Berikut Ini Biodata lengkap Gus Miftah, Pendakwah Kaum Marjilan yang Mendampingi Deddy Corbuzier Masuk Islam

Senin, 31 Mei 2021 | 20:15
Grid.ID / Rissa Indrasty

Biodata lengkap Gus Miftah

GridHITS.id - Berikut ini biodata lengkap Gus Miftah.

Pendakwah Gus Miftah sudah tak asing lagi di dunia dakwah Indonesia.

Ia kerap tampil bersama para artis papan atas Indonesia.

Gus Miftah juga membantu Deddy Corbuzier dalam proses dirinya menjadi mualaf.

Baca Juga: Biodata Legkap Irzan Faiq, Tak Hanya Memesona Tapi Juga Bertalenta

Gus Miftah lahir dengan nama asli Miftah Maulana Habiburrahman.

Da'i milenial ini lahir di Desa Adiluhur, Jabung, Lampung Timur, 5 Agustus 1981.Di usianya yang terbilang masih muda Gus Miftah sudah menjadi pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta.

Gus Miftah juga dikenal sebagai ulama muda Nahdlatul Ulama (NU).

Berikut ini biodata lengkap Gus Miftah.

Ia fokus berdakwah bagi kaum marjinal, baik melalui dakwah di dalam maupun di luar pesantren.Keturunan ke-9 Kiai Ageng Hasan Besari, pendiri Pesantren Tegalsari di Ponorogo.Gus Miftah menikah dengan Hj Dwi Astuti Ningsih dikaruniai dua anak.Namanya mulai diperbincangkan publik ketika video dirinya viral saat memberikan pengajian di salah satu kelab malam di Bali.

Baca Juga: Siap-siap Terancam Hukuman Jeruji Besi 6 Tahun Buat Kamu yang Ikut Sayembara 15 Juta Rachel Vennya, Yakin Masih Mau Ikut?

Perjalanan dakwah Gus Miftah, kyai asal Ponorogo kelahiran Lampung ini, dimulai saat usianya masih 21 tahun.Pada sekitar tahun 2000-an, Gus Miftah yang sering salat tahajud di sebuah musala sekitar Sarkem, sebuah area lokalisasi di Yogyakarta, kemudian berniatan berdakwah.Bermula dari kegiatan tersebut, kajian agama mulai rutin digelar oleh Gus Miftah.Meski awalnya banyak tantangan, tapi saat ini sejumlah pekerja dunia malam sudah menerima kehadirannya.Banyak sejumlah jamaah meneteskan mata dan mulai merubah perilakunya secara perlahan.

Berikut ini biodata lengkap Gus Miftah.Perjalanan dakwah Gus Miftah kemudian berlanjut ke kelab malam dan juga salon plus-plus.Pertamakali masuk lantaran mendapati keluh kesah para pekerja dunia malam yang kesulitan mendapat akses kajian agama.Ketika hendak mengaji di luar mereka mengaku menjadi bahan pergunjingan.Sejak lima tahun terakhir, langkahnya pun didukung oleh Maulana Habib Luthfi bin Yahya asal Pekalongan.

Baca Juga: Biodata Lengkap Iwan Fals, Musisi Legendaris yang Sudah 46 Tahun di Dunia Musik

Pendidikan- Lulusan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Bustanul Ulum Jayasakti, Lampung Tengah.Setelah menyelesaikan jenjang Madrasah Aliyah dengan predikat peraih nem tertinggi sebagai santri madrasah se Provinsi Lampung, selanjutnya Gus Miftah hijrah pada tahun 1999 ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).- Mendaftar di kampus UIN Sunan Kalijaga fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam.

Merintis PesantrenPada tahun 2011 Gus Miftah mendirikan pondok yang diberi nama Ora Aji yang memiliki makna tak berarti.

Berikut ini biodata lengkap Gus Miftah.Filosofinya yakni bahwa tak ada seorang pun yang berarti di mata Allah selain ketakwaannya.Gus Miftah sering mengajak orang yang tidak punya pandangan dan ikut ke pangajian.

Ia membawanya di pondok pesantren Ora Aji yang diasuhnya di Dusun Tundan, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY).

Baca Juga: Biodata Lengkap Vina Panduwinata, Diva dengan Julukan Si Burung CamarGus Miftah sengaja menampung para santri yang sebagian di antaranya anak-anak jalanan, punk, dan mantan preman sebagai bagian dari rasa syukurnya.

Sebab, pada masa lalu, ketika baru datang dari Lampung ke Yogya, Miftah mengaku menjalani kehidupan yang sangat sulit.

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunnewsWiki dengan judul Gus Miftah

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Tribunnewswiki

Baca Lainnya