Ekonom ini Peringatkan Agar Jangan Tergiur Berbisnis Tanaman Janda Bolong Bila Tak Mau Bangkrut, Berkaca Pada Kasus Akik dan Tanaman Gelombang Cinta

Kamis, 08 Oktober 2020 | 17:31
pixabay, tokopedia

Bisnis tanaman janda bolong bisa bikin bangkrut

Ekonom ini Peringatkan Agar Jangan Tergiur Bisnis Tanaman Janda Bolong Bila Tak Mau Bangkrut, Berkaca Pada Kasus Akik dan Tanaman Gelombang Cinta

GridHITS.id -Ekonom ini ingatkan agar kita tak tergiur berbisnis tanaman janda bolong karena bisa bangkrut.

Pernyataan itu menanggapi sedang maraknya bisnis tanaman janda bolong.

Tanaman yang biasa dihargai murah itu, harganya mendadak meroket bahkan bisa menembuh puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah.

Baca Juga: Pantas Satu Helai Daunnya Dihargai 15 Juta, Ini Keunggulan dan Manfaat Daun Janda Bolong Langka yang Menakjubkan

Baca Juga: Ingin Tanaman Hias Kuat dan Tidak Mudah Rontok Daunnya? Coba Gunakan Garam

Di tengah situasi pandemi saat ini, sebagian masyarakat memiliki waktu lebih banyak berada di dalam rumah, karena adanya imbauan untuk mengurangi aktivitas di luar.

Hal ini membuat banyak dari mereka yang mencari kegiatan baru demi mengurangi rasa penat, salah satunya adalah mendekorasi ulang ruang-ruang rumah dengan tanaman.

Salah satu jenis tanaman yang saat ini tengah menjadi tren dan dibanderol harga tinggi adalah tanaman daun jenis monstera.

Di platform jual beli Shopee misalnya, tanaman dengan ciri khas daun berlubang-lubang alami ini dijual beragam, mulai harga puluhan ribu untuk bonggolnya saja dan ratusan ribu bahkan hingga jutaan rupiah untuk tanaman yang sudah berdaun.

Padahal sebelumnya, jenis tanaman ini tidak begitu dicari oleh masyarakat.

Jika kita ingat ke belakang, jenis tanaman yang hits dan menjadi tren adalah anturium, aglaunema, dan sebagainya.

Sempat dijual dengan harga fantastis, kini harga tanaman itu sudah mulai turun, tidak setinggi di masa puncak popularitasnya.

Apa yang sebenarnya terjadi pada fenomena pasar yang seperti ini?

Ekonom dari Institute Development of Economics and Financial (Indef), Bhima Yudhistira menyebut fenomena semacam ini disebut sebagai gelembung ekonomi atau bubble economy.

"Teorinya adalah gelembung ekonomi (bubble economy) di mana harga aset menyimpang jauh dari nilai intrisiknya," kata Bhima saat dihubungi Kompas.com, Minggu (27/9/2020).

Baca Juga:Asam Urat dan Rematik Sembuh Total Tanpa Obat, Rahasianya Ada pada Tanaman yang Kerap Tumbuh di Pekarangan Rumah Ini

Baca Juga:Semprot Daun Tanaman Hias di Rumah dengan Cairan Baking Soda dan Sabun Cair, Hal Menakjubkan Ini Jadi Bonusnya

Bhima menjelaskan, dalam sejarahnya fenomena ini pertama kali tercatat pada 1637.

Saat itu, bunga tulip dihargai 3.000-4.200 Gulden di Eropa.

"Kemudian Charles Mackay, menulis buku terkenal Extraordinary Popular Delusions and the Madness of Crowds, bahwa harga tulip bisa melambung tinggi karena pasar irasional," sebut Bhima.

Pasar irasional ini jugalah yang saat ini terjadi pada harga jual jenis tanaman monstera di Indonesia.

Lihat Foto Banyak warga mengincar batu mulia terbaik meski sulit mendapatkannya. Misalnya dengan rela pergi ke luar kota atau membayar mahal batu akik incarannya.

Namun, pasar irasional ini juga sudah beberapa kali terjadi di Tanah Air sebelumnya.

"Di Indonesia ini terjadi berulang pada saat booming ikan louhan, daun anthurium, sampai batu akik (ini) menunjukkan adanya gejala irasionalitas di pasar," jelas dia.

"Misalnya pada saat anturium dihargai setara mobil Innova pada saat itu, ternyata ada permainan antar pedagang tanaman hias atau kartel yang menggoreng harga sehingga bisa ratusan juta rupiah," ungkap dia.

Baca Juga:Pernah Lihat Tanaman Liar Ini? Ternyata Bisa untuk Mengobati Berbagai Masalah Penyakit Mulai dari Ginjal Sampai Paru-paru Basah!

Baca Juga:5 Trik Sederhana dari Baking Soda yang Mampu Atasi Masalah Tanaman

Permainan yang dimaksud Bhima adalah upaya di antara para pedagang untuk sepakat menaikkan harga item tertentu, sehingga muncullah harga baru yang berbeda.

Tidak hanya itu, para pemain di balik harga pasar ini juga menciptakan rumor-rumor tertentu untuk mempermulus upayanya dalam melambungka harga.

"Yang dilakukan adalah proses pembentukan harga di antara sesama pedagang, kemudian diciptakan rumor atau isu agar masyarakat makin tertarik beli. Ada forum-forum kolektor juga, diciptakan imajinasi bahwa yang warna tertentu, bentuk tertentu punya harga lebih," katanya lagi.

Misalnya, saat ini tanaman monstera dengan jenis variegata atau memiliki campuran warna putih dan hijau, dibanderol harga lebih tinggi daripada monstera yang berwarna hijau biasa, karena disebut langka, dan sebagainya.

"Jadi diciptakan pembenaran bahwa harga yang fantastis itu wajar," ujarnya.

Namun, satu hal yang perlu diselidiki menurut Bhima adalah siapa yang bermain di balik semua ini.

Menurutnya, spekulan pasar selalu menciptakan produk untuk dipermainkan.

"Iya memang ada perubahan perilaku juga selama pandemi, masyarakat banyak WFH, sehingga perhatian terhadap interior rumah, termasuk tanaman indoor naik. Jadi ada tren ini, tapi juga digoreng oleh spekulan," pungkas Bhima.

Baca Juga:Bukan Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Ini Sederet Manfaat Minyak Zaitun untuk Perkakas Taman dan Tanaman di Rumah

Baca Juga:Sering Disebut Sebagai Makanan Tak Sehat, Siapa Sangka Air Bekas Rebusan Mie Instan Punya Efek Luar Biasa Jika Disiramkan Pada Tumbuhan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di Balik Mahalnya Janda Bolong, Apa yang Terjadi?"

Editor : Saeful Imam

Sumber : Kompas

Baca Lainnya