Obat Tradisional untuk Chikungunya Ternyata Ada di Rumah, Coba Cek!

Senin, 30 Agustus 2021 | 14:30
Pixabay/monicore

Ilustrasi obat tradisional untuk chikungunya

GridHITS.id - Inilah berbagai obat tradisional untuk chikungunya.Beberapa dari kita tentu sudah tak asing lagi dengan chikungunya.Penyakit yang satu ini disebabkan oleh gigitan dari nyamuk.Sehingga ketika mendapat gigitan itu, virus akan masuk ke dalam tubuh.Biasanya chikungunya sendiri menyerang bayi, orang dewasa di atas 65 tahun.Namun tak memungkiri juga untuk kita yang pergi ke daerah wabah juga bisa terkena.Bahkan jika kita tinggal di negara tropis dengan kebersihan buruk, bisa juga kena.Chikungunya sendiri disebut mirip dengan wabah demam berdarah.Namun gigitan nyamuk yang menyebabkan chikungunya biasanya ada di dini hari dan sore hari.

Baca Juga: Berbagai Obat Tradisional Sakit Pinggang yang Ampuh, Berani Coba?

Disebutkan, virus ini menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus.Ada beberapa gejala yang muncul jika kita sudah terinfeksi virus itu.Seperti demam tiba-tiba, nyeri sendi parah, nyeri otot, hingga kedinginan.Bahkan jika juga cenderung merasa kelelahan disertai sakit kepala.Terakhir, akan muncul juga ruam atau bintik-bintik merah di kulit.Lalu apa saja yang bisa kita coba untuk mengobati chikungunya?Melansir dari tribunnews, inilah obat alami yang bisa Anda coba:1. Golden milk atau susu dari kunyitSusu kunyit disebut mengandung antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Baca Juga: Obat Tradisional untuk Sembuhkan Bisul, Bermodal Bahan Dapur Saja

Selain itu kunyit punya kurkumin yang bisa menjadi anti-inflamasi.Sehinga kandungan tersebut bisa membantu kita mengurangi gejalanya.Aturan minumnya juga cukup mudah, Anda bisa minum susu yang dikasih kunyit itu pada pagi hari.Lalu ulangi metode yang sama ketika Anda ingin pergi tidur.2. Bawang putihRempah yang satu ini ternyata bisa Anda gunakan untuk mengobati chikungunya.Namun Anda harus mengolahnya menjadi pasta untuk dioleskan ke tubuh.Anda bisa oleskan pasta bawang putih pada kulit yang digigit nyamuk.Jika Anda biarkan beberapa jam, pasta ini bisa membuat sirkulasi darah lebih baik.

Baca Juga: Obat Tradisional Bayi yang Sedang Batuk Pilek, Jadi Tak Rewel Lagi

Lakukan dua kali sehari untuk mengurangi rasa sakit di tubuh Anda.3. Air kelapaAir kelapa mengandung gula alami, asam amino, potasium, dan elektrolit.Berbagai kandungan atau zat itu bisa mengurangi gejala chikungunya.Selain itu, air kepala juga bisa meningkatkan pencernaan Anda.Sebab saat kita terinfeksi chikungunya akan mengalami masalah perut.

Terakhir, Anda bisa coba minum air rebusan kemangi dan kapulaga.

Dua herbal itu mengandung antioksidan tinggi sehingga baik untuk daya tahan tubuh.

Nah itu dia obat tradisional untuk chikungunya.

Baca Juga: Ini Dia Obat Tradisional yang Ampuh Untuk Hentikan Pendarahan Haid

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : tribunnews, medicalnewstoday

Baca Lainnya