Satu Indonesia Harus Tahu! Pantas Doddy Sudrajat Ngotot Ingin Hak Perwalian untuk Gala Sky Tapi Serahkan Hak Asuh pada Faisal, Apa Istimewanya?

Rabu, 12 Januari 2022 | 20:05
(YouTube Seleb Oncam News/ Intens Investigasi)

Mediasi antara Doddy Sudrajat dan Faisal gagal

GridHITS.id - Baru-baru ini konflik panas antara Doddy Sudrajat dan Faisal terus berlanjut.

Konflik tersebut bermula sejak adanya perbedaan pendapat antara Faisal dan Doddy perihal hak perwalian untuk Gala Sky.

Gala Sky diketahui ditinggalkan oleh kedua orangtuanya Vanessa dan Bibi karena kecelakaan. Statusnya sebagai anak yatim piatu pun terus menjadi sorotan.

Bahkan tak sedikit yang menaruh empati pada Gala Sky hingga muncul penggalanangan dana untuk putra Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah.

Di tengah usaha keras yang dilakukan untuk Gala oleh keluarga Faisal rupanya banyak menemui rintangan.

Salah satunya dari Doddy Sudrajat yang sampai saat ini masih menolak pengajuan hak wali untuk Gala yang diajukan oleh Faisal.

Hari ini, Rabu (12/1/2022) sidang kembali digelar namun tak dihadiri oleh Doddy Sudrajat.

Seperti diketahui proses persidanganhak perwalian Gala Skymasih bergulir di Pengadilan Agama Jakarta Barat.

Seusai sidang, kuasa hukum Doddy Sudrajat menegaskan jika ayah Vanessa berhak untuk mengasuh Gala Sky.

Baca Juga: Miris! Terus Buat Kehebohan dan Protes Soal Donasi untuk Gala Sky, Sunan Kalijaga Akhirnya Tegur Doddy Sudrajat untuk Tak Ikut Campur: 'Harus Punya Bukti'

"Iya, karena Pak Doddy bagaimanapun dia itu kakeknya, dia punya hak untuk mengasuh Gala," kata kuasa hukum Doddy Sudrajat, Tegar Firmansyah.

Tegar juga menegaskan jika pihak Doddy Sudrajat juga menawarkan perdamaian dengan Faisal. Bahkan Firmansyah juga membeberkan apa keinginan dari kliennya tersebut.

Doddy menginginkan ia tetap menjadi pemegang hak wali bagi Gala Sky sedangkan hak asuh bisa dipegang oleh Faisal.

"Sebenarnya yang kepengin dari pihak Doddy itu perwalian di kita, asuh di Pak Faisal. Tapi tidak menutup kemungkinan asuh dilakukan secara bersama-sama," ungkap Tegar.

Doddy Sudrajat ngotot ingin mendapatkan hak wali atas Gala Sky, apa istimewanya?

Dikutip dari laman Kompas.com, melansir dari dari situsbhpjakarta.kemenkumham.go.id, perwalian adalah pengawasan terhadap anak yang di bawah umur yang tidak berada di bawah kekuasaan orangtua serta pengurusan benda atau kekayaan anak tersebut sebagaimana diatur oleh Undang-undang.

Timbulnya suatu Perwalian diakibatkan oleh putusnya perkawinan baik karena kematia maupun karena suatu putusan pengadilan dan selalu membawa akibat hukum baik terhadap suami/istri, anak-anak maupun harta kekayaannya terutama terhadap anak-anak yang masih dibawah umur.

Adapun sebagai Wali memiliki kewajiban sebagai berikut:

- Mengurus harta kekayaan anak yang berada dibawah perwaliannya

Baca Juga: 'Dia tuh Cemburu karena Vanessa...', Semakin Terbongkar Jelas Semua, Marissya Icha Sebut Sosok Udang di Balik Batu yang Memperkeruh Suasana Doddy Sudrajat dan H. Faisal

- Bertanggung-jawab atas kerugian yang ditimbulkan karena pengurusan yang buruk

- Menyelenggarakan pemeliharaan dan pendidikan anak belum dewasa sesuai harta kekayaannya dan mewakili anak dalam segala tindakan perdata

- Mengadakan pencatatan dan inventarisasi harta kekayaan si anak

- Mengadakan pertanggungjawaban pada akhir tugas sebagai wali

Apa yang diharapkan oleh Doddy Sudrajat tersebut rupanya ramai mendapat komentar pedas netizen di media sosial instagram.

"Ha? Jangan ngadi" kau. Minta perwalian tapi asuh nya diserahkan ke pak haji. Mau uangnya gak mau ngeluarin buat biaya ini mah. Astaghfirullah," tulis @dwiniken_.

"Kwkwkw. Sudah tau deh maksudnya kalau perwalian atas nama dia dengan gampang dia menguasai aset gala," tulis @bram_hendrawan11.

"Minta hak wali tapi ga mau asuh.mantep benar dah," tulis @diangirsang.

"Nampak kali mau hartanya..Giliran urus pak Faisal disuruh...," tulis @rioo1717.

Baca Juga: Tak Bisa Berkutik! Setelah Minta Fuji untuk Segera Minta Maaf karena Ayah Vanessa Angel dapat Hujatan dari Warganet, Kini Doddy Sudrajat Siap Diserang oleh 20 Pengacara yang Bela H Fasial

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Kompas.com, Instagram

Baca Lainnya