Setelah 72 Jam Pencarian, Kapal Selam KRI Nanggala-402 Dinyatakan Tenggelam dan Patroli Selamanya, TNI Ungkap Kondisi Terkini Awaknya

Minggu, 25 April 2021 | 11:20
KOMPAS.com /CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO

Setelah 72 Jam Pencarian, Kapal Selam KRI Nanggala-402 Dinyatakan Tenggelam dan Patroli Selamanya, TNI Ungkap Kondisi Terkini Awaknya

GridHITS.id - Kabar duka kembali menyelimuti Indonesia karena kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam.

Kejadian ini terjadi pada Rabu (21/04), KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang kontak di perairan utara Bali.

Berbagai cara telah dilakukan kapal selam KRI Nanggala-402 kembali ke permukaan.

Bala bantuan dari berbagai negara pun datang.

Baca Juga: Nonton Drakor Ma Boy Sub Indo dengan Mudah dan Gratis di Sini, Diperankan oleh Aktris Cantik Muda Berbakat Kim So-hyun!

Tapi setelah 72 jam pencarian, TNI dan tim gabungan pencarian telah menyatakan kapal selam KRI Nanggala-402 tenggelam dan dalam status On Eternal Patrol atau patroli selamanya dan tak akan kembali.

Alasannya, ahli yang tahu menahu soal kondisi kapal selam menyebut KRI Nanggala-402hanya punya72 jampasokan oksigen.

Lalu, tim pencari juga sudah menemukan bukti-bukti kapal selam tersebut tenggelam.

"Unsur-unsur TNI Angkatan Laut telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjantodalam konferensi pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Sabtu (24/04).

Lalu ada juga bukti berupa serpihan benda yang diduga milik KRI Nanggala-402.

"Barang-barang ini tidak dimiliki oleh umum dan di sekitar radius 10 mile tidak ada kapal lain yang melintas," papar Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono di acara yang sama.

Temuan-temuan tersebut yakni alat shalat, busa penahan panas, komponen pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, oli untuk melumasi periskop, dan solar.

Kondisi terkini awak kapal selam KRI Nanggala-402

dok. KOMPAS.com
dok. KOMPAS.com

Kondisi terkini awak kapal selam KRI Nanggala-402

Meski telah dinyatakan subsunk, tetapi TNI belum bisa memastikan bagaimana kondisi terkini 53 awak KRI Nanggala-402.

Baca Juga: Barang-barang dan Serpihan Sudah Ditemukan, Kapal Selam KRI Nanggala-402 Dinyatakan Telah Tenggelam Setelah 72 Jam Pencarian, Begini Nasib 53 Awak Kapal yang Jadi Korban

"Kita tidak bisa melihat sampai bagaimana korban dari tadi yang disampaikan dengan hanya ini (bukti otentik) karena belum ketemu untuk salah satu korban, jadi kita tidak bisa menduga-duga seberapa kondisi korban dan sebagainya," tutur Yudo.

Mengenai persediaan oksigen di dalam kapal selam, KSAL mengatakan ada dua kemungkinan. Yang pertama, kapal selam mengalami blackout (listrik mati total).

Apabila keadaan ini terjadi, oksigen hanya mampu bertahan selama 72 jam.

Kondisi ini telah dilewati pada Sabtu pukul 03.00 waktu setempat usai hilang kontak.

Yang kedua, jika kelistrikan tidak mengalami gangguan, suplai oksigen tersedia hingga 5 hari.

"Ketika masih ada kelistrikan ini bisa sampai lima hari, dan kita tak bisa menentukan apakah kemarin blackout atau tidak," ujar Yudo.

Dia menduga, KRI Nanggala-402 tidak mengalami blackout. Berdasar visual terakhir dari tim penjejak Komando Pasukan Katak (Kopaska), lampu kapal selam terlihat menyala sewaktu masuk ke dalam air.

Baca Juga: Inilah Dia 7 Keutamaan Makan Sahur Selama Bulan Ramadan untuk Memotivasi Anda Tetap Semangat saat Bangun Dini Hari, Sayang untuk Dilewatkan!

Awak kapal penjejak yang berjarak 50 meter juga mendengar isyarat perang tempur dan perang menyelam.

"Dari itu saya menduga kapal tak blackout," ucapnya.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KRI Nanggala-402 Dinyatakan Tenggelam, Bagaimana Kondisi Awaknya?")

Editor : Poetri Hanzani

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya