Pantas Angka Positif Terus Meroket! Virus Corona Tipe G yang 10 Kali Lebih Menular Sudah Terdeteksi di Tanah Air, Tetap Waspada

Minggu, 30 Agustus 2020 | 10:52
Freepik

Ilustrasi virus corona.

Pantas Angka Positif Terus Meroket! Virus Corona Tipe G yang 10 Kali Lebih Menular Sudah Menyebar di Tanah Air, Tetap Waspada

GridHITS.id - Waspadalah, karena jenis virus tipe G yang dikenal 10 kali lebih menular sudah menyebar di Indonesia.

Ini menjadi kabar buruk setelah sebelumnya jenis virus D614G ini terdeteksi di Malaysia dan Filipina.

Karena lebih menular, virus ini mudah menyebar hingga membuat angka positif corona meroket tinggi.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong! Ahli Epidemiologi Dunia Peringatkan Indonesia Masuki Fase Kritis, Rumah Sakit Mulai Penuh Sementara Kasus Harian Masih Meninggi

Baca Juga: Catat! Bioskop Justru Bisa Jadi Sarana Efektif Tangkal Corona Hingga Akan Dibuka Kembali, ini Penjelasan Jubir Covid-19

Asal tahu saja, sudah dua hari ini, penderita positif corona di seluruh Indonesia menyentuh angka 3000, padahal sebelumnya hanya 2000, bahkan di bawah 2000.

Kepastian adanya virus G ini diungkap langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa berdasarkan hasil pengurutan genom virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang sudah dikirim ke bank data global, virus corona yang beredar di Indonesia ada yang sama dengan virus yang beredar di Eropa.

"Satu itu memang masuk kategori G. Kategori G itu dianggap adalah virus yang seolah-olah berasal atau berkembang di Inggris atau di Eropa tepatnya," katanya melalui video yang disiarkan di YouTube pada Rabu seperti dilansir GridHITS dari antara.

Mengenal Virus Corona Tipe G atau D614 G yang dipastikan 10 Kali Lebih Menular

Sebelum terdeteksi di Indonesia, virus jenis ini sudahmenyebar di negara JiranMalaysia.

Dilansir GridHITS.id dari Kontan.co.id,Malaysia mendesak kewaspadaan penduduknya yang lebih besar setelah mendeteksi mutasi D614G dari virus corona baru-baru ini.

Mengutip Channel News Asia, Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah mengatakan, D614G, strain baru dari virus corona yang terdeteksi di dua kluster di negeri jiran, 10 kali lebih menular.

Baca Juga: Disuntik Vaksin Corona ke Dalam Tubuhnya, Relawan Ini Memberikan Pengakuan yang Mengejutkan, Suhu Badan Mendadak Naik Drastis Hingga Rasa Kantuk yang Tak Terkendali

Baca Juga: Jungkir Balik Demi Dapur Tetap Ngebul, Nassar Sungkar Rela Banting Setir Jualan Donat Imbas Pandemi Corona

Selain di Malaysia, D614G juga ditemukan di Singapura dan Filipina.

Apa itu D614G?

Juga disebut mutasi "G", D614G adalah variasi dari galur asli virus corona yang pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan, China, pada Desember tahun lalu.

Sejak itu, virus corona bermutasi beberapa kali. Mengutip South China Morning Post (SCMP), sebuah studi bulan lalu oleh Universitas Bologna, Italia, menemukan, setidaknya ada enam jenis virus corona asli yang menyebabkan pandemi.

Mutasi pertamanya, galur S, muncul di awal tahun ini. Lalu, strain G muncul mulai pertengahan Januari.

Mutasi D614G sekarang menjadi bentuk dominan dalam pandemi Covid-19, membentuk sekitar 70% dari sekitar 50.000 genom virus corona.

Meskipun paling banyak ditemukan di Amerika Serikat (AS) dan Eropa, keberadaannya telah meningkat di Asia sejak Maret lalu.

Bagaimana penampakannya Virus G Corona atau D614G?

Profesor Gavin Smith dari Program Emerging Infectious Diseases Duke-NUS Singapura mengatakan, semua virus membuat salinan dirinya sendiri selama infeksi.

