Cara Memperbaiki Aki Soak, Cukup Modal 10 Ribu Motor Dijamin Nyala!

Minggu, 27 Juni 2021 | 12:00
Aant/otomotifnet.com

cara memperbaiki aki

GridHITS.id - Motor anda mogok? coba cek akinya.

Inilah cara memperbaiki aki motor yang soak akibat lama tak dinyalakan.

Aki merupakan komponen yang sangat penting pada kendaraan.

Jika aki sudah soak, alhasil motor anda tak bisa lagi dipakai.

Masa-masa WFH dan PSBB seperti saat ini tentu membuat orang lebih banyak berada di rumah saja.

Baca Juga: Begini Cara Memperbaiki Aki Basah dengan Bodrex, Nyesel Baru Tahu!Termasuk dengan kendaraan yang kerap dipakai beraktivitas, salah satunya motor.

Sejak orang lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah saja, banyak kendaraan yang jarang dihidupkan atau bahkan tidak sama sekali.

Motor hanya di parkiran dan menjadi penunggu setia ruang garasi saja.Ketika ingin dihidupkan atau sekadar memanaskan mesin, eh motor gak mau hidup.Apalagi motor injeksi zaman now yang sudah tak memiliki kick stater (pedal sela).

Motor tak mau hidup ternyata disebabkan dengan kondisi aki yang soak.Aki soak disebabkan karena tidak ada arus pengisian yang bersumber dari hidupnya mesin motor, apalagi jika kondisi aki yang sudah mulai lemah.Banyak orang yang langsung saja membeli aki baru saat tahu aki motornya soak.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu Cara Memperbaiki Aki Basah yang Ngedrop, di Rumah Saja Pakai Alat-alat IniEits tapi tunggu dulu bro, coba dulu 1 cara ini saat tau aki motor mu rusak, cuman Rp 10 ribuan kok.Caranya dengan disetrum atau ecas ulang aki motor di bengkel atau toko aki.

Aki akan dicek tegangannya dengan ampermeter guna mengetahui seberapa kurang tegangannya."Kalo saya sih biasa dicek dulu pake ampermeter seberapa kurang tegangan akinya, jika kondisi tidak terlalu parah itu saya sarankan untuk disetrum atau dicharge aja," buka Dudung Suherman pemilik toko Sinar Accu di Cibubur Jakarta Timur.

Jika kondisi aki motor brothers tidak terlalu lemah atau tidak rusak, cukup hanya disetrum atau dicas di bengkel atau toko aki terdekat rumah mu bro.Biaya cas atau setrum aki cuman Rp 10 ribuan ko bro gak mahal, prosesnya juga gak terlalu lama butuh waktu 3-5 jam saja.

"Tergantung kondisi akinya,kalau masih bagus cukup 3 jam saja sudah normal kembali tegangannya, kalau yang sudah lemah bisa sampe 5 jam," tambah pria yang akrab disapa kang Dudung ini."Kalau ongkos cas atau setrum untuk aki motor Rp 10 ribu, aki mobil Rp 15 ribu aja," lanjut kang Dudung.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Aki Basah Tidak Bisa Nyetrum, Ternyata Gampang BangetNamun jika kondisi aki motor ternyata sudah cukup parah dan tidak ada efek ketika sudah dicas ya harus diganti dengan aki baru ya bro! biar aman dan nyaman saat pakai motormu nanti."Kalo udah cas dan setrum tapi gak naik teganganya atau soak lagi, ya harus ganti mau gak mau itumah," tutup kang Dudung saat ditemui gridmotor.id di toko akinya.

Nah bro jika memang kondisi aki yang sudah sangat lemah, lebih baik diganti baru agar saat riding lebih nyaman dan aman.

Artikel ini telah tayang di Gridmotor-motorplus dengan judul Akibat WFH Aki Motor Jadi Soak? Jangan Langsung Ganti Baru Bro, Coba Dulu 1 Cara ini Cukup Dengan Rp 10 Ribu!

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : GridMotor.id

Baca Lainnya