Kabar Buruk! Pulang dari Rumah Sakit Usai Kena Stroke hingga Pingsan, Tukul Arwana Sampai Sekarang Belum Bisa Bicara hingga Dokter Deteksi Dua Penyakit Lain yang Tak Kalah Berbahaya Diidap Komedian ini

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:00
Kolase foto instagram@tukul.arwanaofficial

Begini kondisi Tukul Arwana usai dibolehkan pulang

GridHITS.id - Saat ini, komedian terkenal Tukul Arwana sudah pulang ke rumah dari rumah sakit.

Sahabat Meggy Diaz diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) Sabtu, 16 Oktober 2021 setelah 24 hari dirawat.

Momen Tukul Arwana keluar dari rumah sakit juga bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-58.

Sayangnya, meski sudah pulang, kondisinya tidak bisa langsung pulih.

Sampai saat ini, ia masih menjalani fisioterapi agar semua anggota tubuh dan kemampuannya normal kembali.

Komedian yang terkenal dengan slogan 'Kembali ke Laptop ini'masih belum bicara normal dan terpaksa menggunakan bahasa isyarat untuk komunikasi.

Sayangnya, dokter juga menekankan agar dia melakoni pantangan ketat dari dokter mengingat komedian 58 tahun itu juga memiliki penyakit lain.

Baca Juga:Bak Hilang Ditelan Bumi Usai Grup Musiknya Sepi Job, Kabar Buruk Justru Mendadak Dibagikan oleh Badai Eks Kerispatih: 'Disarankan Segera Rawat Inap'

Rizky Kimon menjelaskan komunikasi Tukul Arwana saat ini masih menggunakan bahasa isyarat.

"Untuk komunikasi masih belum lancar, cuma masih bergumam," kata Rizky Kimon dikutip dari YouTube Star Story, Selasa, (19/10/2021).

"Tapi sudah melakukan isyarat-isyarat paling, 'Mas gimana', (jempol)" tambahnya.

Sedangkan untuk duduk, Tukul Arwana perlahan sudah bisa melakukannya meski harus tetap dibantu saat berdiri dan berjalan.

"Kalau duduk sudah bisa, berdiri masih dibantu sama perawat," kata Rizky Kimon.

Untuk memulihkan kondisi seperti sedia kala, Rizky Kimon mengatakan, Tukul harus menjalani fisioterapi.

"Atas saran dokter, beliau menjalani fisioterapi tiga kali sehari agar penyembuhannya lebih cepat," ujarnya menambahkan.

Selain itu Rizky Kimon juga membeberkan pantangan-pantangan yang harus dihindari Tukul Arwana.

Terutama makanan-makanan yang bisa mempengaruhi kondisi Tukul Arwana.

Baca Juga:Baim Wong Cuma Bisa Tutup Muka Sekarang! Terungkap Profesi Mulia Kakek Suhud Arief yang Ternyata Bukan Pengemis, Auto Banjir Doa dari Warganet: 'Astagfirullah Sakit Banget Liatnya'

Rizky Kimon menyebut Tukul Arwana tidak hanya mengidap pendarahan otak, namun juga hipertensi dan stroke.

"Pantangan pasti, dengan kondisi sakit hipertensi, stroke, disertai pendarahan otak pasti ada menu-menu diet yang disarankan dari rumah sakit," ucap Rizky Kimon.

Diktutip dari TribunStyle.com 'Belum Bisa Bicara, Tukul Arwana Masih Gunakan Bahasa Isyarat,Manajer Beber Pantangan dari Dokter'.

Oleh karena itu, pihak keluarga memberikan makanan sesuai menu yang diberikan rumah sakit pada Tukul Arwana.

"Sudah dikordinasikan sama perawatnya, jadi menu-menunya mungkin benar-benar menu dari rumah sakit yang kita hidangkan," tandasnya.

Berapa Lama Proses Penyembuhan Pendarahan Otak?

Terkait pendarahan otak, dr. Subrady Leo Soetjipto Soepodo, Sp.BS, Dokter Spesialis Bedah Saraf Primaya Hospital Pasar Kemis mengatakan, waktu atau durasi kesembuhan pasca pendarahan otak bervariasi, tergantung dari jumlah jaringan otak yang dapat diselamatkan.

Untuk menyelamatkan nyawa seseorang yang mengalami pendarahan otak, dokter harus mengontrol kembali tekanan darah dan menyelamatkan organ yang ada di dalam tubuh pasien.

“Kami harus memastikan pendarahan yang terjadi pada pasien dapat berhenti atau membeku, agar tidak terjadi pendarahan besar,” ujar dr. Subrady dikutip dari Kompas.com 'Berapa Lama Proses Penyembuhan Pendarahan Otak?'

Baca Juga:Bikin Geger Lantaran Masuk Rumah Sakit Usai Idap Penyakit Berbahaya, Dorce Gamalama Sempat Jadi Sopir Raffi Ahmad dalam Wasiat Mimpinya, Ungkap Ada Barang yang Dititipkan ke Sultan Andara: 'Aku Diminta Bawa Mobilnya'

Lebih lanjut Subrady mengatakan, proses penyembuhan pendarahan otak bersifat bertahap dan tahapan penyembuhan antar pasien biasanya berbeda-beda, tergantung dari organ tubuh yang mengalami gagal fungsi dan kondisi pasien.

Hal tersebut sama seperti proses terjadinya pendarahan otak yang tidak terjadi secara tiba-tiba, kecuali pada seseorang yang mengalami kecelakaan.

Proses terjadinya pendarahan otak juga bervariasi. Ada yang hitungan hari, bulan, atau tahun.

Ini tergantung gejala yang dirasakan dan apakah orang tersebut mengabaikannya atau tidak.

“Semakin cepat seseorang mengenali gejala, maka pendarahan pada otak akan semakin mudah diminimalisir.”

Baca Juga:Sahabat Tukul Arwana Akhirnya Ungkap Obat yang Sering Dikonsumsi Sang Komedian, Sudah Diperingatkan untuk Periksa ke Dokter Tapi Malah Ogah-ogahan: 'Digampangin Sakitnya'

Artikel ini telah tayang di SuryaMalang.com dengan judul Pantangan Ketat Tukul Arwana Setelah Operasi Pendarahan Otak, Ternyata Ada Penyakit Lain

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya