Flu Sama Parahnya dengan Virus Corona, Simak Penjelasan dari Tenaga Medis Ini

Senin, 14 September 2020 | 14:45
Freepik

Ilustrasi flu.

Flu Sama Parahnya dengan Virus Corona, Simak Penjelasan dari Tenaga Medis Ini

GridHITS.id - Hujan sudah mulai turun, flu pun semakin menjadi penyakit yang perlu perhatian khusus di tengah pandemi Covid-19 ini.Bahkan di luar negeri atau negara dengan empat musim sudah mulai masuk musim dingin yang di mama mereka banyak kampanye soal pentingnya mengenal flu.Maka dari itu meski segala perhatian sedang tertuju pada virus corona, beberapa dari kita harus tetap bisa menjaga diri dari flu dan penyebarannya.Melansir dari Mirror, seorang dokter muda berusia 30 tahun mengatakan bahwa dirinya kehilangan adik laki-lakinya karena flu.

Baca Juga: Belum Usai Corona Menyerang, Ratusan Babi di Palembang Dinyatakan Mati Terinfeksi Flu Babi Afrika, Kenali Gejala Ini Sebelum Terlambat

Baca Juga: Waspada! Pakar Ahli Ungkap Flu Babi Jenis Baru yang Melanda China Bisa Lebih Ganas dan Menular Lewat Kontak Langsung"Kekhawatiran kami di musim dingin adalah bahwa perilaku kami berubah, kami menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan dan cenderung lebih dekat dengan orang-orang karena cuaca dingin dan basah. inilah mengapa lebih banyak kasus flu di musim dingin." ujar Dr. Alex George.“Inilah mengapa kampanye flu seperti ini penting, karena kami melihat lebih banyak kasus, terutama pada lansia dan kelompok rentan."Yang kami khawatirkan adalah mengidap flu dan terkena virus corona, karena orang-orang di dalam semakin dekat dan ada risiko lebih tinggi tertular." tambahnya."Kami mendapatkan banyak kematian akibat flu hari ini, sekitar 17.000 kematian per tahun di Inggris dan itu mengejutkan banyak orang." jelasnya kembali.

"Penelitian yang dilakukan oleh Lloyd's Pharmacy menemukan bahwa satu dari 10 orang tidak menyadari bahwa flu dapat membunuh, jadi itu adalah sesuatu yang sering kami hadapi."Orang-orang mengira flu hanyalah flu yang parah, tetapi kenyataannya bisa sangat serius." tegasnya.Dr. Alex mengatakan bahwa semua orang harus mengetahui gejala flu meski pun itu dibilang mirip dengan virus corona."Ada kesamaan antara virus corona dan flu tetapi jumlah kematian yang kami lihat jauh, jauh lebih besar daripada flu,

Baca Juga: Pandemi Corona Masih Jatuhkan Banyak Nyawa, China Kembali Temukan Virus yang Berisiko Timbulkan Pandemi Lagi

Baca Juga: Belum Usai Wabah Virus Corona, Muncul Flu Babi Jenis Baru yang Bisa Jadi Ancaman Meluasnya Pandemi Baru

dan yang perlu kami lakukan adalah memastikan bahwa orang-orang mengenali gejalanya dan melakukan tes lebih awal dan memastikan mereka tahu bagaimana menjaga diri mereka sendiri. " ucapnya.Menurut penelitian baru, sekitar 30 juta orang di Inggris memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin flu karena mereka dianggap lebih rentan daripada yang lain.Dr. Alex memberi tahu orang-orang di saluran YouTube-nya, mengatakan flu dapat menyebabkan komplikasi lain dan dapat menimbulkan risiko serius bagi kesehatan seseorang.

"Coronavirus sangat serius tetapi flu itu sendiri dapat menyebabkan komplikasi lain." ujarnya."Orang yang memiliki kondisi kesehatan yang mendasari seperti asma atau diabetes berada pada risiko paling besar tidak sehat jika disertai dengan flu.Itulah mengapa program vaksinasi yang telah dijalankan oleh NHS selama bertahun-tahun adalah tentang mendorong orang yang sangat rentan untuk mendapatkan vaksinasi, yang sekarang adalah hingga sekitar 30 juta orang yang akan memenuhi syarat." jelasnya.

Baca Juga: Dijuluki Manusia Super, Begini Kisah Nenek Usia 101 Tahun yang Berhasil Lolos dari Virus Corona hingga Flu Spanyol

Baca Juga: Kabar Buruk, Karena Pintar Bermutasi Ahli Sebut Covid-19 Mustahil Diberantas, Ilmuwan : Mirip Penyakit Flu yang Selalu Ada Sepanjang Masa "Usia 50-an ke atas akan memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin, yang telah berjalan selama beberapa tahun dan didorong oleh semua profesional perawatan kesehatan karena itu penting.Itu satu-satunya hal yang dapat kami lakukan untuk benar-benar melindungi diri dari flu, jadi saya berharap orang-orang akan menanggapinya dengan serius tahun ini.Vaksin flu adalah satu hal yang dapat melindungi kita dari virus dan jika Anda termasuk dalam kelompok rentan tersebut, Anda disarankan untuk mendapatkannya." tegas Dr. Alex."Banyak orang tidak menyadari bahwa flu sebenarnya sangat menular, sekitar 50% orang tidak menyadarinya." tandas Dr. Alex.

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : mirror.co.uk

Baca Lainnya