Siap-siap Rasakan Dinginnya Penjara! Humas Polda Metro Jaya Bongkar Fakta Mengejutkan terhadap Kasus Putri Nia Daniaty, Ada Unsur Pidana hingga Calon Tersangka Siap Ditetapkan

Rabu, 20 Oktober 2021 | 11:00

GridHITS.id - Kasus dugaan penipuanCPNS yang melibatkanputri penyanyi kawakanNia Daniatyterus bergulir dan masih menjadi bahan perbincangan.

Hingga sekarang, pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan putri sulung Nia Daniaty itu.

Kasus anakpenyanyi gelas-gelas kacayaitu Olivia Nathania terus berkembang.

Diberitakan GridHITS.id sebelumnya, putri Nia Daniaty inidiperiksa terkait dugaan kasus penipuan dengan modus tes CPNS.

Olivia Nathania sendiri diperiksa sebagai saksi terlapor oleh tim penyidik.

Konon tak hanya anak Nia Daniaty, Rafly juga dikabarkan ikut terseret dalam kasus ini.

Keduanyadiduga bekerjasama melakukan penggelapan uang senilai Rp9,7 miliar.

Kasus itu bermula saatOlivia Nathania atau yang akrab dipanggil Olly atau Oi,sudah lama dilaporkanke Polda Metro Jaya terkait dugaan kasus penipuan dan membawa uang miliaran rupiah dengan kedok penerimaan CPNS.

Baca Juga:Benarkah Nia Daniaty akan Jual Rumah Mewahnya Usai Putrinya Kibarkan Bendera Putih dan Siap Kembalikan Uang Korban Penipuan CPNS Sebesar Rp9,7 Miliar? Begini Tanggapan Oi dan Pengacara

Menurut pengacara para korban,Odie Hodiantomengatakan, anak sulung Nia Daniaty Olivia diduga telah menipu 225 orang.

"Total korban ada 225 orang," ungkap pengacara pihak korban, Odie Hodianto, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (24/9/2021) dikutip dari kanal Youtube Wartakota Production.

POLISI TEMUKAN UNSUR PIDANA DALAM KASUS PUTRI NIA DANIATY

Dilansir kanal Youtube Paragram Official pada (19/10), Ditemui para wartawan usai gelar perkara pada (19/10), Kabag Humas Polda Metro Jaya angkat bicara terkait kasus yang melibatkan putri Nia Daniaty.

Kepada para wartawan, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengaku, pihaknya mengantongi adanya unsur pidana dalam kasus tersebut.

"Ada unsur-unsur pidana di situ yang kita temukan," katanya di Jakarta Selatan, Selasa (19/10).

Polisi menaikkan kasus itu dari tahap penyelidikan ke penyidikan.

Gelar perkara sendiri dilakukan usai memeriksa Olivia pada Senin, 18 Oktober 2021.

"Kemarin sudah dilakukan pemeriksaan tambahan untuk saudari O (Olivia), kita lakukan gelar perkara, hasilnya adalah dari lidik naik ke penyidikan," ujar Yusri.

Baca Juga:Usai Blak-blakan Merasa Dikhianati hingga Lebih Pilih Pulang daripada Temani Istri di Kantor Polisi, Benarkah Rumah Tangga Rafly Tilaar dan Olivia Nathania di Ujung Tanduk? Berikut Jawaban Putri Nia Daniaty

Dalam kamus ilmu hukum, penyelidikan berarti tindakan awal dari sebuah kasus, polisi atau pihak berwenang melakukan penyelidikan apakah kasus itu mengandung unsur pidana atau tidak.

Sedangkan penyidikan adalah proses atau tahapan selanjutnya setelah penyelidikan.

Penyidikan dilakukan bila ditemukan unsur pidana berupa pelanggaran hukum atau kriminalitas.

Dalam penyidikan, polisi akan mengumpulkan alat bukti kemudian menetapkan tersangka.

MENPAN RB MINTA POLISI TEGAS

Menpan RB Tjahjo Kumolo Minta Polisi Tegas dan Mengusut Tuntas Kasus ini

Dilansir GridHITS.id dari kompas.com, Menpan RB marah dengan kasus dugaan penipuan CPNS ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meminta kepada Polda Metro Jaya untuk segera mengusut tuntas percaloan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang melibatkan Olivia Nathania.

instagram.com

olivia nathania dan rafly n tilaar

Foto : Olivia Nathania bersama suaminya Rafly Tilaar saat resepsi pernikahan

Baca Juga:Bak Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Sudah Tanggung Malu karena Putrinya Dituding Lakukan Penipuan hingga Rp9,7 Miliar, Kini Nia Daniaty Pusing Tujuh Keliling Sampai Harus Jual Barang Demi Bayar Ganti Rugi

Menurut dia, tindakan tegas kepada anak artis sekaligus penyanyi Nia Daniaty tersebut supaya ada efek jera, karena telah dengan sengaja mencatut nama Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Kami telah meminta Polda Metro Jaya agar mengusut tuntas calo CPNS, termasuk pihak-pihak yang terlibat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (19/10/2021).

Baca Juga:Jerit Tangis Guru Anak Nia Daniaty yang 16 Anggota Keluarganya Ditipu Mentah-mentah dengan Kedok Penerimaan CPNS, Dia Percaya Olivia Nathalia karena Kenal Dekat : 'Mana Ada Murid yang Mau Melukai Hati Gurunya'

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya