Find Us On Social Media :

Jarang Dianggap Tanda Kesehatan yang Penting, Mulai Sekarang Perhatikan Seberapa Sering Anda ke Toilet Buang Air Besar, Bisa Kuak Masalah Pencernaan yang Selama Ini Tidak Anda Duga

By May N, Jumat, 12 November 2021 | 19:57 WIB

(Ilustrasi) Sulit Buang Air Besar

Intisari - Online.com - Buang air besar adalah urusan sensitif yang melibatkan masalah lain meliputi diare, konstipasi serta masalah pencernaan lain.

Jika Anda terlalu sering atau terlalu jarang buang air besar maka hal tersebut bisa menjadi masalah dan membuat Anda menderita.

Buang air besar sendiri adalah pemberhentian terakhir sisa-sisa saripati makanan yang tidak bisa terserap oleh tubuh, dan mengandung banyak sisa makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh serta bakteri, termasuk bakteri yang membantu pencernaan.

Lantas, berapa sering Anda harus buang air besar?

Baca Juga: Mulai Sekarang Jangan Lagi Sepelekan Hal Kecil Ini, Sering Buang Air Kecil Tiap Malam Menjelang Tidur, Ternyata Bisa Jadi Petanda 5 Penyakit Berbahaya Ini

Mengutip thehealthy.com, jelas-jelas apa yang kamu makan dan minum berdampak kepada kapan dan apa yang dikeluarkan saluran pencernaan Anda, tapi apakah ada angka khusus berapa banyak Anda buang air besar?

"Skenario yang sempurna adalah ketika Anda bangun, Anda buang air besar dan Anda menuntaskannya hari itu, dan kemudian hal yang sama terjadi hari berikutnya dan hari berikutnya," ujar Mark Pimentel, MD, ahli saluran pencernaan di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles.

Namun ternyata perhitungannya bukanlah setiap hari harus BAB satu kali seperti itu.

"Buku panduan mengatakan jika jangkauan BAB yang normal adalah 3 kali BAB sehari atau sekali dalam tiga hari," ujar Dr. Pimentel.

Baca Juga: Mulai Sekarang Perhatikan Tanda Ini Saat Kencing, Rupanya 4 Tanda Saat Kencing Ini Bisa Menujukkan Penyakit Berbahaya, Semoga Anda Tak Mengalaminya!