Find Us On Social Media :

Dari Burung Walet hingga Paus, Ini Dia 5 Spesies Hewan yang Punya Kemampuan Ekolokasi

Burung walet adalah hewan yang memiliki kemampuan ekolokasi.

 

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa ada hewan yang memiliki kemampuan ekolokasi.

Yap, hewan yang punya kemampuan ini dapat melihat dengan menggunakan gelombang cahaya yang dapat memantulkan benda.

Selain itu, gelombang suara juga bisa digunakan agar hewan dapat melihat dengan cara yang sama seperti gelombang cahaya.

Beberapa hewan yang memiliki kemampuan ekolokasi seperti menggunakan gema, gelombang suara yang dipantulkan objek di jalurnya.

Hal ini untuk menavigasi dan menemukan makanan di malam hari atau di tempat yang gelap.Lalu, apa saja hewan yang punya kemampuan ekolokasi?Yuk, kita cari tahu di sini!5 Hewan yang Punya Kemampuan EkolokasiAdapun beberapa hewan yang punya kemampuan ekolokasi, yaitu:

Hewan

Baca Juga: Terkenal Lambat, Apa Penyebab Kungkang Butuh Waktu yang Sangat Lama untuk Bergerak?

1. Burung Minyak dan Burung Walet

Tahukah kamu, kemampuan ekolokasi jarang dimiliki oleh burung, lo. Tetapi, ada dua spesies burung yang hidup di gua dan juga mengembangkan ekolokasi.

Burung itu adalah burung minyak Amerika Selatan dan burung walet.Burung minyak mengeluarkan bunyi dan menggunakan gema untuk membantu mereka menavigasi dalam kegelapan total.Walet menggunakan kemampuan ekolokasi untuk menavigasi dalam gelap dan juga untuk tujuan sosial.2. TikusTikus merupakan hewan yang memancarkan suara ultrasonik dan menggunakan gema untuk menemukan serangga dan mangsa lainnya.Mereka membuka dan menutup mulut dengan cepat untuk mengeluarkan suara intensitas rendah saat mereka semakin dekat mangsa.3. Paus

Baca Juga: Tak Hanya Lewat Siulan, Inilah 5 Cara Unik Lumba-Lumba Berkomunikasi

Paus adalah hewan mamalia yang memiliki habitat di lautan. Proses evolusi pada beberapa mamalia mampu mengembangkan kemampuan ekolokasi.