Ajinomoto Berikan Tips Menyusun Menu Bergizi Seimbang dan Lezat untuk Keluarga

By Fathia Yasmine, Senin, 6 September 2021 | 14:39 WIB
Ilustrasi masakan rumahan (Dok. Shutterstock)

Nova.id –  Seorang ibu memiliki peran penting di rumah. Salah satunya, menjaga kesehatan keluarga dengan mencukupi kebutuhan gizi harian. Namun, di era serba modern seperti sekarang, ibu menghadapi tantangan dalam menjalankan peran tersebut.

Pasalnya, godaan untuk berkuliner dan menjadikan makanan sebagai hiburan (entertainment food) menjadi lebih tinggi.

Guru Besar bidang Keamanan dan Gizi Fakultas Ekologi Manusia (Fema) Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ir  Ahmad Sulaeman, MS menyebut, masifnya teknologi membuat makan dijadikan sebagai ajang untuk gaya hidup hingga eksistensi diri.

“Dahulu, orang-orang makan untuk hidup. Namun sekarang pola tersebut berubah menjadi makan untuk eksistensi, hidup untuk makan, sampai makan untuk gaya hidup,” ujar Prof Ahmad dalam webinar AJI-NO-MOTO “Strategi Menyusun Menu Menyehatkan Keluarga: Peranan Rasa Umami”, Sabtu (28/8/2021).

Baca Juga: Investasi Emas Dinar Dinilai Lebih Menarik daripada Dirham, Ini Alasannya

Pola hidup tersebut, kata Prof Ahmad, membuat banyak anak muda maupun orang dewasa terbiasa mengonsumsi makanan siap saji dan melupakan pentingnya makanan yang bergizi baik dan seimbang.

“Perubahan sikap dan cara pandang terhadap makanan membuat prevalensi penyakit meningkat.  Di tengah pandemi Covid-19, risiko penyakit berat seperti stroke, kanker, dan diabetes tetap mengintai seluruh anggota keluarga,” lanjutnya.

Mengatasi tantangan tersebut, Prof Ahmad memaparkan pentingnya penyusunan menu yang tidak hanya bergizi baik dan seimbang, tetapi juga nikmat untuk menjaga kesehatan keluarga.

Untuk memudahkan para ibu  ia pun memberikan panduan berupa empat pilar penyusunan menu  untuk konsumsi sehari-hari. Berikut rinciannya.

Baca Juga: Blak-blakan Akui Dapat Ancaman, Pihak KD Siap Polisikan Orang Tua Ayu Ting Ting

1. Pertimbangkan kebutuhan gizi

Dalam mempersiapkan menu makanan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan gizi anggota keluarga. Mengingat dalam satu keluarga terdiri atas beragam usia dan jenis kelamin, Sahabat NOVA bisa menggunakan berbagai jenis makanan dari aneka kelompok makanan utama.