Viral Uang Pecahan Baru, Ini Penampakan Uang 75.000 Jadi Uang Pecahan Baru dalam Rangka Perayaan HUT ke-75 RI

Senin, 17 Agustus 2020 | 09:33
Bank Indonesia via Kompas.com

Uang Rupiah Khusus Edisi Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia.

GridHITS.id - Indonesia tahun ini merayakan hari ulang tahun dengan suasana yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Hal ini karena pandemi Covid-19 harus membuat Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia dengan adanya protokol kesehatan yang membatasi adanya keramaian.

Meski demikian, masyarakat tetap menyambut bahagia dan gembira HUT ke-75 RI ini.

Tak hanya masyarakat, rupanya pemerintah juga berupaya melakukan hal berbeda di tahun ini.

Baca Juga: Jangan Sampai Ketinggalan Katalog Promo HUT RI ke-75, 10 Restoran Cepat Saji Ini Tawarkan Diskon Besar-besaran Spesial 17 Agustus

Selain menyediakanlive streamingupacara pengibaran dan penurunan bendera di Istana Negara, pemerintah juga baru-baru ini membocorkan adanya uang pecahan baru yang akan rilis tepat pada 17 Agustus 2020 ini.

Beberapa waktu lalu, media sosial diramaikan dengan adanya cuplikan foto uang pecahan baru, yakni uang pecahan senilai Rp75.000.

Tentu saja, uang pecahan ini belum beredar di masyarakat luas saat media sosial ramai membicarakannya.

Munculnya uang pecahan tersebut sempat membuat heboh, sebagian merasa sangat gembira, meski sebagian lain mengira uang tersebut hanya hasil dariediting.

Rupanya, uang pecahan senilai Rp75 ribu tersebut bukanlah hoaks.

Mengutip dariKompas TV, Bank Indonesia (BI) rupanya memang dikabarkan merilis uang rupiah khusus dalam rangka peringatan HariUlang Tahun ke-75 Republik Indonesia.

Peluncuran uang pecahan baru tersebut akan diresmikan secara langsung olehGubernurBank IndonesiaPerry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Selebriti Kaya Raya, Ini Perjalanan Karier Raffi Ahmad Mulai dari Dibayar Rp 500 Ribu Sampai Tak Pernah Pegang Uang Hasil Kerjanya

"Dalam kesempatan baik ini kami bermaksud menyampaikan undangan sekaligus mohon konfirmasi kehadiran rekan-rekan pada acara 'Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia' bersama GubernurBank IndonesiadanMenteri Keuangan," jelas BI dalam undangan yang dilansirKompas.com.

Uang rupiah khusus tersebut memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

"Uang rupiah khusus terdiri dari koin edisi khusus dan atau uang kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang (uang tersambung)," jelas BI.

Untuk diketahui, uang rupiah khusus merupakan alat pembayaran yang sah.

Namun, biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar.

Biasanya, uang rupiah edisi khusus ini merupakan sarana perkembangan numismatika atau hanyalah sebagai koleksi uang di Indonesia.

Meski demikian, pihak BI menuturkan uang tersebut dikemas secara menarik dan juga unik sehingga bisa dijadikan sebagai cenderamata.

"Setiap edisi dikeluarkan dengan kemasan yang menarik dan unik sehingga sering dijadikan sebagai cenderamata," jelas BI.

Uang 75 ribu viral di sosial media

Sebelumnya, di berbagai media sosial dan juga WhatsApp ramai karena kemunculan uang pecahan Rp75 ribu.

Uang kertas yang diduga merupakan uang baru yang akan rilis tepat pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia.

Tampak tak biasa, uang kertas tersebut memang memiliki desain menarik.

Mengutip dariTribun Manado, bagian depan uang kertas tersebut terdapat gambar proklamator sekaligus Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Soekarno - Mohammad Hatta.

Di bawah foto sang proklamator, terdapat gambar moda transportasi kebanggaan masyarakat Indonesia yang belum lama ini muncul yakni Moda Raya Terpadu (MRT).

Baca Juga: Bak Angin Segar! Saat Gaji ke 13 Masih Jadi Simpang Siur Sampai Hari Ini, Pemerintah Umumkan Akan Naikan Uang Pensiun

Terdapat pula tanda tangan Gubernur Bank Indonesia Perry Wajiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Uniknya, angka 75.000 ditulis dengan ukuranfontyang berbeda, tak seperti uang lainnya.

Angka 75 ditulis denganfontbesar, sementara 000 ditulis denganfontyang lebih kecil.

Hal ini menunjukkan adanya rencana redenominasi dengan memangkas nol seperti yang sudah diberitakan beberapa waktu belakangan.

HANDOVER

Uang pecahan baru dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia

Sementara itu, tampak belakang uang pecahan Rp75 ribu ini yakni gambaranak-anak berbaju adat dari berbagai suku di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Meski demikian, pihak Bank Indonesia maupun Kemenkeu belum secara resmi merilis pecahan uang baru tersebut.

Artikel ini pernah tayang diNakita.id dengan judul Peringati Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, Bank Indonesia Rilis Uang Pecahan 75 Ribu

Editor : Cynthia Paramitha Trisnanda

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya