'Haram Hukumnya!', Pemuka Agama Ikut Turun Gunung Tentang Pemindahan Makam Vanessa Angel yang Ngotot Dilakukan Doddy Sudrajat, Crazy Rich Malang Shandy Gilang Bak Antisipasi Langsung Rapihkan Makam Orang Tua Gala Sky

Kamis, 09 Desember 2021 | 05:45
Instagram/@zackymirza_/@shandypurnamasari/

Kolase foto makam Vanessa Angel, Ustadz Zacky Mirza dan Doddy Sudrajat.

GridHITS.id - Baru-baru ini terdengar kabar bila makam mendiang Vanessa Angel akan dipindahkan sang ayah, Doddy Sudrajat.

Pemindahan tersebut dilakukan disebut-sebut karena amanat dari mendiang ibunda Gala Sky yang ingin satu liang dengan mendiang ibunya.

Dilansir via akun gosip Instagram @makrumpita.official Doddy Sudrajat menyatakan pihaknya akan tetap melanjutkan walaupun banyak pihak yang tak setuju.

Instagram/@makrumpita.official.
Instagram/@makrumpita.official.

Doddy Sudrajat pastikan pemindahan makam Vanessa Angel.

"Udah fix (pasti) keluarga besar sudah siap," ujar Doddy Sudrajat.

Mengenai huru-hara tersebut, Ustadz Zaky Mirza ikut mengomentari hal tersebut dari perspektif agama.

Melalui tayangan YouTube Cumicumi, ia menjelaskan makam seseorang yang telah meninggal dunia haram hukumnya untuk dipindahkan.

Namun bisa dilakukan bila ada alasan-alasan yang sangat mendesak seperti penempatan makam yang tidak sesuai.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Bak Tak Tahu Terima Kasih, Ternyata Sosok Ini yang Membuat Vanessa Angel Masih Baik dan Mengakuinya Sebagai Ayah: 'Syukur Kamu Punya Papa Kayak Gitu'

"Misalnya makam berada di pinggir sungai atau dekat pembuangan sampah, dikhawatirkan air bisa merembes ke makam, itu baru boleh," ujarnya.

Bukan hanya dirinya, bahkan disepakati oleh banyak ulama haram hukum untuk memindahkan makam tanpa alasan.

Adapun bila dipindahkan ada syarat-syarat yang harus dipastikan oleh keluarga.

"Syarat tersebut yakni tidak bolehnya merusak jenazah terlebih membuat tulang salah satunya patah," tambahnya lagi.

"Ketika membuat salah satu tulang patah ketika dipindahkan itu sama saja seperti mematahkan tulang ketika mendiang masih hidup," kata Ustadz Zaki Mirza.

Ia menambahkan bahwa dalam agama Islam jenazah yang sudah dikubur lalu dibongkar kembali dikhawatir kan ada aib dalam tubuhnya tak sengaja terbuka.

Dengan demikian, Islam mengajarkan agar terus menjaga kemashlahatan umatnya bukan hanya saat hidup tapi sampai meninggal dunia.

Bak antisipasi pemindahan, keluarga H Faisah dibantu dengan crazy rich malang Shandy Purnamasari dan Gilang Widya ikut merapikan makam mendiang.

Hal tersebut diketahui melalui unggahan update adik-adik mendiang Bibi Ardiansyah.

Salah satunya Fuji Utami yang berterima kasih pada Shandy dan Gilang telah membantu keluarganya.

Baca Juga: Bak Geram Sudah di Ubun-ubun! Emosi Nikita Mirzani Tak Lagi Bisa Dibendung sampai Ikut Komentari Perubahan Nama Gala Sky: 'Belajar di Mana Elo Dod?'

Terlihat dari unggahan di Instagramnya @fuji_an, makam mediang kakak-kakaknya tersebut telah diberi pembatas wilayah.

Kini makam tersebut terlihat lebih rapih dan tertata dibanding sebelumnya.

"Dan terima kasih juga ke mba @shandypurnamasari dan mas @juragan_99 yang udah bantu beresin makam," tulis Fuji dalam keterangan foto.

Menanggapi hal tersebut, Shandy Purnamasari membagikan ulang postingan Fuji dengan tambahan "Miss you Vanesh Bibi" dalam unggahannya.

Baca Juga: Bak Haus Hujatan, Doddy Sudrajat Kembali Posting Sindiran Senggol Pihak Keluarga Bibi Ardiansyah hingga Viral Perbedaan Buku Yasin Jelang 40 Harian Vanessa Angel, Warganet: 'Istigfar Pak!'

Editor : Averus Al Kautsar

Sumber : Instagram, YouTube

Baca Lainnya