Nenek Tak Punya Gigi Saja Bisa Makan! Begini Tips Bikin Rempeyek Tidak Keras tapi Garing Luar Biasa, Kuncinya ada Pada Tepung Rahasia Ini

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 7 Mei 2022 | 09:50 WIB
Trik Rempeyek ()

SajianSedap.com - Makan rempeyek itu memang hoki-hokian.Ada peyek yang renyah dan enak, ada juga yang kerasnya bukan main.Nah, yang keras ini tentu saja bikin makan jadi gak enak.Gusi saja bisa sampai sakit kala mengunyahnya.Karena itu, harus tahu tips bikin peyek renyah dan tidak keras berikut ini.Nenek-nenek tak punya gigi pun bisa makan.1. Bahan UtamaDi resep yang Anda gunakan, tepung apa yang dipakai? Kebanyakan pasti pakai tepung beras betul?

Baca Juga: Kaum Menteng, Lesser-Known Traditional Foods From Rural Indonesia Get Spotlight They Deserve

Ya, tepung beras memang bahan utama pembuatan peyek. Tapi ketahuilah, tepung beras punya karakteristik jadi keras seperti batu setelah dingin. Jadi, adonan peyek harus ditambahkan tepung sagu lagi.Tepung sagu akan menghasilkan peyek yang renyah dan tidak keras.Tanpa tepung sagu, rempeyek bisa menjadi keras teksturnya.Sebaliknya, jika kebanyakan tepung sagu, rempeyek bisa jadi rapuh dan mudah hancur.Untuk tambahan tepung sagunya, tak perlu terlalu banyak. Untuk 100 gram tepung beras, cukup tambahkan 1 sendok makan tepung sagu saja. Dijamin, hasilnya jadi beda banget.

Baca Juga: Makan Siang Pasti Jadi Lebih Meriah Dengan Resep Peyek Bumbu Opor Ini Sebagai Pelengkapnya

2. Tekstur Adonan Seringkali orang salah kaprah membuat adonan rempeyek yang dibuat agak kental.Rempeyak justru harus dibuat dengan adonan yang encer sekali.Tujuannya, agar ketika dituang di pinggir wajan, adonan mengalir, melebar, dan menipis.Maka, gunakan air atau santan encer yang cukup banyak.Ketika menuang adonan dengan sendok sayur dari atas wajan, adonan harus langsung jatuh ke tepi wajan.Itu pertanda adonan cukup encer.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Resep Peyek Bumbu Opor Enak, Menu Renyah yang Bikin Makan Jadi Lebih Meriah

Kalau adonannya kental, otomatis peyek akan jadi lebih tebal. Peyek yang tebal ini butuh waktu lama digoreng untuk bisa kering. Nah, karena penggorengan yang lama inilah, peyek akan jadi keras seperti batu.3. Teknik MenggorengNah, proses menggoreng juga sangat penting diperhatikan untuk menghasilkan rempeyek yang tipis dan renyah.Perhatikan hal berikut:1. Gunakan wajan cekung.2. Wajan tidak boleh lengket karena akan membuat rempeyek menempel dan sulit terlepas dari wajan.3. Gunakan api sedang saat menggoreng rempeyek.

Baca Juga: Resep Peyek Udang Enak Ini Selalu Jadi Pelengkap Idaman Saat Makan Siang

4. Gunakan minyak yang banyak.5. Perhatikan proses menuang adonan: tuang adonan di pinggir wajan, bukan langsung ke dalam minyak.Adonan yang dituang akan segera menempel di wajan.Siram-siram adonan dengan minyak yang sudah panas.Adonan akan terlepas dengan sendirinya.Biarkan jatuh ke dalam minyak.Sajiers bisa menuang adonan rempeyek baru sambil menunggu rempeyek yang sudah jatuh ke minyak matang. Begitu seterusnya.