Virus, seperti virus corona atau yang menyebabkan influenza, menghasilkan kesalahan selama proses replikasi. Kesalahan ini muncul sebagai mutasi, menurut Smith, seperti dikutip SCMP.

Dalam kasus D614G, mutasi terjadi ketika asam amino pada posisi 614 berubah dari D (asam aspartat) menjadi G (glisin). Alhasil, varian awal D614 dari Wuhan menjadi D614G.

Apa yang membuatVirus Corona Tipe G berbeda dari yang lain?

Baca Juga:Catat! Bioskop Justru Bisa Jadi Sarana Efektif Tangkal Corona Hingga Akan Dibuka Kembali, ini Penjelasan Jubir Covid-19

Baca Juga:Kenali Gejala Ringan Terinfeksi Virus Corona yang Tak Boleh Dihiraukan

Penelitian menunjukkan, D614G lebih menular dibanding jenis lainnya.

Dalam studi Juli lalu yang diterbitkan dalam jurnal Cell, Dr Bette Korber, ahli biologi dari Laboratorium Nasional Los Alamos, AS, menguji sampel yang diambil dari pasien di seluruh Eropa dan AS.

Dia dan timnya menemukan, meskipun varian D614G langka di luar Eropa pada awal Maret, frekuensinya meningkat di seluruh dunia pada akhir bulan tersebut.

“Di seluruh dunia, bahkan ketika epidemi lokal memiliki banyak kasus dari bentuk aslinya yang beredar, segera setelah varian D614G diperkenalkan ke suatu wilayah, itu menjadi bentuk yang umum,” kata Dr Korber dalam sebuah laporan di ScienceDaily seperti dilansir SCMP.

Studi tersebut menemukan, mutasi terjadi pada protein lonjakan virus, bagian menonjol dari virus corona yang digunakan untuk memasuki sel manusia. Strain ditemukan lebih menular daripada D614 dalam kultur sel dalam kondisi laboratorium.

Tim juga menemukan, pasien yang terinfeksi virus D614G membawa lebih banyak salinan virus dibanding mereka yang terinfeksi jenis D614, mungkin menjelaskan mengapa virus lebih mudah ditularkan.

Sebuah studi terpisah pada Juni oleh para peneliti dari The Scripps Research Institute, AS, juga menemukan, strain itu 10 kali lebih menular ketimbang galur aslinya karena lonjakan proteinnya lebih jarang pecah.

Studi tersebut dipublikasikan di situs penelitian online bioRxiv dan belum mendapat tinjauan dari ilmuwan lainnya.

Namun, Profesor Smith mengingatkan, studi itu mungkin tidak selalu diterjemahkan ke dalam apa yang terjadi pada manusia. Peneliti lain juga menunjukkan, studi ini hanya memberi kesan tetapi tidak membuktikan D614G lebih menular.

Apakah D614G ata Virus Corona Tipe G Lebih Mematikan?

Baca Juga:Penelitian Menyatakan Bahwa Kita Harus Memakai Masker Ketika Membilas Toilet Umum untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Baca Juga:Bak Angin Segar di Tengah Pandemi, Hasil Uji Klinis Vaksin Virus Corona akan Dikeluarkan Pada Bulan Ini

Studi oleh Dr Korber juga menemukan, D614G tidak lebih mematikan dibandingkan dengan yang strain lain. Tingkat rawat inap pasien positif Covid-19 lebih bergantung pada faktor-faktor seperti usia dan jenis kelamin.

Profesor Smith mengatakan, tidak ada bukti yang menunjukkan D614G lebih mematikan. Strain tersebut menjadi dominan karena mereka yang terjangkit D614G telah memasuki negara-negara di mana penyebaran virus tidak terkontrol dengan baik.

Akankah vaksin tetap efektif?

Profesor Smith menegaskan, vaksin akan tetap efektif melawan D614G karena tidak menargetkan bagian dari genom yang terkena. Protein lonjakan memiliki "tangkai" dan "kepala".

Antibodi dari vaksin menempel di kepala untuk mencegah virus menginfeksi sel manusia. "Namun, karena mutasi D614G terjadi pada tangkai, hal ini tidak akan memengaruhi cara kerja vaksin," kata Profesor Smith.

Editor : Saeful Imam

Sumber : ANTARA, YouTube, kontan

Baca Lainnya