Jangan Asal Pakai, Ternyata Mengeringkan Organ Intim dengan Handuk Ada Triknya Tersendiri Supaya Terhindar dari Penyakit

Jumat, 12 Maret 2021 | 09:00
Freepik.com

Cara mengeringkan organ intim dengan handuk

GridHITS.id – jangan lupa perhatikan beberapa hal ini saat mengeringkan organ intim dengan handuk.

Perawatan organ kewanitaan penting untuk selalu dilakukan.

Sebab, organ intim yang terawat akan mencegah berbagai masalah muncul.

Salah satu perawatan sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan mengeringkan organ intim.

Baca Juga: Gara-gara Keseringan Jemur Pakaian dan Handuk di Dalam Ruangan, Wanita Ini Harus Derita Penyakit yang Bikin Dirinya Kesusahan Setiap Malam

Ya, sebagai area yang sensitif, organ intim memang disarankan tidak dalam kondisi yang lembap.

Sebab, hal tersebut bisa mengakibatkan pertumbuhan bakteri dan kuman.

Untuk menghindari hal itu terjadi, maka saat mengeringkan organ intim, terutama menggunakan handuk, ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan.

Wah, kira-kira apa saja ya?

Melansir dari Nakita.id, dr. Ivander R. Utama, F.MAS, SpOG, MSc, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, mengatakan, tak masalah jika ingin mengeringkan organ intim dengan handuk.

“Boleh-boleh saja. Bahkan, organ intim memang disarankan untuk selalu dalam kondisi kering. Tapi, kering yang dimaksud tentu masih dalam batas kewajaran, bukan kering sekali,” ujar dr. Ivander.

Baca Juga: Kebiasaan Menjemur Pakaian Atau Handuk Basah di Dalam Ruangan Nyatanya Bisa Bawa Penyakit Mematikan, Wanita Ini Jadi Salah Satu Korban

Selain handuk, tisu atau toilet paper juga boleh digunakan untuk mengeringkan organ intim.

“Artinya, penggunaan handuk, tisu, atau toilet paper itu boleh digunakan untuk menjaga kelembapan organ intim agar tidak terlalu berlebihan,” sambungnya.

Meski begitu, agar lebih aman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan handuk untuk mengeringkan organ intim.

Rutin mengganti handuk

Menurut dr. William, mengganti handuk secara rutin penting untuk dilakukan.

Handuk setidaknya digunakan cukup sampai dua atau tiga kali, lalu segera diganti.

“Handuk harus selalu diganti. Atau maksimal, handuk digunakan hanya dua sampai tiga kali, lalu diganti,” kata dr. Ivander saat dihubungi secara virtual oleh Nakita.id, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Sekarang Jadi Pesinden Terkenal, Ternyata Dulu Soimah Kalau Mau Kenakan Pakaian Dalam Hingga Handuk Harus Gantian 'Siapa Duluan Dia yang Pakai'

Handuk tidak lembap

Penggunaan handuk yang terlalu sering bisa mengakibatkan kondisi lembap terjadi.

Hal itu perlu diwaspadai karena bisa mempermudah berkumpulnya bakteri dan jamur.

“Handuk tidak dibiarkan dalam keadaan lembap terlalu lama. Karena, hal tersebut akan mempermudah kolonisasi bakteri dan jamur,” ucap dr. Ivander R. Utama, F.MAS, SpOG, MSc, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi.

Tidak dipakai orang lain

Hal ketiga yang patut diperhatikan adalah soal pemakaian handuk.

dr. Ivander menuturkan, handuk pribadi sebaiknya tidak dipakai oleh orang lain.

Baca Juga: Ngeri! Usai Gunakan Handuk Kotor Penuh Jamur untuk Bersihkan Wajah, Gadis Remaja Ini Justru Alami Hal Buruk Setelahnya

“Pastikan handuk hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi, tidak bersamaan dengan orang lain,” pungkas dr. Ivander dalam wawancara eksklusif bersama Nakita.id, Kamis (4/3/2021).

Nah, itu dia hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengeringkan organ intim dengan handuk. Jangan sampai lupa, ya!

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judulSupaya Tak Timbulkan Penyakit, Jangan Lupa Perhatikan 3 Hal Ini Saat Mengeringkan Organ Intim dengan Handuk.

Editor : Ratnaningtyas Winahyu

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya