Jangan Lagi Pakai Tisu Basah Pada Wajah, Ada 3 Bahaya yang Mengintai!

By Devi Agustiana, Jumat, 26 Februari 2021

ilustrasi menggunakan tisu basah di wajah

Parapuan.co - Semenjak pandemi COVID-19, tisu basah makin banyak digunakan oleh kita ya, Kawan Puan. Jika dahulu tisu basah biasanya digunakan oleh sebagian dari kita, kini hampir kita memanfaatkan tisu basah selain hand sanitizer. 

Bukan hanya ditujukan untuk membersihkan benda seperti alat makan, tetapi beberapa bulan yang lalu viral di media sosial kalau tisu basah dapat digunakan sebagai pengganti masker.

Mengutip laman Kompas.com,seorang perempuan memperagakan cara membuat tisu basah menjadi masker wajah. Dalam video yang beredar luas di Facebook hingga YouTube tersebut, perempuan tersebut menyarankan agar menggunakan dua tisu basah

Ahli Laboratorium RSUD Bekasi, Dokter Abas Suherli, menjelaskan penggunaan tisu basah sebagai pengganti masker justru berbahaya. Hal ini disebabkan karena tisu basah mengandung antiseptik untuk membunuh kuman. Sehingga, berbahaya jika tisu basah itu di letakkan di wajah dan dihirup.

Tisu basah itu mengandung antiseptik, bayangkan coba kalau antiseptik diletakan di muka dihirup, akibatnya berbahaya juga. Gunakan masker saja yang benar,” ujar Abas, Jumat (6/3/2020).

Baca Juga: Jangan Keliru Lagi, Ini Perbedaan Mendasar Vegan dan Vegetarian!