Kabar Gembira Bagi Seluruh Pelajar Tanah Air Karena Kuota Internet Kemendikbud Cair, Begini Cara Mengeceknya Lewat Telkomsel, Tri, XL dan Axis

Jumat, 23 Oktober 2020 | 11:11
Kompas/ GARRY LOTULUNG

Kabar Gembira Kuota Internet Kemendikbud Cair, Begini Cara Mengeceknya Lewat Telkomsel, Tri, XL dan Axis

Kabar Gembira Bagi Seluruh Pelajar Tanah Air Karena Kuota Internet Kemendikbud Cair, Begini Cara Mengeceknya Lewat Telkomsel, Tri, XL dan Axis

GridHITS.id -Kabar gembira bagi seluruh pelajar Tanah Air karena kuota internet Kemendikbudsudah cair, begini cara mengeceknya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulaimenyalurkan kuota data internet mulai September hingga Desember.

Pembagian kuota akan dimulai pada 22 September - 30 November 2020 dan pembagian kuota tiap bulan akan dibagi menjadi dua tahap.

Saat dikonfirmasi, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Kemendikbud Evy Mulyani mengatakan penyaluran kuota internet Kemendikbud dipastikan sesuai jadwal yang ditentukan di awal.

"Sebagaimana Persesjen juknis bantuan kuota data internet, jadwal penyaluran kuota data internet dilaksanakan sesuai jadwal dalam Persesjen tersebut," katanya pada Kompas.com, Kamis (22/10/2020).

Baca Juga:Bulan Ini Jadi Kabar Gembira Untuk Seluruh Pelajar di Indonesia di Tengah Pandemi Corona, Mendikbud: Pembelajaran Jarak Jauh Akan Permanen

Baca Juga:Kuota Promo Internet Murah Telkomsel 10GB Cuma 40 Ribu, Klik Di Sini Untuk Cara Mudah Mendapatkannya

Untuk bulan September, pembagian tahap I akan dilakukan pada 22-24 September 2020 dan tahap II akan dilakukan pada 28-30 September 2020.

Bulan Oktober, tahap I akan dilakuan pada 22-24 Oktober 2020 dan tahap kedua pada tanggal 28-30 Oktober.

Sementara pembagian kuota bulan November dan Desember akan dilakukan bersamaan pada kedua tahap yaknipada 22-24 November dan tahap kedua pada 28-30 November.

Adapun besarannya berbeda untuk tiap jenjang kuota yang diterima tiap orang tersebut nantinya terdiri atas kuota umum dan kuota belajar.

Secara umum, kuota yang diberikan Kemendikbud akan dibagi menjadi dua, yakni kuota umum dan kuota belajar

Kuota umum bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi sedangkankuota belajar hanya bisa digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

Aplikasi dan laman belajar yang dimaksud misalnya Kipin School 4.0. Microsoft Education, Quipper, Ruangguru, Rumah Belajar, Sekolah.mu, Udemy, Zenius, Google Classroom, Edmodo, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:Jangan Sampai Ketinggalan, Kuota Promo Gila-gilaan Paket Internet Tri Agustus 2020 Mulai dari Rp 7 Ribu!

Baca Juga:Mendikbud Bagikan Kabar Terbaru Bagi Seluruh Pelajar Tanah Air Terkait Sekolah Tatap Muka, Kapan Akan Dibuka?

Kompas.com

Kuota Internet Kemendikbud Cair, Begini Cara Mengeceknya Lewat Telkomsel, Tri, XL dan Axis

Kuota juga bisa digunakan untuk mengakses platform konferensi video, seperti Cisco Webex, Google Meet, Microsoft Teams, U Meet Me, dan Zoom. Selain itu, kuota belajar juga bisa digunakan untuk mengakses 401 situs perguruan tinggi di Indonesia.

Sementara itu rincian kuota yang diterima para penerima manfaat adalah sebagai berikut:

1. Peserta didik PAUD mendapatkan 20 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.

2. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

3. Pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

4. Mahasiswa dan dosen mendapatkan 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Baca Juga: Kuota Pendaftaran Kartu Prakerja Semakin Dibatasi, Ini Rahasia Agar Lolos Kartu Prakerja Gelombang 10 di www.prakerja.go.id

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Seluruh Pelajar di Indonesia, Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud Dibagi Hari Ini, Bisakah Untuk Membuka Sosmed?

Lebih lanjut, Evy mengatakan nantinya para penerima kuota akan mendapatkan notifikasi lewat SMS.

"Sebagaimana mekanisme umum telekomunikasi, tentu secara otomatis akan ada SMS notifikasi dari operator terkait," ujarnya.

Mengutip dariKompas.com, 23 September 2020, para penerima yang menggunakan operator Telkomsel akan menerima SMS pemberitahuan.

Kompas.com

Kuota Internet Kemendikbud Cair, Begini Cara Mengeceknya Lewat Telkomsel, Tri, XL dan Axis

Selain itu bisa juga dicek dengan mengetik *888# di panggilan atau mengecek lewat aplikasi My Telkomsel.

Sementara itu bagi pelanggan operator Tri juga akan mendapatkan SMS notifikasi bagi yang datanya sudah terdaftar di Dapodik.

Untuk mengecek bisa dengan menekan *123*10*3# atau melalui aplikasi Bima+.

Lalu untuk pelanggan XL dan Axis juga akan mendapatkan SMS notifikasi.

Selain itu pelanggan XL prepaid bisa mengecek saldo kuota bantuan di aplikasi MyXL.

Sementara itu bagi pelanggan prioritas bisa mengecek melalui aplikasi AxisNet.

Nantinya pada pilihan 'detail' pilih paket Terus Belajar. Adapun untuk pengecekan melalui UMB bisa dilakukan dengan menekan *123#, kemudian pilih Info, pilih Info Kartu-XL-ku, pilih Info Cek Kuota, dan pilih paket Terus Belajar.

Baca Juga:Segera Catat! Begini Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Selama 4 Bulan dari Kemendikbud Meski Siswa Tidak Punya Ponsel Sekalipun

Baca Juga:Sudah Bisa Didapat Mulai Hari Ini, Bisakah Paket Kuota Belajar Telkomsel 10 GB Rp 10 Digunakan Untuk Mengakses Sosmed?

Editor : Safira Dita

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya