Cara Masak Mi Instan Sehat, Dijamin Anda Ketagihan dengan Rasanya!

Senin, 11 Oktober 2021 | 12:00
Pixabay/half_rain

Ilustrasi cara masak mi instan sehat

GridHITS.id - Begini cara masak mi instan sehat agar Anda tak khawatir untuk memakannya.

Seperti diketahui, beberapa dari kita pasti tak asing lagi dengan yang namanya mi instan.

Biasanya mi instan akan kita jadikan makanan cadangan ketika tak tahu ingin makan apa.

Bahkan tak sedikit juga yang mengandalkan mi instan saat keuangan sedang 'melarat'.

Terutama untuk kita yang tinggal sendiri atau merantau jauh dari orangtua.

Namun siapa sangka, ternyata ada bahaya makan mi instan setiap hari.

Akan tetapi itu semua bisa Anda siasati dengan beberapa cara yang mudah ini.

Sehingga mi instan pun bisa jadi sajian yang nikmat namun juga sehat.

Lalu bagaimana cara mengolahnya dengan baik?

Mengutip laman resmi Michigan State University (MSU) Extension, terdapat beberapa cara untuk mengolah mi instan guna menjadikannya sebagai makanan yang sehat.

Baca Juga: Sudah Banyak Mengambil Nyawa, Setop Makan Mi Instan Dengan 2 Bahan Favorit Ini, Lezat sih Tapi Efeknya Bisa Bikin Mati Muda Seisi Rumah

1. Buang bumbu tambahan

Mi instan datang dengan bumbu tambahan terpisah. Jika ingin lebih sehat, kamu tidak perlu menggunakan bumbu tersebut.

Sebagian besar bumbu tersebut memiliki tingkat natrium yang melebihi apa yang direkomendasikan dalam Dietary Guidelines for American 2015-2020.Sebagai gantinya, kamu bisa tambahkan beberapa bumbu yang tidak perlu dimasak terlebih dahulu seperti minyak wijen, pasta miso, kecap, saus ikan, pasta kari Thailand, atau bubuk kari Jepang.

Namun perlu diingat bahwa semangkuk mi instan dengan rasa yang terlalu banyak mungkin tidak membuat hidangan lebih nikmat. Lihat dahulu kandungan natrium dari bumbu yang kamu pilih.2. Tambahkan warna dari bahan makanan alami Semangkuk tepung murni tentu membosankan. Namun, kamu bisa buat mi instan lebih warna-warni tanpa harus mengandalkan sayuran kering yang terdapat dalam kemasan mi.Kamu bisa manfaatkan sayuran segar seperti bok choy, atau yang juga dikenal dengan nama sawi sendok.

Baca Juga: Ingin Makanan Nikmat Malah Dijemput Malaikat, 7 Orang Ini Temui Ajal Usai Konsumsi Mi Instan yang Lama Disimpan, Ahli Ungkap Sebabnya

Selain itu, bisa juga dengan selada dan wortel. Sayuran dapat memberimu nutrisi yang penting seperti kalium, serat pangan, folat, vitamin A, dan vitamin C.

Sementara itu, Spoon University merekomendasikanmu untuk menambahkan brokoli segar untuk meningkatkan vitamin C dan serat sehat.

Sayuran yang kamu tambahkan bisa dalam keadaan sudah direbus atau dimasak terlebih dahulu sembari kamu menunggu mi instan matang.3. Masukan protein kesukaanmu Agar mi instanmu lebih sehat, kamu bisa tambahkan protein pilihanmu. Misalnya, kamu bisa menambahkan telur di kuah mi.

Selain itu, kamu juga bisa gunakan telur rebus yang dibelah menjadi dua, telur apung (poached egg), atau telur goreng.

Apabila kamu tidak terlalu suka telur, kamu bisa tambahkan irisan daging tanpa lemak.Daging akan lebih terasa jika kamu menumisnya (saute) dengan cepat menggunakan garam dan lada atau kecap sebelum kamu tambahkan ke mi instan.

Baca Juga: Menyesal Baru Tahu Sekarang, karena Senang Begadang dan Makan Mi Instan, Pria ini Divonis Kena 16 Penyakit Sekaligus hingga Alami Muntah Darah

4. Oseng mi instan dengan bahan makanan yang sehat Jika kamu tidak ingin menikmati semangkuk mi instan berkuah, kamu bisa mengosengnya setelah mi instan direbus dan dikeringkan.

Siapkan wajan panas yang telah dibaluri minyak sayur. Kemudian, masukkan potongan sayuran dan potongan daging atau tahu.Osenglah bahan-bahan makanan tersebut bersama dengan mi instan. Kamu juga bisa tambahkan garam dan lada, kecap, atau bubuk cabai.5. Tambahkan bahan makanan ramah probiotikMenurut Healthline, cara lain untuk membuat mi instan lebih sehat adalah dengan menambahkan kimchi. Kimchi adalah makanan asal Korea yakni sawi atau sayuran lain yang telah difermentasi.Proses fermentasi tersebut apat membantu memberi makan bakteri dalam ususmu agar pencernaan lebih baik.

Biasanya, kimchi terbuat dari kol yang mengandum vitamin C dan karoten yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Anda Pasti Menyesal Jika Masih Masak Mi Instan Saat Airnya Mendidih, Seharusnya Ini yang Dilakukan Agar Tak Membahayakan Kesehatan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 5 Cara Membuat Mi Instan Lebih Sehat dan Tetap Lezat

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya