Ikatan Cinta Sempat Digosipkan Jiplak Drama Korea, Arya Saloka Ungkapkan Proses Kreatif di Balik Sinetron yang Melambungkan Namanya

Selasa, 19 Januari 2021 | 06:00
Instagram/@arya.saloka

Pesinetron Arya Saloka mengaku enggan untuk berakting terlalu lama di sinetron Ikatan Cinta jika episodenya berlangsung hingga ribuan.

GridHITS.idSinetron Ikatan Cinta saat ini masih menjadi tontonan favorit masyarakat Indonesia.

Selain karena jalan cerita yang unik, rumit, dan mengundang emosi, masyarakat menyukai sinetron Ikatan Cinta juga karena para aktor yang berhasil membawakan peran.

Karakter cuek Aldebaran, yang diperankan oleh Arya Saloka dipadukan dengan manjanya Andin, yang diperankan oleh Amanda manopo berhasil membius pemirsa.

Baca Juga: Bak Petir Di Siang Bolong, Sebelum Alur Cerita Semakin Ngalor Ngidul Arya Saloka Mengaku Memilih Hengkang dari Sinetron Ikatan Cinta: Sebelum Makin Ngaco

Chemistry yang terjalin oleh semua pemain membuat setiap adegan terasa hidup dan tidak membosankan.

Namun, beberapa hari yang lalu, sinetron Ikatan Cinta diisukan mengalami penurunan rating.

Kabarnya, hal itu dikarenakan oleh banyaknya respon penonton yang tidak senang dengan episode Ikatan Cinta beberapa hari yang lalu.

Dilansir dari GridHITS.id, penonton protes kepada sutradara Ikatan Cinta, melalui akun instagram pribadinya.

Mereka mengatakan bahwa episode akhir-akhit ini terlalu banyak mengangkat konflik Mas Rendy, Kiki, dan Bu Mayang.

Mereka tidak senang lantaran konflik utama justru terasa kabur, dan ingin adegan yang diperbanyak adalah adegan Aldebaran dan Andin.

Selain itu, sinetron ini juga digosipkan menjiplak drama Korea hits berjudul Start Up, lantaran ada adegan yang sangat mirip dengan adegan yang ada di dalam Start Up.

Baca Juga: Masih Tanda Tanya Penyebab Sinetron Ikatan Cinta Turun Rating, Namun Digosipkan Ketahuan Jiplak Drama Korea Hits, Benarkah?

Dilansir dari GridHits.id, gossip tersebut bermula dari unggahan akun instagram @dunia_tv pada Kamis (14/1/21) yang menayagkan cuplikan adegan Ikatan Cinta antara Aldebaran dengan Andin, disandingkan dengan adegan Start Up antara Han ji Pyeong dengan Seo Dal Mi.

Adegan ketika Aldebaran jatuh karena bersandar di pintu, kemudian ditangkap Andin disebut mirip dengan adegan Han Ji Pyeong jatuh karena bersandar di pintu, kemudian ditangkap Seo Dal Mi.

Ternyata, penyebab kemiripan adegan Ikatan Cinta dengan drama Korea adalah karena salah satu referensi dari sinetron Indonesia ini yaitu drama Korea.

Hal ini dilansir dari ungkapan Arya Saloka, pemeran Aldebaran dalam kanal YouTube Gritte Agatha yang dipublikasikan pada Jumat (15/1/21).

Dalam tayangan tersebut, Arya Saloka mengungkapkan bahwa awalnya ia hanya ingin berbagi konsep tulisan skenario sitcom (sinetron komedi) yang sedang ia tulis bersama Arie Kriiting kepada temannya yang saat ini menjadi eksekutif produser Ikatan Cinta.

Namun ternyata ia diminta untuk memerankan Aldebaran dalam Ikatan Cinta.

Arya Saloka merasa sangat kebetulan karena dirinya saat ini sedang aktif menonton drama korea.

“Gua ada konsep komedi sama romance. Ada yang bener-bener komedi, romance juga ada.

Karena gua nonton Korea mulu. Terus yaudah pas ditawarin ini (Ikatan Cinta), akhirnya yang gua pake adalah detail-detail dari apa yang gua tonton dari (drama) Korea,” Ungkap Arya Saloka.

Arya Saloka juga sering berkompromi dengan para kru agar mendapatkan detail adegan romantis manis seperti pada adegan-adegan drama Korea.

Baca Juga: Miss Kiki Ikatan Cinta yang Lugu dan Lucu, Ternyata Begini Kehidupannya di Dunia Nyata

“Detail-detail dari gestur dan segala macem ‘oh korea nih’, dari segi blocking juga yang ‘oh ini bisa korea banget nih’. Akhirnya bisa kepake-kepake juga (drama Korea yang sering ditonton),” papar Arya kepada Gritte.

Menurut Arya Saloka, konsep drama Korea ini sangat dekat dengan budaya Indonesia, sehingga cocok digunakan sebagai referensi.

Berbeda dengan film-film barat yang cenderung vulgar dan blak-blakan, sehingga akan tabu jika ditayangkan dalam sinetron Indonesia.

Dalam memainkan sebuah peran, seorang aktor yang baik memang harus rajin melakukan observasi karakter, salah satunya caranya adalah dengan menonton film.

Hal itulah yang dilakukan oleh Arya Saloka, sehingga mendapatkan karakter yang kuat dan dapat menciptakan adegan yang dapat dinikmati penonton.

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : YouTube, Instagram, GridHits.ID

Baca Lainnya