, cari saja di Google Play Store.Untuk yang gratisan memang terkadang sedikit lambat sementara untuk yang berbayar sudah pasti terasa cepat.4. Hapus File Cache Android

Baca Juga: Cara Memulihkan Akun Facebook yang Diretas, Cukup Pakai Fitur Ini!

Metode keempat yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus cache aplikasi.

Sebenarnya file cache itu sangat baik untuk meningkatkan performa Android, cache akan sangat berguna saat anda membuka aplikasi tertentu, contohnya saja facebook.Namun penumpukan cache yang terlalu berlebih juga berdampak tidak baik. Untuk menghapus file cache android, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Facebook” » Kemudian tap “Hapus Cache”.5. Paksa Berhenti & Hapus Data FacebookJika metode sebelumnya tidak berhasil maka cobalah dengan metode kelima yakni dengan menghentikan aplikasi secara paksa dan menghapus data dari aplikasi tersebut.Menghapus data akan menghilangkan data login, basis data, cache, history, setelan, dan lainnya secara permanen.Untuk menghapus data aplikasi facebook, ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Facebook” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Baca Juga: Cara Download Reel Facebook dengan Mudah, Cek Artikel Ini Sekarang!

6. Update Aplikasi FacebookMetode keenam yakni dengan memperbarui aplikasi facebook ke versi terbaru. Selain mendapat fitur terbaru, aplikasi facebook juga akan bersih dari error atau kerusakan tertentu.

Untuk update aplikasi facebook, anda bisa langsung update dari Google Play Store.

Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “Facebook” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.7. Install Ulang Aplikasi FacebookJika metode ketujuh tidak berhasil maka terpaksa anda harus menghapus aplikasi facebook dan menggantinya dengan aplikasi facebook yang baru.Hapus aplikasi facebook, bersihkan cache, restart android, dan barulah anda download aplikasi facebook langsung dari Google Play Store secara gratis.

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Facebook” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

Nah itu dia beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebelum membuat laporan masalah masuk facebook.

Baca Juga: Cara Mudah Simpan Video dari Facebook, Gampang Banget

Artikel ini telah tayang di TribunBatam dengan judul Begini Cara Mengatasi Facebook yang Tidak Bisa Dibuka

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya