Heboh Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Ternyata Ini Dia Alasannya!

Rabu, 03 November 2021 | 13:25
IG @wearemeta

Alasan Facebook ganti nama jadi Meta

GridHITS.id -Bikin heboh seantero bumi, ini alasan Facebook ganti nama jadi Meta.

Nama Facebook tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Facebook diketahui merupakan salah satu media sosial terbesar yang ada di dunia.

Beberapa waktu lalu heboh, induk perusahaan yang menaungin Facebook, Facebook Inc baru saja berganti nama.

Hal tersebut diumumkan secara langsung oleh CEO Facebook Inc sendiri, Mark Zuckerberg.

Pengumuman tersebut diungkapkan oleh Zuckerberg pada acara konferensi tahunan Connect, pada Kamis (28/10/2021) lalu.

Perusahaan yang sebelumnya bernama Facebook Inc ini akhirnya berubah nama menjadi Meta.

Kejadian ini sangatlah menghebohkan dunia.

Akhirnya, banyak orang yang penasaran dengan alasan dibalik pergantian nama tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, Mark Zuckerberg mengungkapkan 3 alasan yang mendasari pergantian nama induk perusahaan Whatsapp, Facebook, dan Instagram itu.

Baca Juga: Cara Download Video Facebook 2021 Tanpa Aplikasi, Semudah Ini!

1. Sesuai dengan Visi Masa Depan

Alasan yang pertama Facebook ganti nama jadi Meta adalah Facebook Inc ingin melakukan rebranding dengan nama yang sejalan dengan visi masa depan Facebook.

Perusahaan Facebook diketahui tengah mengembangkan visi masa depan yang diberi nama metaverse.

Meski belum ada definisi pasti tentang metaverse, istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan dunia virtual baru tempat orang dapat bermain game, bekerja, dan berkomunikasi dengan orang lainnya dalam lingkungan virtual, biasanya dengan mengandalkan headset Virtual Reality (VR).

"Jadi kami ingin memiliki identitas merek baru yang selaras dengan visi masa depan yang sedang kami upayakan," kata Zuck.

Menurut Zuckerberg, metaverse akan menjadi platform masa depan dan sekaligus memberikan pengalaman sosial.

Sebagai langkah awal, Facebook juga sudah mengumumkan rencananya untuk menciptakan 10.000 pekerjaan baru di Uni Eropa selama lima tahun ke depan untuk membangun metaverse.

2. Ubah Citra Media Sosial di Facebook Inc

Facebook Inc merupakan perusahaan raksasa yang membawahi media-media sosial populer di dunia, seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Baca Juga: Ternyata Mudah, Inilah Cara Memulihkan Akun Facebook Melalui Teman

Hal itu, menurut Zuckerberg, menjadikan Facebook Inc terlalu identik dengan image media sosial.

Padahal, kata dia, Facebook Inc ingin dikembangkan lebih dari sekadar perusahaan yang berbasis social network semata.

"Bagi kami, (perusahaan) ini bukan hanya tentang media sosial, dan kami semakin bergerak lebih dari itu. (Menggunakan nama Facebook Inc) rasanya seperti brand perusahaan terikat dengan ide media sosial dan salah satu produk spesifik (Facebook) yang kami bangun di sana," kata Zuckerberg.

Tak hanya itu, lini usaha yang juga bernaung di bawah Facebook juga brand media sosial lain seperti WhatsApp dan Instagram.

Sehingga, menurut Zuck, nama Facebook Inc. saat ini juga tak lagi cukup merepresentasikan visi perusahaan.

"Jadi kami ingin mengubahnya untuk memiliki sesuatu yang lebih menggugah dari visi yang kami tuju," kata Zuckerberg.

3. Menghindari Kebingungan

Alasan ketiga mengapa Facebook ganti nama jadi Meta adalah menghindari kebingungan.

Zuck mengatakan, digantinya nama Facebook Inc menjadi “Meta” adalah untuk menghindari kebingungan antara Facebook Inc sebagai perusahaan induk dengan produk media sosial di bawahnya, yakni Facebook.

"Secara lebih fungsional dan teknis, saya pikir ada banyak kebingungan dan kecanggungan tentang brand perusahaan induk yang juga merupakan brand salah satu aplikasi media sosial," kata Zuck.

Baca Juga: Cara Memulihkan Akun Facebook Melalui Teman, Coba Sekarang Juga!

Zuck lalu mencontohkan apa yang terjadi pada pengguna headset Oculus Quest VR.

Dijelaskannya, bahwa sejak 2020, pengguna headset Oculus Quest VR perlu login menggunakan akun Facebook mereka.

"Karena kami ingin memiliki satu identitas atau sistem akun untuk perusahaan," imbuh dia.

Namun, kata Zuck, login menggunakan akun Facebook di produk Quest seperti saat ini bisa menimbulkan kebingungan.

"Apakah Quest saya akan menjadi terikat dengan akun media sosial Facebook saya? Apakah saat akun Facebook yang digunakan untuk login Quest dinonaktifkan, perangkat Oculus Quest saya akan rusak? Apakah dengan login menggunakan akun Facebook itu berarti data saya entah bagaimana akan dibagikan?" tutur Zuck.

Maka dari itu, ke depannya adalah pengguna akan memiliki akun Facebook sendiri, akun Instagram sendiri, dan akun perusahaan sendiri.

Sayangnya, Zuck belum merinci akun perusahaan seperti apa yang ia maksud.

Apakah pengguna nantinya bakal bisa membuat akun dengan embel-embel "Meta" sebagai nama baru Facebook Inc atau bagaimana, masih belum jelas hingga kini.

"Jadi dengan begitu, jika Anda tidak ingin menggunakan Facebook, Anda tidak perlu melakukannya. Satu analogi yang menarik di sini adalah saya pikir kita pada dasarnya bergerak dari perusahaan yang mengutamakan Facebook, menjadi mengutamakan metaverse," terang Zuck.

Itulah dia alasan mengapa Facebook ganti nama jadi Meta.

Baca Juga: Tak Perlu Panik, ini Cara Memperbaiki Facebook yang Kena Spam

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Alasan Facebook Ganti Nama Jadi Meta"

Tag

Editor : Averus Al Kautsar

Sumber Kompas.com