Jarang Diketahui Publik, Tusuk Konde Milik Ratu Keluarga Cendana Ini Disebut Wingit Hingga Bikin Seorang Pilot Kena Tampar Gegara Pegang Sembarangan

Sabtu, 04 Desember 2021 | 16:31
Kolase Tribun Jabar/Tribunnews/Kompas.com

Jarang Diketahui Publik, Tusuk Konde Milik Ratu Keluarga Cendana Ini Disebut Wingit Hingga Bikin Seorang Pilot Kena Tampar Gegara Pegang Sembarangan

Sosok.ID - Nama Ibu Tien Soeharto memang cukup dikenal di seantero Indonesia lantaran kiprah suaminya yang sangat fenomenal.

Sosok wanita dengan nama asli Fatimah Siti Hartinah tersebut adalah istri dari Presiden terlama Indonesia, Soeharto.

Istri dari Presiden kedua RI tersebut bukanlah sosok sembarangan di samping sang suami adalah orang nomor satu di Indonesia.

Ia menjadi salah satu sosok terpenting dalam kiprah Soeharto selama mejabat sebagai Presiden Indonesia.

Baca Juga: Soeharto Gelontorkan Uang Demi Patung Kristus untuk Rakyat Timor Leste, Bumi Lorosae Justru Tak Senang Lihat Arahnya yang Miring ke Indonesia

Namun siapa sangka ada kisah cukup menarik dalam kehidupan Tien Soeharto yang jarang diketahui publik.

Sosok yang dikenal anggun dan sangat memegang teguh budaya Jawa tersebut masih melekat dalam benak masyarakat Indonesia.

Tak sedikit pula yang meyakini bahwa kewibawaan Soeharto saat menjadi Presiden adalah andil bagian dari Tien Soeharto.

Hal itupun dikait-kaitkan dengan latar belakang Tien Soeharto yang masih merupakan keturunan Raja-raja Jawa tepatnya adalah keluarga besar Keraton Kasunanan Surakarta.

Baca Juga: Bangunan Megah yang Dibuat Tahun 1918 di Solo Ini Ternyata Rumah Mendiang Soeharto, Lama Tak Ditinggali, Penjaga Ungkap Sederet Hal Mistis Terjadi!

Bahkan ada yang mempercayai bahwa pamor kewibawaan Soeharto turun drastis usai Tien Soeharto meninggal dunia pada tahun 1996 silam.

Melansir dari Intisari-online, ada sebuah kisah yang pernah dibeberkan seorang pilot dari TNI AU mengenai pamor kehebatan Tien Soeharto.

Sosok penerbang helikopter TNI AU yang enggan disebutkan namanya tersebut pernah memiliki pengalaman cukup membekas mengenai Tien Soeharto.

Hal itu berkaitan dengan salah satu benda yang diyakini sangat wingit milik Tien Soerharto.

Baca Juga: Kejar Pengacara Anak-anak Soeharto, Mahfud MD Terkejut Saat Ada yang Ungkap Tak Punya Utang Pada Negara: Kita Tempuh Jalur Hukum!

Benda tersebut tak lain adalah tusuk konde istri Soeharto tersebut.

Menurut penuturan sosok yang terakhir berpangkat jenderal bintang tiga (Marsekal Masdya) itu ia memiliki pengalaman cukup mengejutkan saat masih berpangkat Mayor.

Kala itu dirinya kerap menerbangkan heli Puma VVIP yang suatu ketika ditumpangi oleh Tien Soeharto dan para pengawalnya.

Sebagai pilot heli yang memiliki kemampuan istimewa dan sering mengangkut para penumpang VVIP seperti Presiden dan keluarganya, pilot heli berpangkat Mayor itu juga berusaha menunjukkan loyalitas yang tinggi.

Baca Juga: Cucu Mantan Presiden Soeharto Pernah Terlilit Utang Rp 2 T

Sebelum seluruh penumpang VVIP masuk ke kabin heli, pilot dan kopilot heli mendampingi dulu para penumpang serta baru siap menerbangkannya heli setelah penumpang dalam kondisi on board.

Ketika sedang mendampingi Bu Tien yang akan masuk heli itulah, tusuk konde yang dikenakan Bu Tien tersenggol pintu dan jatuh.

Dengan sigap sebagai tentara, pilot tersebut bermaksud langsung mengambilkan tusuk konde yang jatuh.

Namun ternyata sebelum bisa meraih tusuk konde milik Tien Soeharto, pilot tersebut malah kena tampar pengawal istri Presiden kedua RI.

Baca Juga: Warisi Aura Sampai Bisa Memikan Anak Presiden Soeharto, Ternyata Orang Tua Mayangsari Bukan Sembarangan, Sang Ibu Punya Julukan Nyi Woro Cengkir Gading!

Selain itu ia juga kena semprot sang pengawal.

Dirinya pun sangat terkejut dengan apa yang dialaminya tersebut hingga Paspampres terlihat marah padanya.

Pilot heli itu baru menyadari jika untuk mengambil tusuk konde Bu Tien perlu ‘’ritual’’ tertentu dan tidak boleh dipungut begitu saja.

Pasalnya personel Paspampres yang mengambilnya, terlebih dahulu menyembah tusuk konde itu sambil komat-kamit, kemudian dengan takzim menyerahkannya kepada Ibu Tien.

(*)

Baca Juga: Dikabarkan Meninggal Dunia, Sosok Harmoko Pernah Jadi Sorotan Saat Jabat Menteri Penerangan Era Soeharto di Luar Kalangan Militer, Ternyata Sepak Terjangnya Tak Main-main!

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : intisari-online.com

Baca Lainnya