Tingkatkan Kualitas Hidup, Intip Empat Manfaat Kegiatan Memasak

Rabu, 23 Februari 2022 | 17:15
Cooking Class Menu Spesial Nostalgia

Cara memasak mudah rolade ayam klasik oleh Chef Marinkan

GridHITS.id -Siapa sangka, ternyata kegiatan memasak yang terlihat sederhana memiliki segudang manfaat.

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa memasak dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang, salah satunya adalah jurnal yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health Clinical Center di Amerika.

Selain membawa manfaat dari segi nutrisi, kegiatan memasak diyakini mampu mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Apalagi sekarang kegiatan memasak menjadi semakin mudah dan praktis karena akses luas yang kian terbuka terhadap video tutorial memasak hingga aneka resep masakan.

Selain itu, platform online yang menyediakan layanan berbelanja kebutuhan harian dan dapur semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses bahan makanan dengan praktis dan nyaman.

Kirana Witari Syafi'i, Business Development Mycoplan mengatakan,
“Tidak bisa dipungkiri, kegiatan memasak memang masih menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat berkat segudang manfaat yang dimilikinya.
Memahami hal tersebut, Mycoplan hadir sebagai solusi praktis bagi masyarakat yang ingin mencoba variasi menu makanan sehari-hari dengan resep yang mudah.
Selain itu, kami juga ingin memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan hemat melalui beragam promo, seperti cashback hingga 100% untuk setiap pembelanjaan menggunakan ShopeePay hingga tanggal 27 Februari ini. Dengan menghadirkan berbagai layanan tersebut dalam satu aplikasi, Mycoplan berusaha untuk menjawab kebutuhan pangan masyarakat dengan praktis dan terencana.”
Baca Juga:Punya Harta Duniawi Bak Tak Habis Tujuh Turunan sampai Rp 400 Miliar, Nagita Slavina Kepergok Makan Mi Rebus Tanpa Gengsi di Sebelah Kandang Kucingnya, Ibu Rafathar Malah Kegirangan!

Agar semakin termotivasi untuk memasak, simak empat manfaat dari kegiatan satu ini untuk tingkatkan kualitas hidup:

Selektif pilih bahan dan bumbu berkualitas
Dengan memasak sendiri, tentunya kamu dapat memonitor nutrisi yang akan masuk ke dalam tubuh dengan lebih seksama.

Mulai dari bahan makanan, kadar bumbu yang digunakan, hingga porsi makanan, dapat kamu atur sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi serta keluarga.

Misalnya ada anggota keluarga yang membutuhkan makanan rendah gula, tinggi protein, kaya akan vitamin C, dan lain-lain. Melalui aplikasi Mycoplan, kamu tidak perlu beranjak dari rumah.

Kamu bisa berbelanja berbagai bahan makanan serta kebutuhan dapur mulai dari daging-dagingan, sayur-mayur, buah-buahan, hingga bumbu dapur yang berkualitas secara online dan akan langsung diantar ke rumah. Praktis, bukan?

Kantong anti bolong
Saat memasak sendiri di rumah, kamu bisa mengolah bahan-bahan yang ada dengan lebih maksimal.

Misalnya, satu ikat sayur bisa diolah menjadi beragam menu lezat untuk makan siang dan malam. Selain efektif, membeli bahan mentah tentu akan jauh lebih murah ketimbang makanan siap saji.

Baca Juga:Anda Pasti Menyesal Jika Masih Makan Mi Instan Campur Nasi, Penyakit Mematikan Ini Sudah Mengintai Tubuh untuk Digerogoti!

Apalagi jika membeli bahan masakan dalam jumlah banyak, sering kali kita mendapat penawaran yang makin menguntungkan. Namun begitu, jangan sampai berlebihan ketika berbelanja, ya!

Sebaiknya kamu tetap mempertimbangkan daya tahan bahan masakan yang dibeli agar semua bahan dapat digunakan dan tidak terbuang.

Perluas skill dengan eksplorasi menu baru

Memasak juga berguna untuk melatih otak, khususnya kemampuan memori dan motorik. Sebagai pemula, kegiatan memasak bisa sedikit menantang, apalagi ketika hasil masakanmu belum sempurna dan cocok di lidah orang lain.

Namun, seiring berjalannya waktu, kamu akan semakin lihai dalam berbagai skill memasak seperti mengolah bahan masakan, menakar bumbu yang dibutuhkan, hingga menghafal resep yang biasa kamu ikuti.

Manfaatkan aplikasi Mycoplan yang menyediakan berbagai jenis resep masakan yang bisa kamu coba dan pelajari.

Semakin mengasyikkan, Mycoplan menghadirkan bermacam pilihan resep masak yang disertai dengan layanan berbelanja online bahan masakannya.

Sehingga, kamu tidak perlu repot lagi untuk mencatat kebutuhan belanjamu, karena ada Mycoplan yang bisa kamu andalkan.

Baca Juga:Ingin Makanan Nikmat Malah Dijemput Malaikat, 7 Orang Ini Temui Ajal Usai Konsumsi Mi Instan yang Lama Disimpan, Ahli Ungkap Sebabnya

Jadi ajang quality time dan mempererat hubungan dengan orang terkasih

Untuk kamu yang sedang kehabisan ide kegiatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun sahabat, luangkanlah waktu untuk memasak bersama.

Melalui quality time satu ini, kamu bisa merekatkan hubungan karena ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika masak bersama.

Mulai dari memilih menu masakan, berbelanja bahan baku, kegiatan memasak itu sendiri, hingga menyajikan makanan untuk disantap bersama.

Meskipun terdengar sederhana, nyatanya kegiatan satu ini akan membuatmu semakin mengenal sifat satu sama lain.

Itulah empat manfaat dari memasak yang dapat meningkatkan kualitas hidupmu secara fisik dan mental.
Di masa pandemi seperti saat ini, memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi tubuh merupakan hal yang penting. Namun, tidak kalah penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan mental.
Agar kegiatan memasak di rumah semakin memuaskan, gunakanlah layanan resep dan berbelanja online dari aplikasi Mycoplan.
Jangan lupa untuk top up ShopeePay, karena pada tanggal 22-27 Februari ini, Mycoplan bersama ShopeePay menghadirkan voucher cashback hingga 100% yang bisa kamu dapatkan melalui fitur ShopeePay Sekitarmu pada aplikasi Shopee. Tunggu apa lagi? Yuk, unduh aplikasi Mycoplan, atau kunjungi situs mycoplan.id maupun laman Instagram dan mulai belajar memasak!.
Baca Juga:Bak Tak Ada Rasa Bersyukurnya Punya Istri Berhati Malaikat, Raffi Ahmad Akui Sering Bohong Pada Nagita Slavina hingga Pernyataannya Bikin Kaget Publik Tanah Air

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya