Find Us On Social Media :

Asam Lambung Rendah Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Cara Mengatasinya

Menikmati makanan dan mengunyah perlahan dapat membuat pencernaan sehat dan meningkatkan kadar asam lambung yang rendah.

GridHEALTH.id - Asam lambung sangat penting untuk proses pencernaan. Ketika perut tidak dapat menghasilkan cukup asam, mineral dan protein utama tidak dapat diserap ke dalam tubuh ini. Asam lambung rendah secara medis disebut sebagai hipoklorhidria.

Jika tubuh tidak menerima nutrisi yang diperlukan, kita bisa kekurangan vitamin atau mineral. Asam lambung juga bertanggung jawab untuk membunuh bakteri berbahaya dari makanan dan enzim penetral.

Singkatnya, asam lambung yang rendah dapat membuat tubuh rentan terhadap sejumlah penyakit dan komplikasi kesehatan.

Kadar asam lambung yang tidak memadai telah dikaitkan dengan sejumlah kondisi kesehatan yang buruk. Termasuk sakit perut, mual, refluks asam, maag, malnutrisi, masalah kulit, osteoporosis, sindrom usus bocor, diabetes, kanker, asma, radang sendi hingga pertumbuhan berlebih bakteri usus kecil (SIBO).

Ada sejumlah faktor penyebab rendahnya asam lambung. Stres dan pola makan yang buruk adalah dua alasan umum yang secara langsung dapat memengaruhi proses pencernaan.

Faktor lain yang dapat menyebabkan asam lambung rendah adalah makan terlalu cepat,  asupan gula tinggi, defisiensi seng, usia, obat antasida dan obat resep, kepekaan atau alergi makanan, infeksi dan penyakit kronis.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Meredakan Asam Lambung, Sederhana Tak Pakai Mahal

Baca Juga: Ingin Makan Lebih Sedikit Agar Langsing? Gunakan Piring Merah Ukuran Kecil

Mengatasi masalah ini tidak hanya dapat meningkatkan dan menormalkan kadar asam lambung, tetapi juga meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi stres pada tubuh.