GridHITS.id -Terbatasnya lowongan pekerjaan yang berbanding terbalik dengan jumlah tenaga kerja setiap tahunnya membuat banyak lulusan baru susah mendapat kerja.
Apalagi skill pencari kerja yang ternyata kualifikasinya tidak sesuai dengan yang perusahaan inginkan.
Banyak para fresh graduate maupun pekerja yang kehilangan pekerjaan kesulitan mendapat kerja baru.
Belum lagi, akses informasi yang terbatas menambah hambatan para pencari kerja.
Peningkatan kemampuan melalui training atau pelatihan disarankan untuk menambah skill, sehingga jangkauan pekerjaan bisa menjadi lebih luas.
Melihat permasalahan tersebut, Kelas.com hadir dengan program terbarunya yakni Bootcamp Kelas.
Program ini sekaligus menjadi solusi praktis para pencari kerja dalam percepatan memperoleh kerja.
"Bootcamp Kelas ini merupakan program Kelas.com di mana kami menggunakan sistem self paced learning/Asynchronous.
Ini merupakan terobosan baru sebuah bootcamp yang memungkinkan waktu belajar yang fleksibel (tidak ditentukan waktu pembelajarannya)," ungkap Niko Setiawan Product Manager Kelas.com.
Niko menjelaskan, beberapa keunggulan Bootcamp Kelas di antaranya memungkinkan peserta kelas untuk belajar dari mana saja dan kapan saja.
Peserta juga dapat mengulang pembelajaran hingga paham. Selain itu, biaya bootcamp yang jauh lebih terjangkau.
Misi Bootcamp Kelas sendiri adalah menyediakan bootcamp yang dapat mentransformasi pencari kerja yang ingin memulai karir dan menjadi ahli di satu bidang yang telah disediakan.
Niko menuturkan, program Bootcamp Kelas ini hadir karena melihat kurangnya 600 ribu talenta Digital per tahunnya di Indonesia, yaitu di bidang IT, Digital Marketing, Product Management.
"Sebagai salah satu platform edu-tech di Indonesia, Kelas.com ingin berkontribusi dalam penyediaan talenta Digital tersebut.
Untuk itu, Kelas.com membuat Bootcamp Kelas.
Dengan adanya bootcamp ini diharapkan makin banyak orang yang memiliki pilihan tempat belajar," harap nya.
Beberapa keunggulan Bootcamp Kelas yang dapat mempermudah para pencari kerja yakni adanya penyaluran kerja, penyusunan PBL (Project base learning) untuk bekal pencarian kerja, tidak ada minimal pendidikan (bootcamp lain minimal pendidikan biasanya S1).
Selain itu, Bootcamp Kelas ini juga memiliki waktu belajar yang lebih fleksibel (bootcamp lain ada waktu pembelajaran yang telah ditentukan).
"Harga kami 10 kali lebih terjangkau dari bootcamp lainnya. Waktu belajar juga lebih singkat yakni sekitar 2 minggu - 1 bulan," pungkasnya.
Materi diajarkan langsung oleh M Reza Mahdar - Product Manager Bukalapak dan Gerald Immanual - Lead Product Manager at Tokopedia.
Bootcamp ini resmi dirilis di tanggal 22 Maret 2022 dengan 1 program yang hadir yaitu 'Product Management', karena kebutuhan project manager yang sangat besar dan tidak ada pendidikan formal yang menyediakan pendidikan mengenai bagaimana berkarir menjadi project manager.
Akan ada 3 modul yang diajarkan di bootcamp ini yakni Strategi Product Management di Dunia Start-up, Intro to Growth Product Management dan Manage a Growth Product.
Program lainnya yang akan rilis dalam waktu dekat yakni Administrasi, Business Development serta Full Stack Web Developer