Catat 7 Obat Insomnia Alami Ini, Dijamin Bekerja dalam Hitungan Menit!

Minggu, 10 Oktober 2021 | 16:30
Freepik/jcomp

Ilustrasi obat insomnia alami

GridHITS.id - Inilah berbagai obat insomnia alami yang bisa Anda coba di rumah.

Seperti diketahui, insomnia tentunya membuat kualitas tidur kita menjadi sangat buruk.

Pasalnya, jam tidur yang buruk juga akan memengaruhi pikiran dan suasana hati kita setelah bangun.

Maka dari itu penting untuk kita memiliki jam serta kualitas tidur yang baik.

Namun tak dapat dipungkiri juga, banyak orang yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia.

Biasanya jika insomnia kambuh, seseorang ada yang bisa tak tidur sampai pagi hari.

Bayangkan saja bagaimana rasanya tidak tidur namun harus tetap beraktivitas esok harinya.

Tentu saja itu menjadi hal yang sangat mengganggu efektivitas kita selama menjalani hari.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah jam tidur tersebut?

Ternyata kita bisa coba untuk rutin coba obat alami ini untuk mengatasi insomnia.

Baca Juga: Ramuan Obat Gatal yang Bisa Diminum, Cukup dengan Kulit Pisang

Melansir dari TribunJakarta, inilah berbagai obat insomnia alami.1. Essential oilBanyak orang yang sudah tahu bahwa essential oil bisa digunakan untuk berbagai keperluan.Essential oil lavender bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga tubuh kita lebih siap untuk tidur.Anda bisa menyemprotkan atau meneteskannya pada permukaan bantal dan seprai sebelum pergi tidur.Anda bisa menghirup wanginya agar mampu tidur nyenyak.2. Konsumsi kiwi kaya melatoninMelatonin membantu kita tertidur.Menurut Jain, mengonsumsi makanan yang kaya melatonin memungkinkan tubuh untuk tidur lebih nyenyak.Cobalah buah yang kaya melatonin seperti kiwi.Riset menemukan mereka yang makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur selama empat minggu menunjukkan peningkatan efisiensi, kualitas dan kuantitas tidur.

3. Minum jus ceri tart

Baca Juga: Ramuan Penurun Darah Tinggi dr Zaidul Akbar, Coba Sebelum Terlambat!

Riset 2018 menemukan mereka yang minum satu cangkir jus ceri tart dua kali sehari selama dua minggu, mengalami peningkatan waktu tidur sebanyak 84 menit.Cara lain adalah mengonsumsi segelas susu hangat sekitar satu jam sebelum waktu tidur untuk mengundang kantuk.4. Minum teh chamomileSangat aman dan enak, chamomile sering disebut obat insomnia alami, dan keefektifannya sebagai obat tradisional untuk insomnia telah terbukti dari waktu ke waktu.Salah satu alasannya adalah kandungan Apigenin, antioksidan yang dapat mengurangi kecemasan dan membantu kamu untuk hanyut lebih cepat.Begitu matamu tertutup, komponen-komponen chamomile lainnya bekerja untuk memastikan kamu tetap beristirahat sepanjang malam.5. LavenderSelain memberikan banyak manfaat seperti vitamin A, kalsium, dan zat besi, lavender sering digunakan untuk mengurangi kecemasan, kelelahan, dan kegelisahan.Tentu saja, itu juga bekerja sangat baik sebagai obat insomnia alami, membantu menurunkan denyut jantung dan laju pernapasan sehingga kamu mencapai kondisi tidur optimal lebih cepat dari biasanya.

Baca Juga: Berikut Manfaat Ramuan Cinta by Muti, Jangan Sampai Tidak Coba!

Lavender bisa kamu gunakan dalam mandimu, bisa sebagai minyak dan bahkan bisa ditambahkan ke dalam makanan atau dibuat menjadi teh.6. Ngemil almond dan pisangKalau kamu bukan penggemar minuman seperti teh dan susu, mungkin cara ini cocok untukmu.Almond dan pisang mengandung banyak triptofan yang memengaruhi tidur serta magnesium.Kekurangan magnesium bisa menyebabkan masalah tidur, seperti halnya kalsium, yang dapat ditemukan pada almond dan juga susu.Pisang juga merupakan sumber potassium, yang terbukti sangat bermanfaat untuk relaksasi otot.7. Makan malam lebih awalKondisi seperti koma makanan juga menentukan kualitas tidur.Koma makanan ini merupakan kondisi tidur atau kelesuan ekstrem yang disebabkan konsumsi makanan dalam jumlah besar, dan membuat kita sering terbangun di tengah malam."Cobalah untuk makan malam 3-4 jam sebelum tidur," kata Attarian.Menurutnya, jika kita perut kita terisi banyak makanan saat tidur, terutama makanan yang penuh lemak, bisa menyebabkan refluks atau naiknya asam lambung yang menganggu tidur.

Nah itu dia 7 obat insomnia alami yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Ramuan Cinta dr Zaidul Akbar, Sudah Banyak yang Berhasil Hamil!

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.id dengan judul Cara Alami Mengatasi Insomnia Alias Susah Tidur, Coba 7 Obat Tradisional Ala Rumahan Ini

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya