Banyak yang Belum Menyadari, Terlalu Banyak Konsumsi Obat Justru Buat Pria Punya Risiko Besar Terkena Impotensi

Selasa, 27 Oktober 2020 | 17:00
iStockphoto

Terlalu Banyak Konsumsi Obat Justru Buat Pria Punya Risiko Besar Terkena Impotensi

Banyak yang Belum Menyadari, Terlalu Banyak Konsumsi Obat Justru Buat Pria Punya Risiko Besar Terkena Impotensi

GridHITS.id -Siapa sangka jika konsumsi obat berlebih juga berpengaruh pada risiko terkena impotensi.

Hal tersebut nantinya akan berpengaruh pada pria yang diketahui terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.

Seperti kita ketahui bersama jika disfungsi ereksi (DE) alias impotensi menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling ditakuti para kaum pria.

Baca Juga:Tak Disangka, Ternyata Cuma Segini Durasi yang Ideal untuk Berhubungan Intim dengan Pasangan, Jangan Sampai Kelamaan!

Baca Juga:Tak Perlu Obat Kuat untuk Memuaskan Pasangan, Cukup Bercinta pada Jam Segini, Dijamin Lebih Nikmat dan Si Dia Jadi Betah Lama-lama di Ranjang

Diketahui menurut Mayo Clinic, disfungsi ereksi terjadi ketika pria tidak mampu mencapai atau mempertahankan ereksi dengan baik saat berhubungan seksual.

Akibatnya kondisi ini tak jarang berpengaruh pada keharmonisan dan kepuasan bercinta dari suatu pasangan.

Tak sedikit pria yang mengalaminya berakhir dengan stres dan frustasi, bahkan menghindari hubungan seksual karena takut tak bisa memuaskan pasangannya.

Nah bagi para pria yang tak ingin mengalami disfungsi ereksi, adabaiknya mulai sekarang hindari konsumsi obat-obatan secara berlebihan.

Pasalnya pria yang mengonsumsi beberapa jenis obat secara rutin dalam jangka panjang lebih berisiko mengalami gangguan ereksi dibandingkan pria yang hanya minum obat kurang dari dua jenis.

Baca Juga:Tak Cuma Bermanfaat Bagi Wanita, Gerakan Senam Ini Justru Bisa Tingkatkan Kualitas Seks Bagi Pria

Baca Juga:Aktivitas di Ranjang Bersama Pasangan Makin Memuaskan dengan Memakai Kaus Kaki Saat Bercinta, Ini Alasannya

Freepik.com
Freepik.com

Kenali 3 Zona Sensitif pada Pria yang Bisa Berikan Kenikmatan dalam Bercinta

Dalam suatu penelitian, para peneliti melihat risiko disfungsi ereksi pada pria yang mengonsumsi obat sekitar 10 macam atau lebih setiap harinya.

Setelah mempertimbangkan faktor risiko disfungsi ereksi lainnya, seperti usia, kegemukan, diabetes, dan kebiasaan merokok, diketahui bahwa pengaruh obat-obatan itu tetap tinggi.

Karena itu, dokter disarankan mengevaluasi kembali obat-obatan yang diberikan kepada pasiennya yang menderita impotensi, bahkan jika memungkinkan menguranginya.

Apalagi, beberapa situasi perubahan gaya hidup sehat, seperti diet sehat dan olahraga, bisa menggantikan fungsi obat.

"Terkadang pasien diberikan obat-obatan yang tidak terlalu diperlukan. Bila hal itu bisa dikurangi, mungkin akan membantu pasien yang menderita impotensi," kata Dr Diana C Londono, urolog dari Mayo Clinic yang melakukan riset ini.

Baca Juga:Tak Cuma Bermanfaat Bagi Wanita, Gerakan Senam Ini Justru Bisa Tingkatkan Kualitas Seks Bagi Pria

Baca Juga:Tak Hanya Puaskan Pasangan di Ranjang, 5 Posisi Bercinta Ini Ampuh Bakar 100 Kalori Lemak Tubuh, Setara dengan Olahraga

Obat-obatan yang terkait dengan risiko disfungsi ereksi antara lain obat untuk tekanan darah tinggi, seperti beta blocker dan thiazides, obat yang dipakai untuk mengatasi depresi dan kecemasan, serta obat-obatan lain yang mengganggu kadar testosteron.

"Kami belum mengetahui bagaimana obat-obatan itu memperburuk gangguan ereksi. Mungkin ada interaksi antarobat yang memiliki efek kecil pada kemampuan ereksi meski efek itu tidak tertulis dalam label obat," kata Londono.

Artikel ini sudah pernah tayang di GridHealth.id dengan judul: Pria Jangan Terlalu Banyak Minum Obat, Risikonya Bisa Terkena Impotensi

Editor : Safira Dita

Sumber : Gridhealth

Baca Lainnya