Find Us On Social Media :

Patung Perintis Kompas Gramedia Jakob Oetama Dilapisi dengan Perunggu, Ini Cerita Sang Pemahat Azmir Azhari

By Anggita Nasution, Senin, 27 September 2021 | 15:13 WIB

Sri Mariani Ojong, Lilik Oetama, pematung Azmir Azhari, dan Irwan Oetama (kiri ke kanan), saat peresmian patung perintis KG di Bentara Budaya Jakarta, Senin (27/9/2021).

Laporan Wartawan Grid.ID, Anggita Nasution

Grid.ID - Peresmian patung perintis Kompas Gramedia (KG) digelar di Bentara Budaya, Palmerah, Jakarta Pusat pada Senin (27/9/2021).

Hari yang istimewa itu dihadiri oleh jajaran Kompas Gramedia dan perwakilan dari masing-masing keluarga dari Jakob Oetama dan P.K Ojong.

Ada pula yang ikut menyaksikan peresmian patung perintis KG secara online yang dihadiri oleh Jusuf Kalla.

Patung perintis KG, Jakob Oetama dan P.K Ojong diresmikan usai anak dari Jakob Oetama, Lilik Oetama dan anak dari P.K Ojong, Sri Mariani Ojong memukul gong sebanyak tiga kali.

Setelah patung perintis KG diresmikan, Azmir Azhari selaku pembuat patung tersebut menjelaskan filosofi di balik karya seninya itu.

Azmir Azhari mengatakan jika patung tersebut berlapiskan perunggu.

"Pembuatan patung ini 3 bulan kurang lebih. Di rumah saya di Pondok Gede, dari 16 Juni sampai 20 September 2021, material mula-mula tanah liat, kemudian proses kedua dibikin cetakan dengan silikon rubber, kemudian dicor, setelah itu dibuat pengecoran perunggu dan terakhir dicat perunggu," ucap Azmir saat ditemui di Bentara Budaya, Senin (27/9/2021).

Baca Juga: Peresmian Patung Perintis Kompas Gramedia, Jakob Oetama dan P.K Ojong Digelar di Bentara Budaya