Tak Banyak yang Tahu! Kekayaan Tembus Rp114 Miliar, Sosok Koruptor Kelas Kakap yang Punya Sel Mewah Ini Dulu Cuma Pedagang Beras hingga Tukang Cuci Mobil

Kamis, 23 Desember 2021 | 09:24
Kolase Tribunnewsmaker

Makan uang rakyat ternyata begini kehidupan masa lalu Setya Novanto.

GridHITS.id - Selama ini orang hanya mengenal sosoknya yang super tajir meski menjadi seorang koruptor, terungkap siapa sosok Setya Novanto sesungguhnya.

Punya sepak terjang di dunia politik sebagai Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto dulunya seorang pedangan beras.

Tak cuma sempat menjadi pedagang beras, Setya Novanto yang pernah menjajal peruntungan sebagai model juga sempat jadi tukang bersih bersih mobil.

Nama Setya Novanto ramai jadi bahan omongan sejek dirinya dikabarkan bebas plesiran di luar sel penjara.

Bahkan dugaan aksi tak biasa Setya Novanto ini beredar luas di media sosial.

Seperti dimuat Suar.id, Setya Novanto rupanya bukan kali pertama berada di luar sel tahanan.

Terpidana kasus korupsi e-KTP tersebut diketahui berada di luar lapas setelah foto pria yang diduga dirinya tengah pelesiran di Kabupaten Bandung Barat beredar.

Sosok yang diduga kuat Setya Novanto itu terlihat mengenakan topi hingga masker berada di Bandung dengan seorang wanita.

Baca Juga: Kini Jatuh Tertimpa Tangga, Isu Skandal Jennifer Dunn dan Koruptor Wawan Dikuliti Hotman Paris, 'Jadi Ikon'

Buntut panjang beredarnya foto-foto tersebut, Setya Novanto pun langsung dibawa keluar Lapas Sukamiskin pada pukul 22.30 WIB, Jumat (14/6/2019), untuk dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur di Kabupaten Bogor.

"Pemindahan murni karena kejadian hari ini. Itu yang mendasari keputusan saya malam ini," ujarnya di Lapas Sukamiskin Bandung, Jalan AH Nasution, Jumat (14/6/2019).

Kini jadi tahanan karena korupsi yang dilakukan, Setya Novanto rupanya juga memiliki perjalanan karier yang menarik.

Novanto lahir pada 12 November 1955 di Bandung, Jawa Barat, dari pasangan Sewondo Mangunratsongko dan Julia Maria Sulastri.

Terlahir dari keluarga sederhana, saat menjalani kuliah di Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya, Novanto memiliki banyak pekerjaan.

Memiliki modal uang Rp82.500, Novanto nekat mengawali pekerjaannya menjual beras, namun pekerjaan ini tak bisa bertahan lama.

Punya kemampuan marketing, Novanto lantas menekuni profesi sebagai salesman Suzuki untuk wilayah Indonesia bagian timur.

Dari situ lah Setya Novanto lantas memiliki karier sebagai Kepala Penjualan Mobil untuk wilayah Indonesia bagian timur.

Baca Juga: Kenalkan ini Koruptor Terkaya di Dunia, Polisi Sampai Syok Saat Bongkar Ruangan Rahasia di Rumahnya karena Ada Belasan Ton Emas dan Uang Setengah Triliun

Setya Novanto bahkan juga sempat menjadi seorang sopir dari keluarga politikus, Hayono Isman, teman sekelas Novanto di SMA Negeri 9 Jakarta.

Dulu hidup susah, kini Setya Novanto bahkan disebut-sebut punya kekayaan fantastis mencapai Rp 114 miliar, dari hasil laporan KPK.

Berikut sederet fakta menarik perihal karier Setya Novanto:

- Pertemuan Setya Novanto dengan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu menjadi awal mula persinggungan Setya dengan dunia politik

- Novanto sempat berjualan beras dan madu dengan modal Rp82.500. Dia memulai dengan kulakan tiga kuintal beras hingga bisa berjualan beras sampai dua truk yang langsung diambil dari pusatnya di Lamongan, Jawa Timur

- Novanto mendirikan CV Mandar Teguh bersama putra Direktur Bank BRI Surabaya, Hartawan

- Berkat keahlian dalam bidang marketing, pada usia 22 tahun tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Widya Mandala Surabaya yang menjadi Kepala Penjualan Mobil untuk wilayah Indonesia Bagian Timur

Baca Juga: Bersuamikan Koruptor dan Diburu KPK, Intip Gaya Hidup Sang Istri yang Berprofesi Sebagai PNS dan Punya Jabatan Wah di Pemerintahan

- Menjadi model pada tahun 1975

- Setya bekerja untuk PT Aninda Cipta Perdana milik Hayono Isman yang bergerak sebagai perusahaan penyalur pupuk PT Petrokimia Gresik untuk wilayah Surabaya dan Nusa Tenggara Timur

- Selama kuliah ia tinggal di rumah teman dan atasannya, Hayono, di Menteng, Jakarta dan tetap bekerja di PT Aninda Cipta Perdana

Selain menjadi staf, ia juga mengurus kebun, menyapu, mengepel, hingga menyuci mobil dan menjadi sopir pribadi keluarga Hayono.

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Suar.id

Baca Lainnya