Awas! Bahaya Penggunaan Kosmetik Kedaluwarsa, Sudah Tahu Belum?

By Rina Suhandi, Jumat, 26 Februari 2021 | 17:25 WIB
Awas! Bahaya Penggunaan Kosmetik Kedaluwarsa, Sudah Tahu Belum? (freepik.com)

Stylo Indonesia - Penggunaan kosmetik yang sudah lewat tanggal kedaluwarsanya merupakan salah satu hal yang sangat tidak disarankan ya, Stylovers!

Pasalnya, menggunakan kosmetik kedaluwarsa dapat memicu banyak bahaya bagi kulit.

Berbahaya bagi kulit, kosmetik kedaluwarsa ini baiknya kamu pisahkan dan tentunya kamu harus lebih teliti dalam membeli kosmetik untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsanya.

Jika memaksa menggunakan kosmetik yang sudah lewat tanggal kedaluwarsanya bisa menyebabkan kulit kamu alergi hingga iritasi, loh!

Baca Juga: 4 Cara Gunakan Produk Kecantikan yang Sudah Kedaluwarsa dengan Aman

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman dr. Ismiralda Oke Putranti, Sp.KK, melalui Kompas.com menjelaskan produk makeup maupun skincare pasti mempunyai tanggal kedaluwarsa."Hanya saja tidak semua produk dicantumkan tanggal kedaluwarsanya," katanya pada Kompas.com, Selasa (19/1/2021).

Hal pertama yang bisa ditimbulkan akibat penggunaan kosmetik yang sudah kedaluwarsa adalah reaksi iritasi pada kulit seperti penggunaan produk make up mata.

Sebut saja maskara dan eye shadow yang kadaluarsa, penggunaan produk eye makeup yang kedaluwarsa tersebut nantinya dapat menyebabkan mata merah dan gatal (pink eye/red eye).