Dijamin Menyesal Kalau Belum Coba Sekarang, Jika Makan Timun Sekali Sehari, Pasti Dibuat Melongo dengan Perubahannya yang Bikin Ketagihan!

Selasa, 21 September 2021 | 13:00
freepik

Manfaat mengonsumsi timun setiap hari.

GridHITS.id -Banyak yang belum tahu, coba makan timun setiap hari dan rasakan perbedaannya.

Timun tentu sudah tidak asing di masakan Indonesia.

Sayuran yang satu ini kerap jadi pelengkap di lalapan atau juga di makanan-makanan kering seperti nasi goreng.

Bahan makanan yang harganya terjangkau ini rupanya miliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, lho.

Inilah dia beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan jika megonsumsi timun setiap hari.

1. Hidrasi tambahan

Air adalah salah satu kandungan dalam tubuh yang sangatlah penting.

Air diketahui berguna untuk membersihkan tubuh Anda dengan cara mengeluarkan racun.

Tak hanya itu, air diketahui juga dapat membantu membawa nutrisi penting ke seluruh tubuh Anda, melembabkan kulit dan tubuh, dan juga membantu mempertahankan pada suhu tubuh.

Baca Juga: Sekarang Pikir Dua Kali Jika Anda Tetap Ingin Makan Nasi Goreng dengan Timun, Bahaya Ini Bisa Mengancam Seisi Rumah!

Sejauh ini, tubuh manusia mendapatkan 40 persen air dari makanan yang dikonsumsi, salah satunya bisa dari timun.

Seperti yang diketahui, timun merupakan tanaman yang mengandung 95 persen air, sehingga mengonsumsi timun sama seperti makan dan minum pada saat yang sama.

2. Mendapatkan nutrisi yang diperlukan

Timun adalah salah satu bahan makanan rendah kalori yang mengandung 15-17 kalori dalam satu timun ukuran sedang.

Walau rendah kalori, timun mengandung beragam nutrisi baik seperti serat, karbohidran, protein, kalium, zat besi, seng, magnesium, riboflavin, vitamin C, K, dan B.

Untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal, konsumsilah timun tanpa dikupas karena ada banyak nutrisi di lapisan luar timun.

3. Kurangi efek mabuk

Makan mentimun sebelum tidur juga direkomendasikan bagi Anda yang tukang mabuk alkohol, untuk membantu keseimbangan elektrolit tubuh dari efek racun alkohol.

4. Turunkan berat badan

Karena mentimun rendah kalori, nutrisi tinggi dan kadar air tinggi, mentimun membantu menjaga sebagian besar dari apa yang Anda konsumsi, sambil membuat Anda kenyang.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan dengan kadar air lebih besar kehilangan lebih banyak berat daripada diet dengan lebih sedikit air.

Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Nutrisi Manusia, Makanan dan Olahraga menemukan bahwa air minum meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar, yang dikenal sebagai sisa pengeluaran energi.

Baca Juga: Menakjubkan! Cuma Oles-oles Jus Mentimun pada Kulit Kepala 15 Menit Saja Setiap Hari, Lihat Perubahan yang Terjadi pada Rambut

Dengan mengganti lauk kalori tinggi dengan mentimun, Anda mungkin akan melihat perubahan positif dalam upaya penurunan berat badan Anda.

5. Memiliki nafas yang lebih segar

Mentimun adalah penyegar nafas alami. Karena phytochemical yang membantu mentimun melindungi diri dari zat berbahaya selain dapat menghalau bakteri berbahaya di mulut Anda.

Cukup pegang irisan mentimun di atap mulut Anda dengan lidah selama 30 detik untuk membunuh bakteri dan mendinginkan mulut.

6. Gula darah Anda akan berkurang

Ketimun mengandung beberapa antioksidan, termasuk vitamin C, beta-karoten dan mangan, serta flavonoid, triterpen dan polifenol yang disebut lignan.

Polifenol ini mengurangi stres oksidatif, mengakibatkan penurunan kadar kolesterol jahat dan gula darah.

Menurut WebMD, konsumsi polifenol mirip dengan banyak obat diabetes, yang mungkin tidak hanya membantu mengobati diabetes, tetapi juga membantu mencegahnya.

7. Kurangi Stress

Beberapa vitamin B yang terkandung dalam mentimun, yang meliputi vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7 diketahui membantu menurunkan kecemasan dan beberapa efek stres yang ditimbulkan oleh stresor kehidupan negatif.

Ini sebagian besar disebabkan oleh kemampuan vitamin B untuk menghasilkan energi.

Vitamin B adalah vitamin esensial yang larut dalam air yang memainkan peran penting dalam metabolisme, misalnya mengubah makanan dan simpanan tubuh lainnya menjadi energi.

Baca Juga: Coba-coba Makan Mentimun Sehari Sekali, Wanita ini Kaget LIhat Perubahanannya Dalam Seminggu hingga Ketagihan

Artikel ini telah tayang di SajianSedap.com dengan judul Harganya Murah Meriah, Ini yang Akan Terjadi Jika Makan Timun Sekali Sehari, Pasti Dibuat Melongo dengan Perubahannya!

Editor : Averus Al Kautsar

Sumber : sajiansedap.com

Baca Lainnya