Cara Membuat Brownies Pakai Rice Cooker, Lembutnya Dijamin Nagih!

Sabtu, 17 Juli 2021 | 18:44
Pixabay

cara membuat brownies pakai rice cooker

GridHITS.id - Berikut ini cara membuat brownies menggunakan rice cooker.

Brownies merupakan salah satu menu dessert yang diskai banyak orang.

Perpaduan rasa manis dan gurih membuat brownis memiliki ciri khas tersendiri.

Brownies biasanya tersedia di toko-toko roti dan camilan.

Namun tahukan anda jika bisa membuat brownies sendiri dengan cara yang praktis.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! 'Bubuk Ajaib' Sejuta Umat Ini Ampuh Kembalikan Kulit Kaki yang Kasar Jadi Halus Seperti Kulit Bayi, Penasaran?

Bikin brownies ternyata bisa pakai rice cooker, lo. Caranya pun mudah banget kalau sudah tahu tips pasti jadi bikin brownies super lembut pakai rice cooker ini. Pernahkah Anda mencoba bikin brownies pakai rice cooker?

Ya, alat masak nasi ini ternyata bisa digunakan untuk membuat berbagai penganan, lo. Salah satunya yang wajib dicoba adalah brownies. Ternyata, brownies bisa jadi sangat lembut kalau dibuat dengan rice cooker. Yuk, kita simak tips pasti jadi bikin brownies pakai rice cooker ini.

1. Resep Tidak Perlu DiubahUntuk bikin brownies pakai rice cooker, kita tidak perlu mengubah resep. Resep brownies panggang mana saja boleh dipakai, hanya diubah cara memanggang di akhirnya saja. Tapi, kalau boleh memilih, pilihlah resep brownies klasik yang tak terlalu banyak topping.

Resep ini terbilang paling stabil dan aman dibuat menjadi brownies rice cooker.

Beberapa orang memang gemar menambahkan bahan seperti kacang-kacangan, buah, selai kacang, atau bahan lain.Bahan tambahan tersebut sebenarnya untuk membuat brownies semakin lezat.Namun, jika ditambahkan dalam jumlah yang terlalu banyak akan membuat brownies lebih sulit mengembang dan akhirnya kemungkinan gagal jadi lebih besar.

Baca Juga: Cara Membuat Nasi Goreng Rempah, Dijamin Satu keluarga Ketagihan

2. Coklat Tidak Boleh Terlalu PanasKala membuat brownies, kita akan mencampurkan coklat leleh ke dalam telur.

Nah, perhatikan benar kalau coklat tidak boleh dalam keadaaln panas saat dicampurkan ke dalam telur.Soalnya, jika cokelat panas saat dicampurkan ke dalam adonan akan membuat telur matang sebelum proses pemanggangan.

Telur yang matang tersebut akan berserabut di dalam adonan. Akibatnya, brownies jadi tidak bisa lembut, lo.Jadi, tunggu sampai coklat hangat-hangat kuku dulu, baru tambahkan ke dalam adonan.Untuk mengetahuinya, celupkan jari kelingking ke dalam coklat.3. Cara Menggunakan Rice Cooker untuk Membuat BrowniesPada dasarnya, membuat brownies dengan rice cooker sama sekali tidak sulit. Kita tinggal menggunakannya seperti kala masak nasi biasa. Adonan brownies tinggal kita tuang ke dalam wadah rice cooker.

Baca Juga: Ternyata Gampang Banget! Noda pada Setrika Bekas Gosong dan Lengket Bisa Langsung Hilang Hanya dengan Mengoles Soda Kue

Tutup dan pencet tombol memasak seperti biasa.

Rice cooker bekerja dengan mengukur kadar air di dalam masakan. Jadi, ketika kadar air dalam brownies sudah berkurang dan artinya matang, tombolnya akan otomatis berubah menjadi keep warm. Tapi, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan berikut ini:- Olesi wadah rice cooker dengan margarin sehingga brownies tidak akan lengket dan mudah dilepaskan. - Jangan menuang adonan brownies terlalu tinggi, baiknya paling banyak hanya setengah wadah rice cooker saja. Soalnya, makin tinggi adonan, brownies butuh waktu lebih lama untuk matang.

Hasilnya, brownies bisa jadi kering dan berkurang kelembutannya. Selain itu, pada rice cooker, brownies bisa berkerak dan menebal di bagian bawah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Kulkas Berbau Busuk Hingga Mengganggu Seisi Rumah? Cukup Pakai Soda Kue, Bau Tak Sedap Di Kulkas Langsung Hilang

Artikel ini telah tayang di SajianSedap dengan judul Tips Pasti Jadi Bikin Brownies Super Lembut Pakai Rice Cooker, Pasti Enggak Nyangka Segampang Ini!

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : sajiansedap.com

Baca Lainnya