Cara Mengetahui Password Email di HP Saat Kelupaan, Yakin Bisa?

Selasa, 25 Januari 2022 | 12:26
Pixabay/TBIT

Ilustrasi password email

GridHITS.id - Apakah ada cara mengetahui password email di HP kita?

Seperti diketahui, kemajuan teknologi sudah tak asing memberikan kita kemudahan dalam mengakses informasi.

Terutama untuk kita yang selalu terhubung ke internet dengan akses sepuasnya.

Salah satu yang biasanya kita miliki adalah akun email tertentu, mungkin Anda tak asing lagi dengan Gmail.

Nah pembuatan akun tentu akan membutuhkan data diri dan juga kata sandi untuk masuknya.

Mengingat sekarang sangat penting untuk menjaga privasi dari sebuah akun.

Nah bagaimana kalau kita lupa dengan kata sandi? Apakah bisa melihatnya lagi?

Ternyata, kita akan kesulitan untuk melihat kata sandi yang dilupakan.

Ada baiknya kita membuat baru, bagaimana caranya?

Baca Juga: Cara Mengetahui Password Email Sendiri Jika Lupa, Gampang Banget!

Cara Mengatur Ulang Kata Sandi Gmail AndaAda beberapa cara untuk mengatur ulang kata sandi akun Gmail Anda.Metode pertama yang akan kami bahas adalah opsi yang lebih mudah dan berfungsi jika Anda tidak dapat masuk karena Anda lupa kata sandi.Begini caranya:1. Buka halaman login Gmail dan masukkan alamat email Anda. Kemudian, klik Lupa Kata Sandi.2. Masukkan password terakhir yang Anda ingat kemudian, klik Next.Perlu diingat, ini tidak harus berupa kata sandi terbaru Anda, kredensial masuk sebelumnya yang terkait dengan akun ini akan memungkinkan Anda melanjutkan ke langkah berikutnya.3. Sekarang, periksa email cadangan Anda. Anda mencari email dengan kode verifikasi 6 digit.Catatan: Email cadangan, atau email pemulihan, adalah email yang telah Anda tambahkan ke akun Anda.4. Sekarang, masukkan kode 6 digit ke bidang yang sesuai di situs web Gmail.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Akun FB yang Diblokir Semudah Ini, Tak Perlu Email!

5. Dengan asumsi kode berfungsi, Anda sekarang dapat mengatur ulang kata sandi Anda.Jika metode ini tidak berhasil untuk Anda, maka inilah saatnya untuk melalui proses Pemulihan Akun. Kami akan membahasnya di bagian selanjutnya.Cara Mengatur Ulang Kata Sandi Akun Email Google Anda Menggunakan Pemulihan AkunCara kedua, jika Anda tidak dapat mengingat kata sandi Akun Email Google Anda dan berpikir Anda telah mencoba memasukkan setiap kombinasi yang mungkin, mungkin sudah waktunya untuk mengatur ulang jika Anda ingin mengakses kembali email-email berharga itu.Untuk mengatur ulang kata sandi Gmail Anda yang terlupakan, Anda harus memiliki email cadangan atau nomor ponsel yang terdaftar di akun Anda.Jika tidak, Google tidak dapat mengirim kode konfirmasi untuk menyetel ulang.Tanpa salah satu dari dua persyaratan tersebut, Google meminta Anda untuk mencoba masuk lagi, yang membuat Anda terhenti.Satu-satunya pengecualian adalah jika Google mendeteksi bahwa Anda telah masuk ke perangkat itu sebelumnya, ini akan menampilkan opsi kata sandi baru secara otomatis, apakah Anda memasukkan kata sandi yang sebenarnya atau tidak.Berikut cara mengatur ulang kata sandi Anda yang tidak diingat:

Baca Juga: Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak Tanpa Email dan Nomor Telepon 2021

1. Arahkan ke “Pemulihan Akun Google.”2. Masukkan alamat email yang Anda coba akses dan klik "Berikutnya."3. Pada prompt yang muncul, klik "Coba cara lain."4. Minta kode verifikasi ke nomor ponsel yang ditautkan atau email cadangan. Jika Anda hanya memiliki salah satu dari keduanya, maka secara otomatis akan mengirimkan kode ke opsi yang terdaftar. Masukkan kode dan klik "Selanjutnya."5. Di layar “Ubah Kata Sandi”, buat kata sandi baru Anda, konfirmasikan, lalu klik “Simpan kata sandi”.6. Setelah menyimpan kata sandi baru Anda, layar Pemeriksaan Keamanan akan muncul. Klik "Lanjutkan."7. Anda sekarang akan melihat halaman "Akun Google", dan kata sandi baru Anda sekarang aktif.Seperti yang disebutkan sebelumnya, langkah-langkah di atas memerlukan email cadangan terdaftar, nomor telepon, atau keduanya.

Baca Juga: Cara Mengembalikan FB yang Dihack Tanpa Email dan Nomor Handphone

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim dengan judul Lupa Password Akun Email Google, Ini 3 Cara Mengatasinya

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya