Pencapaian Kenangan Brands Tahun 2021, Menjadi Perusahaan New Retail F and B Unicorn Pertama di Asia Tenggara

Senin, 14 Februari 2022 | 17:02
Dok. Ayu Pransiska

3 Varian Rasa Kopi Kenangan Hanya Untukmu

GridHITS.id -Memulai bisnis pada 2017, Kopi Kenangan telah berkembang menjadi perusahaan New Retail F&B dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia.

Seiring pertumbuhan ini, dari tahun ke tahun perusahaan juga terus berinovasi dengan produk-produk unggulan lain seperti Cerita Roti, Chigo, Kenangan Heritage, Kenangan Manis, bahkan kini dengan meluncurkan inovasi ready to drink terbaru, Kopi Kenangan Hanya Untukmu, yang semuanya kini bernaung dalam satu grup; Kenangan Brands.

Kemudian pada tahun 2021, Kopi Kenangan resmi mengumumkan pendanaan seri C dan status perusahaan sebagai New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Menurut Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kenangan Brands, perusahaan akan terus berkomitmen untuk menghadirkan produk yang dapat dinikmati oleh konsumen di seluruh Indonesia.

Sejak pertama kali hadir dengan Kopi Kenangan hingga kini, berdiri di bawah naungan Kenangan Brands dengan brand-brand lain seperti Cerita Roti, Chigo, dan Kenangan Manis; bersama 4.749 karyawan Kenangan Brands, prioritas kami adalah terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh konsumen.

Salah satunya lewat beragam progam training kepada karyawan kami. Hingga saat ini kami telah memberikan program training ke lebih dari 10.000 karyawan.

Hal ini paralel dengan pencatatan penjualan yang baik dari setiap brand Kenangan Brands.

Pada 2021, Kopi Kenangan mencatatkan penjualan lebih dari 3 juta gelas setiap bulan. Sedangkan untuk Cerita Roti, tercatat penjualan sebesar 6,4 juta dalam setahun,

Chigo dengan lebih dari 1 juta produk, dan Kenangan Manis yang baru saja diluncurkan pada Oktober 2021 sudah berhasil menjual 20.000 cookies dalam sebulan,” terang Edward.

Baca Juga:Kopi Kenangan, New Retail F&B dengan Pertumbuhan Tercepat di Indonesia, Sukses Raih Status 'Unicorn' Setelah Memperoleh Pendanaan Seri C

Kopi Kenangan Raih Brand of The Year Dua Kali Berturut-Turut

Sebagai brand yang telah menjual lebih dari 3 juta gelas kopi perbulannya, Kopi Kenangan saat ini memiliki 622 gerai yang tersebar di 45 kota dan akan terus menambahkan gerai di seluruh wilayah Indonesia.

Pada 2021, Kopi Kenangan juga meningkatkan kuantitas penggunaan bahan baku seperti biji kopi, gula aren, susu, dan juga sirup sebesar 58,8%.

Tahun ini, Kopi Kenangan juga akan menghadirkan inovasi dan produk, seperti pemesanan melalui whatsapp dan pick up di gerai melalui order.kopikenangan.com.

Kemudian menghadirkan outlet baru dengan layanan drive thru dan memberikan member retention dan engagement seperti cashback di aplikasi Kopi Kenangan.

Pada penghujung 2021, aplikasi Kopi Kenangan mencatatkan adanya peningkatan penjualan hingga 188% dibandingkan dengan tahun 2020.

Ini membuktikan Kopi Kenangan sukses menarik hati para pelanggan lewat inovasi dan pengembangan layanan serta produk.

Melalui sekian banyak inovasi dalam pengembangan layanan dan produk, Kopi Kenangan kembali memperoleh penghargaan Brand of The Year dari World Branding Awards International Forum di kategori Cafe Chain 2021-2022 dan Sertifikasi CHSE (Clean, Healthy, Safety and Environmental) dari Kemenparekraf pada Januari 2021.

Hal ini tentu memotivasi Kopi Kenangan untuk terus memberikan kualitas dan pelayanan terbaik demi meningkatkan loyalitas customer.

Baca Juga:Kenangan Brands, Perusahaan New Retail F&B Tempat Kopi Kenangan, Cerita Roti, Chigo dan Kenangan Manis Bernaung

Inovasi Cerita Roti Sebagai Camilan Pertama yang Menemani Kopi Kenangan

Meski baru diluncurkan awal 2021 lalu, Cerita Roti saat ini telah berkembang pesat dengan menjual 6,4 juta roti selama setahun dan tersedia di 480 outlet Kopi Kenangan x Cerita Roti.

Peningkatan penjualan Cerita Roti meningkat 330% di enam bulan terakhir 2021.

Selain itu, Kenangan Brands juga akan terus menghadirkan outlet baru Cerita Roti di seluruh wilayah Indonesia dan mengeluarkan varian baru untuk dinikmati konsumen.

Kini, Cerita Roti memiliki 1 Central Kitchen di Jakarta, dan 4 Mini Central Kitchen di Bogor, Bandung, Semarang, dan Medan, dengan kapasitas produksi kurang lebih 250.000 roti per minggu.

Cerita Roti juga telah mendapatkan sertifikasi Halal untuk semua varian yang disajikan dan berhasil mengembangkan followers di Instagram sebesar 30K dalam kurun waktu 6 bulan.

Terus Berkembang, Chigo Tarik Perhatian Konsumen

Kenangan Brands juga memiliki produk olahan ayam goreng, Chigo. Kini, Chigo telah tersebar di 40 outlet di Jabodetabek dan telah menjual lebih dari satu jura produk.

Didorong peningkatan penjualan hingga 232% pada enam bulan terakhir di tahun 2021, Chigo berencana untuk melakukan ekspansi ke lebih dari 100 outlet di Indonesia pada 2022.

Baca Juga:Kopi Kenangan Gelar Hari Mantan Nasional Keempat, Gelar Promo Menarik untuk Para Mantan

Untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, di tahun 2022 Chigo juga akan mulai mengeluarkan menu minuman, side dish and add ons menu, serta memperkenalkan varian terbaru Chigo.

Brand olahan ayam goreng ini mampu menarik perhatian konsumen di Indonesia dengan melonjaknya pengikut media sosial yang menembus 50 ribu pengikut hanya dalam 7 bulan pasca diluncurkan.

Perluas Segmentasi Pangsa Pasar, Hadirlah Kenangan Heritage

Selain menghadirkan produk, Kenangan Brands juga memperluas jangkauannya dengan membuka Kenangan Heritage pada Oktober 2021 lalu untuk memberikan pengalaman baru yang lebih berkelas bagi para penikmat kopi.

Dengan nuansa interior yang hangat dan cozy, Kenangan Heritage juga menggandeng Mikael Jasin untuk memilih kopi dan menu Kenangan Heritage.

Terdiri dari dua area bar, Mixologist, dimana pelanggan dapat menikmati berbagai racikan minuman ala Mikael Jasin yang terinspirasi oleh ragam cerita rakyat Indonesia, dan juga Purist Bar yang menghadirkan beragam jenis kopi, sekaligus memperlihatkan berbagai teknik penyeduhan kopi, dengan menu pilihan.

Selain bar, tersedia juga Roastery Room yang menawarkan pengalaman immersive dimana customer dapat memilih

Baca Juga: Kopi Kenangan, New Retail F&B Unicorn Pertama di Asia Tenggara Meluncurkan Produk Ready To Drink

Tag

Editor : Saeful Imam