Find Us On Social Media :

Ledakan dan Asap Kebakaran Terpantau dari Jarak 5 Kilometer, Kebocoran Tangki dan Petir Diduga Menjadi Penyebab Meledaknya Kilang Minyak di Indramayu

By Novia, Senin, 29 Maret 2021 | 14:35 WIB

Kebakaran di kilang minyak PT Pertamina RU VI di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (23/2021) dini hari.

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia Tri A

Grid.ID - Dini hari tadi, kebakaran hebat telah meluluh lantahkan kilang minyak Pertamina RU VI di Bolongan, Indramayu, Jawa Barat.

Diwartakan dari Kompas.com pada Senin (29/3/2021), musibah kebakaran itu berlangsung sekitar pukul 00.45 WIB.

Menurut Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri meledaknya kilang minyak di Refinery Unit (RU) VI Balongan, Indramayu disebabkan akibat kebocoran pipa tangki.

"Kami mendapatkan informasi tadi bahwa ada rembesan atau kebocoran di pipa tangki yang terbakar," jelas Dofiri kepada Antara di Indramayu, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: Terkuak Sosok dan Wajah Diduga Pelaku Aksi Teror Bom Bunuh Diri di Depan Gereja Katedral Makassar, Asal Usul Motor Matic Juga Telah Teridentifikasi

Ya, kebocoran tangki pada pipa diduga telah memicu terbakarnya kilang minyak RU VI Balongan.

"Saya kira akibatnya itu, tetapi ini informasi awal, karena semalam itu ada petir yang cukup besar juga. Namun ini informasi awal, selebihnya nanti," kata Dofiri.

Hanya saja, seorang warga bernama Yati (40) di Blok Kesambi, Desa/Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu mengatakan, ia sempat mencium bau menyengat serupa bensin di area kilang Balongan sebelum ledakan dan kebakaran terjadi.

"Karena saya setiap hari di sana, jadi tahu betul bau ini bukan yang seperti biasa. Baunya seperti bensin," jelas Yati.

Baca Juga: Dari Suzanna hingga Penari Klub Seksi, Intip Penampilan Luna Maya Saat Bergaya Ala Karakter Film Jadul yang Pernah Diperankannya!

Melansir informasi dari Tribunnews.com, Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati telah menyerahkan kasus pada pihak berwenang.