Find Us On Social Media :

Jangan Panik! Begini Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang

By Adam Rizal, Jumat, 31 Desember 2021 | 13:30 WIB

Ilustrasi Find My Device

Salah satu mimpi buruk pengguna adalah kehilangan HP kesayangannya karena di dalam perangkat itu tersimpan banyak data penting dan rahasia.

Apalagi HP merupakan kebutuhan primer masyarakat yang banyak sekali fungsinya seperti untuk berkomunikasi dan alat transaksi elektronik.

Tentunya, Anda wajib mengetahui cara melacak HP yang hilang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak HP yang hilang seperti yang akan dibahas di bawah ini.

Salah satunya, Anda bisa memanfaatkan sejumlah fitur yang disediakan di perangkat Android seperti mengaktifkan fitur Google Find My Device atau Temukan perangkat saya di Google.

Caranya, pertama buka opsi “Pengaturan.” Kemudian cari “Temukan perangkat saya.” Biasanya opsi tersebut ada di bagian Keamanan di Pengaturan seperti dikutip CNET.

Jika ponsel Anda adalah perangkat Samsung, Anda dapat menggunakan layanan “Temukan ponsel saya” dari Samsung. Pertama Anda buka “Pengaturan.” Lalu pilih opsi “Biometrik dan keamanan.” Selanjutnya pilih “Temukan ponsel saya.”

Setelah diaktifkan, Anda dapat menuju ke android.com/find dari komputer atau perangkat seluler lain untuk masuk ke akun Anda. Pengguna Samsung dapat mengunjungi findmymobile.samsung.com untuk menemukan ponsel yang hilang.

Jika Anda mengalami masalah dalam mengatur semua ini, pastikan Anda membaca panduan lengkap untuk menemukan ponsel Android yang hilang.

Dengan asumsi ponsel yang masih aktif dan daring, Anda seharusnya dapat melihat lokasinya di peta.

Anda dapat membuat ponsel berdering, menguncinya, atau mengatur catatan layar kunci untuk memberi tahu siapa pun yang memilikinya cara mengembalikannya kepada Anda. Skenario terburuk adalah menghapus semuanya dari jarak jauh.