5 Tips untuk Meningkatkan Imunitas Ibu Hamil di Masa Pandemi

By Sri Noviyanti, Senin, 30 November 2020 | 20:15 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil (Freepik.com)

Nakita.id – Ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang dianggap rentan terpapar virus selama pandemi. Hal ini mungkin saja membuat cemas mereka.

Tak perlu khawatir, selama imunitasnya terjaga, ibu hamil bisa tercegah dari virus. Nah, bagaimana cara meningkatkan imunitas mereka? Simak tips berikut.

1. Cukupi kebutuhan nutrisi

Mengonsumsi makanan bergizi merupakan cara paling penting untuk memperkuat imunitas tubuh. Hal ini juga berlaku bagi ibu hamil.

Adapun nutrisi yang tak boleh terlewat adalah protein, vitamin C, zat besi, omega 3, asam folat, vitamin B6, dan kalsium.

Agar emndapatkan seluruh nutrisi itu, ibu hamil sebaiknya banyak mengonsumsi buah dan sayuran, daging tanpa lemak, juga kacang-kacangan.

Baca Juga: Moms, Ini Perbedaan Sesak Nafas Saat Kehamilan dengan Sesak Nafas Akibat Covid-19

Jika kebutuhan nutrisi dari makanan dirasa belum cukup, ibu hamil juga boleh mengonsumsi vitamin untuk melengkapi nutrisinya.

2. Berolahraga rutin

Berolahraga juga dapat meningkatkan imunitas. Hanya sjaa, sebelum melakukannya, ibu hamil harus berkonsultasi dulud engan dokter.

Jika taka da keluhan, ibu hamil bisa melakukan olahraga. Beberapa aktivitas olahraga yang cocok bagi ibu hamil, misalnya senam hamil dan yoga.

Olahraga seperti itu bsia dilakukan di rumah. Ibu hamil juga boleh mengundang instruktur ke rumah atau melihat video tutorial dari internet.