Siswa Wajib Tahu Hari Ini Terakhir Cek Data Untuk Daftar SNMPTN 2021, Segera Cek pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt

Kamis, 24 Desember 2020 | 12:49
foto: freepik.com

Siswa Wajib Tahu Hari Ini Terakhir Cek Data Untuk Daftar SNMPTN 2021, Segera Cek pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt

GridHITS.id - Hari ini terakhir cek data untuk daftar SMPTN 2021 yang harus diketahui oleh para siswa.

Sebagai informasi, rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2021 PTN sudah dimulai kembali.

Oleh karenanya, siswa wajib tahu kapan dan dimana harus segera mengecek data untuk mendaftar SNMPTN 2021.

Saat ini sedang berlangsung proses pembaruan atau pengecekan data oleh sekolah di laman Pusdatin (Pusat Data dan Teknologi Informasi) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca Juga:Segera Catat! Begini Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Selama 4 Bulan dari Kemendikbud Meski Siswa Tidak Punya Ponsel Sekalipun

Baca Juga:Sudah Bisa Didapat Mulai Hari Ini, Bisakah Paket Kuota Belajar Telkomsel 10 GB Rp 10 Digunakan Untuk Mengakses Sosmed?

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) mengumumkan bahwa hari ini merupakan batas akhir untuk pengecekan data tersebut.

Anwar Effendi menegaskan, per 23 Desember 2020 akan dilakukan cut off data untuk penghitungan jumlah kuota siswa peserta SNMPTN 2021.

Data jumlah siswa dan status akreditasi sekolah untuk penentuan kuota siswa peserta SNMPTN 2021 (atau yang disebut siswa eligible), imbuhnya dapat dilihat pada laman PUSDATIN-PDSPK Kemdikbud (pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt).

Di laman tersebut pada menu tabel, bisa dilihat rekap peserta didik tingkat akhir dari masing-masing provinsi di Indonesia.

Jika nama provinsi di-klik, maka akan muncul data-data masing-masing sekolah yang ada di provinsi tersebut.

Namun jika ingin mengecek nama sekolah, Anda bisa langsung mengetik nama sekolah atau NPSN di kolom pencarian.

Baca Juga:Jangan Sampai Ketinggalan, Kuota Promo Gila-gilaan Paket Internet Tri Agustus 2020 Mulai dari Rp 7 Ribu!

Baca Juga:Mendikbud Bagikan Kabar Terbaru Bagi Seluruh Pelajar Tanah Air Terkait Sekolah Tatap Muka, Kapan Akan Dibuka?

Lalu pihak sekolah harus mengecek apakah data sekolahnya sudah benar terkait akreditasi sekolah, total siswa, hingga jumlah siswa per jurusan.

Jika masih ada yang belum benar, sekolah diminta melakukan verifikasi validasi Satuan Pendidikan dan Peserta Didik melalui laman berikut ini: vervalsp.data.kemdikbud.go.id

Di laman tersebut, sekolah login dengan username dan password. Jika sudah benar, sekolah bisa menunggu pengumuman kuota oleh LTMPT pada 28 Desember 2020.

Sebelumnya, LTMPT menyampaikan informasi melalui seminar daring Sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 yang disiarkan lewat YouTube resmi LTMPT pada Sabtu, 12 Desember 2020.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Dr Budi Prasetyo Widyobroto mengimbau sekolah untuk mengecek data siswa dan status sekolah di Pusdatin.

Jika ada yang salah, diharapkan untuk segera dikoreksi. Hal itu penting untuk menetapkan kuota masing-masing sekolah.

"Artinya akan kita tunggu sampai 23 Desember, kemudian data dari pusdatin itu akan kita ambil, kemudian akan kita pakai untuk memperhitungkan kuota dari masing-masing sekolah," ujarnya dalam seminar daring, Sabtu (12/12/2020).

Dia juga menjelaskan, dasar LTMPT untuk menentukan kuota sekolah adalah dari akreditasi sekolah dan jumlah siswa kelas paralel (IPA, IPS, atau Bahasa).

Setelah itu pada 28 Desember, LTMPT akan mengumumkan secara terbuka kuota masing-masing sekolah di Indonesia untuk mengikuti SNMPTN.

LTMPT juga menyediakan layanan masa sanggah bagi sekolah yang ingin mengoreksi, yaitu paling lambat 15 Januari 2021 pukul 15.00 WIB.

Kemudian, setelah kuota diumumkan oleh pihak LTMPT, sekolah menentukan siapa saja siswa yang bisa mengikuti SNMPTN.

Baca Juga:Kuota Pendaftaran Kartu Prakerja Semakin Dibatasi, Ini Rahasia Agar Lolos Kartu Prakerja Gelombang 10 di www.prakerja.go.id

Baca Juga:Kabar Gembira Bagi Seluruh Pelajar di Indonesia, Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud Dibagi Hari Ini, Bisakah Untuk Membuka Sosmed?

Sebagian artikel ini sudah pernah tayang di Kompas.com dengan judul: Besok Batas Akhir Cek Data Siswa untuk Daftar SNMPTN 2021, Ini Caranya...

Editor : Poetri Hanzani

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya