Wajib Dicatat! Inilah Tata Cara Swafoto CPNS 2021 yang Benar

Senin, 05 Juli 2021 | 23:08
Kompas.com

swafoto cpns 2021 yang benar

GridHITS.id - Berikut ini tata cara swafoto CPNS 2021 yang benar.

Pemerintah kembali membuka lowongan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Sebelum mulai mendaftar, anda harus mengetahui beberapa fitur yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Anda wajib mengunggah foto formal dan swafoto saat melakukan pendaftaran rekrutmen.

Terdapat dia macam foto yang diunggah.

Melansir Buku Petunjuk Pendaftaran SSCASN 2021 foto yang harus diunggah adalah swafoto saat mendaftarkan akun SSCASN dan foto formal berlatar belakang merah.

Baca Juga: Cek dpr.go.id CPNS, Setjend DPR 2021 Buka Formasi untuk Lulusan DMA D3 S1

Pada seleksi CASN 2021 ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menambahkan beberapa fitur baru, salah satunya face recognition.

Dokumen foto harus terlihat dengan jelas dan sesuai ketentuan agar dapat terbaca sistem pada proses pendaftaran CASN 2021 ini.

Ketentuan foto Sebelumnya, BKN telah memperingatkan pelamar untuk memperhatikan dokumen foto yang diunggah saat mengikuti seleksi calon aparatur sipil negara (ASN).Hal ini berkaca dari kejadian peserta SKD sekolah kedinasan yang unggahan dokumen foto tak terbaca oleh face recognition (FR) saat melakukan tes dengan CAT.

Pelamar harus memastikan bahwa foto yang diunggah dapat terbaca oleh FR.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerjasama BKN Paryono menjelaskan bahwa pelamar CASN, termasuk CPNS, tidak perlu mengunggah foto seluruh tubuh, melainkan foto yang menunjukkan seluruh wajah dengan jelas.

“Full face saja (fotonya), jangan full body,” ujar Paryono. Dokumen foto yang diunggah seperti foto di ijazah.

Dikutip dari laman resmi SSCASN, terdapat dua foto yang diunggah saat pendaftaran, yaitu swafoto dan foto formal berlatar belakang merah dengan ukuran maksimal 200 kb serta tipe jpeg/jpg.

Baca Juga: Format Surat Lamaran CPNS 2021 Kemhan, Lengkap dengan Alamat yang Dituju1. Swafoto Swafoto diunggah saat pendaftaran akun SSCASN, dengan foto yang tampak muka dengan jelas. Swafoto berekstensi jpg/jpeg dengan maksimal ukuran 200 kb.

Berikut contohnya:

kompas.com

contoh swafoto pendaftaran cpns 2021

2. Foto formal Sementara itu, foto formal berlatar belakang merah wajib diunggah setelah pelamar memilih instansi dan formasi. Foto ini berukuran 100-300 kb dengan ekstensi jpg.

Berikut contohnya:

kompas.com

contoh foto formal pendaftaran cpns 2021

Fitur Face Recognition (FR) Fitur FR ini diharapkan dapat menjaga kualitas transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan seleksi ASN, termasuk menegah terjadinya tindak kecurangan dan percaloan Face recognition berguna untuk mengidentifikasi peserta yang melakukan ujian, sehingga dapat meminimalkan adanya percaloan dalam pelaksanaan ujian.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2021 Resmi Dibuka, Simak Jadwal Lengkap Pelaksanaan dan Syaratnya di Sini, Jangan Sampai Terlewat

Face recognition didapatkan dari swafoto-swafoto yang dilakukan oleh sistem pendaftaran.

Unggahan swafoto akan dijadikan database untuk melakukan face recognition peserta seleksi SKD.

Saat pelaksanaan SKD, peserta login ke dalam sistem seleksi dan webcam akan menyala untuk mendeteksi wajah peserta.

Jika wajah tidak cocok, maka sistem akan terkunci.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Penting, Ini Ketentuan Unggah Foto yang Benar untuk Daftar CPNS 2021

Editor : Saeful Imam

Sumber : kompas

Baca Lainnya